apotik online terpercaya

Virus dan Tipe Morfologinya

| September 19, 2012 | 0 Comments


Planet bumi ini, ditempati oleh jutaan jenis makhluk hidup dan organisme baik yang terlihat oleh mata, maupun yang kasat mata. Eits, yang kasat mata disini bukan merujuk pada makhluk-makhluk halus dan supranatural, namun pada mikroorganisme ataupun bakteri.

Banyak sekali jenis organisme yang hidup di  bumi ini, dari ukuran yang sangat kecil hingga yang besar. Organisme yang kecil ini biasanya disebut sebagai mikroorganisme, dan hanya bisa dilihat bila menggunakan mikroskop elektron yang perbesarannya dapat mencapai 50.000 kali.

Mikroorganisme tersebut terdiri dari jamur, bakteri, dan virus. Pada umumnya, untuk mengidentifikasi perbedaan dari ketiga jenis mikroorganisme ini dilihat dari struktur dan anatomi yang menyusun elemen tersebut.

Untuk lebih jelas tentang virus dan tipe morfologinya, simaklah yang berikut ini.

1.      Sejarah virus
 
Virus pertama kali ditemukan oleh Dmitry Ivanovsky pada tahun 1892. Pada saat itu, ia meneliti penyakit pada daun tembakau yang saat itu dikenal sebagai tobacco mosaic disease. Ia menemukan bahwa penyebab penyakit ini dapat melampaui permeating porcelain filters, sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh bakteri. Namun, beliau gagal dalam membuktikan hasil penelitiannya itu.

Kemudian, usahaanya diulangi oleh Martinus Wilem Beijerinck, seorang mikrobiologis dan botanis dari belanda pada tahun 1898. Setelah melakukan berbagai experiment filtrasi, ia menemukan bahwa penyebab terjadinya tobacco mosaic disease itu disebabkan oleh organisme yang lebih kecil dari pada bakteri.

Ia menamai makhluk makhluk patogen itu (yang artinya adalah makhluk hidup yang menjadi penyakit bagi makhluk hidup lainnya) sebagai virus. Pada akhirnya, penyakit yang ditimbulkan dari virus tersebut dinamai TMV (tobacco mosaic virus).

2.      Morfologi virus
 
Secara umum, ada 4 tipe morfologi pada virus, diantaranya :

a.      Helical
 
Virus ini tersusun atas tipe kapsomer tunggal di sekeliling poros pusat yang berstruktur helical, atau yang memiliki pusat rongga atau tabung berongga. Pada umumnya, susunan ini menghasilkan bentuk batang atau virion filament, yang dapat menyebabkan struktur virus ini menjadi pendek dan sangat rigid atau panjang dan sangat fleksibel. Contoh dari jenis virus ini adalah virus mosaic tembakau yang menyerang tanaman tembakau.

b.      Isokahedral
Sebagian besar dari jenis virus yang memiliki hewan sebagai makhluk inangnya adalah virus isokahedral atau mendekati bentuk sperikal isokahedral simetris. Contoh dari jenis virus isokahedral ini adalah rotavirus.

c.       Envelove
 
Strukrur dan morfologi dari virus ini, pada umumnya virus ini menyelubungi dirinya dengan membrane sel dari sel inang yang ditempatinya. Contoh dari virus yang berbentuk envelove ini adalah virus influenza dan virus HIV.

d.      Kompleks
 
Ada beberapa jenis virus yang berbentuk kompleks, tidak berbentuk helical maupun isokahedral. Virus yang berbentuk kompleks ini pada umumnya memiliki ekor protein atau dinding luar yang kompleks. Contoh virus yang berbentuk kompleks adalah virus Enterobacteria phage T4.

Seperti yang dapat kita lihat, virus memiliki bentuk dan struktur yang beraneka ragam, akan tetapi umumnya di bawah mikroskop cahaya dapat terlihat dengan jelas. Ukuran virus dapat ditentukan dengan beberapa teknik, ada tiga teknik dasar untuk mengetahuinya, diantaranya :

-          Filtrasi melalui membran degradasi yang ukuran pori membrannya diketahui.
-          Selain itu, bisa juga dilakukan sentifugasi kecepatan tinggi (100.000 kali lebih besar dari gravitasi).
-          Atau cara yang paling mudah adalah dengan pengamatan langsung dengan mikroskop elektron.

Inilah virus dan tipe morfologinya. Untuk membedakannya dengan jenis lain, anda boleh menyimak morfologi dari bakteri, yang ada di bawah ini.

3.      Morfologi bakteri
 
Bakteri sering kali dianggap virus, padalah mereka adalah dua jenis mikroorganisme yang berbeda. Berikut ini adalah morfologi dari bakteri.

a.      Kokus
 
Bakteri yang tergolong ke dalam bentuk kokus adlaah bakteri yang bentuknya menyerupai bola-bola kecil. Bakteri ini dapat hidup dengan cara membelah diri dan melekatkan dirinya pada sel hidup.

b.      Basil
 
Bakteri ini memiliki bentuk seperti tongkat pendek atau batang kecil silindris. Ujungnya  ada yang menyerupai batang rokok, maupun cerutu.

Inilah uraian singkat mengenai virus dan tipe morfologinya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Category: Virus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *