apotik online terpercaya

Vitamin Otak Untuk Janin

| January 31, 2013 | 0 Comments

Pada saat seorang ibu sedang hamil, maka ia sangat membutuhkan vitamin otak untuk janin agar janinnya dapat bertumbuh dengan baik dan menjadi anak yang cerdas. Ketika seorang wanita memasuki masa kehamilan, maka ia harus lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang akan ia konsumsi.

Kehamilan ini merupakan kesempatan yang baik untuk anda, agar anda terbiasa mengonsumsi makanan sehat. Banyak sekali vitamin otak untuk janin yang diperlukan oleh sang ibu untuk kebaikan janinnya.

Vitamin sebenarnya merupakan istilah lain yang digunakan untuk menggantikan kata nutrisi. Mungkin vitamin bagi kebanyakan orang identik dengan suplemen atau tablet penambah gizi dalam tubuh, namun sebenarnya ada juga vitamin yang bisa kita peroleh secara alami dari makanan.

Nutrisi ini sendiri merupakan kumpulan senyawa kimia yang digunakan untuk metabolisme organisme yang harus dipenuhi dari luar sumber tubuh. Nutrisi juga sangat penting untuk memproduksi panas dan hangat dari tubuh, membangun dan memperbaiki jaringan, dan mengatur proses yang ada di dalam tubuh.

Karbohidrat, lemak, protein, dan vitamin merupakan nutrisi organic, sedangkan senyawa lain seperti air, mineral dan oksigen termasuk senyawa kimia anorganik. Selama masa kehamilan, asupan makanan ibu merupakan sumber gizi utama bagi bayi di dalam kandungan.

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu merupakan nutrisi penting yang diperlukan untuk bayi dalam membangun organ, sistem di dalam tubuh, seperti otak dan saraf tulang belakang, jantung, otot, dan tulang. Konsumsi makanan sehat merupaka kunci penting untuk perkembangan otak yang normal.

Namun, bagi anda ibu yang mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan makanan dalam tubuh secara alami, anda bisa mengandalkan suplemen atau vitamin otak untuk janin. Untuk lebih jelas mengenai vitamin otak untuk janin, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Asam folat

 

Asam folat merupakan senyawa yang paling penting dan sangat dibutuhkan oleh ibu hamil. Asam folat berperan penting dalam membentuk otak dan saraf tulang belakang serta mencegah terjadinya berbagai kelainan, misalnya spina bifida atau kelainan pada tulang belakang yang disebabkan oleh pembentukan yang tidak sempurna.

Asam folat bisa anda peroleh dari jeruk, anggur, strawberry, peach, kurma, kismis, apricot, bayam dna brokoli. Selain itu, anda juga bisa menggunakan suplemen, tapi diskusikan dulu dengan dokter atau ahli kandungan.

  • Vitamin C

 

Vitamin ini berguna untuk memaksimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh, menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta mendukung formasi kolagen, yaitu protein yang memberi struktur pada tulang, otot, kulit, kartilago dan pembuluh darah.

Vitamin C banyak terkandung di dalam jeruk, lemon, apel, papaya, anggur, peach, strawberry, melon, jambu, leci, kiwi, brokoli dan nenas.

  • Vitamin A

 

Vitamin A berperan penting dalam reproduksi sel, mendukung pertumbuhan tulang dan penglihatan, membantu sistem imun dan berperan penting dalam memproduksi beberapa jenis hormone. Vitamin A bisa diperoleh dari anggur, papaya, jambu, mangga, tomat, semangka, brokoli, wortel, dan bayam.

  • Vitamin B kompleks

 

Vitamin B kompleks meliputi vitamin B1 hingga B12 yang sama pentingnya untuk tubuh. Vitamin B sangat anda perlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan serta metabolisme tubuh. vitamin b banyak terkandung di dalam sayuran yang berwarna hijau gelap, misalnya bayam, daun papaya, daun katuk, pisang dan berry-berryan.

  • Seng

 

Seng sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan replikasi sel. Seng banyak ditemukan di dalam alpukat, rebung, kacang polong, kentang dan sayur asparagus.

  • Bahaya suplemen

 

Sebaiknya, anda jangan terlalu mengandalkan suplemen untuk memenuhi vitamin otak untuk janin. Hal ini karena terlalu banyak mengonsumsi suplemen juga bisa menimbulkan berbagai dampak buruk.

Misalnya, kelebihan vitamin A di dalam tubuh bisa menyebabkan terjadinya kerusakan hati dan penyakit tulang. Wanita hamil yang terlalu banyak mengonsumsi vitamin A juga bisa menyebabkan terjadinya kecacatan pada bayi yang dikandungnya.

Vitamin memang baik untuk tubuh, namun bisa menjadi racun ketika dikonsumsi oleh tubuh secara berlebihan. Kelebihan vitamin B6 dan B12 juga dapat menganggu sistem saraf dan keseimbangan tubuh.

Inilah sekilas mengenai vitamin otak untuk janin. Semoga bermanfaat

Category: Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *