apotik online terpercaya

Vitamin Untuk Mencerdaskan Otak Anak

| February 5, 2013 | 0 Comments

Setiap orang tua, pastinya ingin putra dan putrinya tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat. Oleh karena itu, kerap kali mereka mencari segala cara, salah satunya adalah dengan menggunakan vitamin untuk mencerdaskan otak anak.

Bagi sebagian orang, mungkin istilah vitamin adalah suplemen yang telah dikemas dalam kapsul sebagai makanan tambahan. Namun, sebenarnya vitamin untuk mencerdaskan otak anak tidak hanya berasal dari kapsul saja, melainkan dari makanan yang kita makan sehari-hari.

Memang harus diakui bahwa kita hidup di jaman yang serba instan dan cepat, sehingga segala sesuatu biasanya dilakukan dengan cepat dan instan pula. Dampak kehidupan seperti ini tidak hanya mempengaruhi aspek gaya hidup manusia saja, melainkan makanan yang mereka konsumsi sehari-hari.

Sekarang ini, tidak sedikit masyarakat perkotaan yang disibukkan dengan kegiatannya atau pekerjaannya. Bahkan, sudah banyak wanita karier yang bekerja di luar rumah dengan berbagai alasan, misalnya mendukung ekonomi keluarga.

Hal ini disebabkan karena jaman sudah berubah, wanita tidak lagi bekerja di dapur, sumur dan kasur saja, melainkan sudah melakukan mobilitas kemana-mana. Hal ini tentunya akan membuat mereka semakin sibuk, apalagi jika mereka mempunyai seorang anak di rumah.

Waktu untuk memasak pastinya akan berkurang, sehingga mereka menggunakan berbagai suplemen sebagai vitamin untuk mencerdaskan otak anak. Sebenarnya, mereka sendiri sudah tahu dengan pasti bahwa vitamin untuk mencerdaskan otak anak dalam bentuk suplemen tidaklah sama dengan makanan yang dikonsumsi secara alami.

Tentunya yang alami selalu yang terbaik, namun karena keadaan seperti itu, mau tidak mau mereka menggunakan suplemen untuk menggantikan kebutuhan vitamin tersebut. Sebenarnya, makanan yang mengandung vitamin untuk mencerdaskan otak anak tidaklah sulit untuk dibuat.

Oleh karena itu, untuk mengetahui apa apa saja makanan yang mengandung vitamin untuk mencerdaskan otak anak, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Ikan

 

Makanan yang satu ini merupakan makanan yang lezat dan cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Banyak sekali jenis ikan yang mengandung zat nutrisi bagi manusia, namun yang paling disarankan adalah ikan salmon.

Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan jaringan otak pada anak. Meskipun ikan tuna dan makarel juga mengandung senyawa tersebut, namun tidak sekaya pada ikan salmon.

  • Telur

 

Makanan sederhana yang satu ini pastinya sudah menjadi konsumsisehari-hari bagi semua masyarakat. Telur dikategorikan sebagai makanan yang relatif murah, sehingga bisa terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Namun, telur merupakan makanan bergizi tinggi dan pembuatannya sangatlah mudah. Di dalam telur, tepatnya kuning telur, terdapat senyawa kolin yang sangat penting untuk pembentukan neurotransmitter di dalam otak manusia.

Neurotransmitter itu berfungsi untuk menghantarkan segala rangsangan yang diterima oleh tubuh ke otak. Anda bisa menyajikan telur sebagai sarapan atau makan malam yang sehat

  • Teh

 

Bagi masyarakat di Negara lain, teh merupakan kebutuhan yang penting dan bahkan, beberapa Negara seperti Inggris mempunyai waktu untuk minum teh yang dinamakan sebagai tea time. Di Indonesia sendiri, teh sering disajikan untuk berkumpul bersama keluarga.

Teh merupakan minuman anti oksidan yang dapat menghilangkan berbagai radikal bebas yang berpotensi untuk membahayakan otak. Teh juga mengandung flavonoid untuk merangsang fungsi otak.

  • Susu dan produk olahannya

 

Minuman yang identik dengan sumber kalsium ini tentunya merupakan minuman yang tidak sulit untuk dibuat. Selain mengandung kalsium yang tinggi, susu terbukti mengandung protein dan vitamin B yang tinggi.

Kedua jenis nutrisi ini sangat penting bagi pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter dan enzim. Susu dan yoghurt juga bisa membuat perut anda lebih cepat kenyang karena kandungan protein dan karbohidratnya merupakan sumber energi bagi otak.

Penelitian batu mengindikasikan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan lebih banyak vitamin D bahkan 10 kali dari dosis yang telah dianjurkan. Vitamin D merupakan vitamin yang penting untuk sistem saraf otot dan siklus sel-sel kehidupan secara keseluruhan.

Inilah sekilas mengenai vitamin untuk mencerdaskan otak anak. Semoga bermanfaat

Category: Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *