apotik online terpercaya

Vitamin Untuk Perkembangan Otak Janin

| February 7, 2013 | 0 Comments

Setiap pasangan suami istri, pastinya mengharapkan kehadiran seorang anak di tengah-tengah mereka. Oleh karena itu, ketika seorang wanita memasuki masa kehamilan, maka ia akan benar-benar memperhatikan kondisi janinnya dengan baik.

Selain itu, sang ibu juga akan selalu berusaha untuk mencukupi kebutuhan janinnya. Salah satu hal yang diperlukan adalah vitamin untuk perkembangan otak janin. Pada masa kehamilan ini, sangat dianjurkan bagi ibu untuk mengonsumsi banyak makanan sehat dan bergizi.

Masa kehamilan bagi kebanyakan wanita adalah masa yang panjang dan melelahkan. Pada masainilah, terutama pada trimester kedua merupakan masa paling penting untuk mengonsumsi banyak makanan bergizi dan sehat.

Karena pada masa ini, janin mengalami perutumbuhan secara pesat, terutama pada bagian otaknya. Setiap orang tua pastinya menginginka anak yang cerdas dan sehat. Oleh karena itu, pada masa ini anda harus banyak mengonsumsi vitamin untuk perkembangan otak janin.

Memang sekarang ini vitamin untuk perkembangan otak janin bisa anda peroleh dengan mudah dalam bentuk suplemen atau tablet. Namun, sangat dianjurkan bagi anda untuk mendapatkan vitamin untuk perkembangan otak janin secara alami.

Penggunaan suplemen juga boleh anda laksanakan, namun sebaiknya anda konsultasikan terlebih dahulu pada tenaga medis atau dokter kandungan anda. Pada umumnya, di dalam suplemen terdapat senyawa yang tidak baik atau terlalu kuat bagi janin.

Sudah banyak produsen tidak bertanggung jawab yang memasukkan berbagai zat berbahaya ke dalam produknya, misalnya pengawet, pewarna atau perasa tambahan. Bagi anda mungkin hal tersebut bukan masalah besar, namun bagi janin anda tentunya hal tersebut sangat berbahaya.

Perlu anda ingat, ketika anda sedang hamil, anda bisa mencukupi kebutuhan janin anda dengan cara makan. Janin anda akan mendapatkan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi. Selain itu, perlu anda ingat juga bahwa anda bukan hanya makan untuk diri anda sendiri, melainkan untuk janin anda juga.

Oleh karena itu, sudah sepantasnya jika anda menambah porsi makan anda. Misalnya kebutuhan karbohidrat pada wanita normal adalah 2000 sampai 2500 kkal. Jika anda sudah memasuki masa kehamilan, maka sebaiknya anda menambahnya menjadi 3000 kkal atau lebih.

Untuk lebih jelas mengenai vitamin untuk perkembangan otak janin, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Asam lemak omega 3

 

Senyawa yang satu ini sangatlah penting bagi perkembangan dan pertumbuhan jaringan otak. Senyawa ini bisa anda peroleh di dalam ikan, terutama ikan salmon. Jenis ikan lainnya adalah ikan tuna, sarden, makarel, ikan kod dan makanan laut lainnya.

Senyawa ini sudah terbukti efektif dapat mencerdaskan janin anda. Oleh karena itu, sebaiknya anda rajin-rajin mengonsumsi senyawa ini. Bagi anda yang alergi terhadap ikan, anda bisa mencoba minyak rapeseed, minyak chia, kerang, minyak kedelai dan lainnya yang bisa dijadikan sebagai alternatif.

  • Vitamin B9

 

Salah satu kebutuhan ibu hamil yang paling penting adalah vitamin B9 atau yang dikenal juga dengan nama asam folat. Vitamin ini mampu mengoptimalkan penyerapan zat besi dan membantu memproduksi lebih banyak sel darah merah yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Selain itu, vitamin ini juga dapat mencegah terjadinya kecacatan atau ketidak normalan pada perkembangan bati, terutama bagian sumsum tulang belakang dan otak. Anda bisa mendapatkan vitamin ini di dalam biji-bijian, papaya, tomat, pisang, jeruk dan buahan segar lainnya.

  • Vitamin B2

 

Vitamin ini juga dikenal dengan nama riboflavin yang banyak berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, antibody di dalam tubuh, dan metabolisme pelepasan energi dan karbohidrat.

Vitamin ini juga termasuk ke dalam kategori vitamin untuk perkembangan otak janin. Selain itu, vitamin ini juga bisa menyediakan energi bagi ibu hamil yang kita ketahui sangat membutuhkan tenaga yang besar untuk beraktivitas sehari-hari.

Anda bisa mendapatkan vitamin ini di dalam susu dan produk olahannya (keju, yoghurt, es krim, dll), sayuran yang berwarna hijau, hati, ginjal, kacang-kacangan, kacang kedelai, ragi, dan jamur.

Inilah uraian singkat mengenai vitamin untuk perkembangan otak janin. Semoga dapat bermanfaat.

Category: Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *