Variasi Bubur Untuk Makanan Bayi 10 Bulan



Variasi Bubur Untuk Makanan Bayi 10 Bulan

Pada saat bayi anda memasuki 10 bulan, ia telah memperlihatkan gerakan yang cukup kompleks, seperti mulai belajar berjalan, berusaha berdiri dari posisi duduk, merespon suara, dan giginya sudah mulai tumbuh. Oleh karena itu, anda mulai dapat memberikannya variasi bubur untuk makanan bayi 10 bulan.

Pada usia yang hampir memasuki 1 tahun ini, anda dapat mengenalkannya pada makanan yang bertekstur lebih berat dan kasar. Mungkin banyak dari anda yang belum mengetahui makanan bayi 10 bulan.

Bayi pada 10 bulan umumnya sudah bisa makan nasi. Selain nasi, ia juga bisa makan bubur, akan tetapi rasa yang sama akan membuat buah hati anda merasa bosan dan jenuh. Untuk mencegah hal itu, ada baiknya jika adnda melakukan sedikit variasi bubur untuk makanan bayi 10 bulan.

Jadi, untuk lebih paham mengenai variasi bubur untuk bayi 10 bulan, anda dapat mencoba berbagai saran berikut ini.

1. Bubur tim

Anda bisa membuat bubur tim ini dengan banyak variasi. Bubur tim biasanya diolah dengan menggunakan 3 hingga 5 macam bahan makanan. Sebagai contoh, menu bubur tim nasi hati. Untuk bahannya, siapkan beras, air kaldu, sayuran (anda boleh menggunakan bayam, buncis, atau wortel), dan hati ayam. Pastikan semua bahan makanan itu dicuci dengan bersih dan higienis.

Setelah itu, masak beras hingga mengental. Setelah bubur tim nasi ini sudah jadi, angkat dan tambahkan sayuran dan hati ayam. Aduk hingga merata lalu kukus hingga masak. Setalah matang, pindahkan ke mangkuk dan hangatkan sejenak. Setelah itu, sajikan untuk si kecil.

Selain mengikuti contoh diatas, anda juga bisa memvariasikan bubur untuk makanan bayi 10 bulan ke dalam berbagai jenis. Sebagai contoh, anda bisa menambahkan sayur-sayuran lain yang kaya akan gizi sesuai kebutuhan anak atau menambahkan kuah agar lebih mudah dicerna. Variasikan sesuai dengan selera buah hati anda agar ia tidak merasa jenuh.

2. Bubur susu kedelai

Bubur susu kedelai merupakan menu bubur sehat untuk buah hati anda. Kandungan yang terdapat dalam bubur ini, berfungsi dalam memelihara gusi, dan pemicu imunitas tubuh.

Untuk membuat bubur susu kedelai, pertama-tama siapkan 50 gram daging sapi giling, 20 gram wortel (iris kecil-kecil), 1 batang buncis (iris halus), 200 ml susu kedelai, 50 gram tepung beras, dan 100 ml air.

Setelah itu, tempatkan daging giling, wortel, dan buncis dalam wadah tahan panas dan kukus hingga daging matang. Angkat dan sisihkan. Kemudian, didihkan susu kedelai dan masukkan tepung beras yang dilarutkan dengan air. Aduk hingga menjadi bubur, jangan lupa kecilkan apinya. Langkah selanjutnya adalah masukkan daging giling yang dikukus . Masak sambil diaduk hingga buburnya matang. Bubur susu kedelai siap disajikan kepada buah hati anda.

3. Bubur susu mangga pisang

Dalam mempersiapkan bubur susu mangga pisang, pertama-tama sediakan 50 gram mangga matang dan manis, 50 gram pisang ambon, 50 ml air matang, dan 100 ml susu cair (3 sdm ASI atau 3 sdm susu bubuk dicampur 90 ml air).

Cara pembuatannya, pertama kupas kulit mangga dan pisang, potong kecil-kecil. Blender mangga dan pisang bersama air matang. Setelah teksturnya menjadi halus, tuangkan ke dalam mangkuk. Tambahkan ASI atau susu cair dan aduk hingga merata. Bubur susu mangga pisang siap disajikan.

4. Bubur susu havermouth telur keju

Salah satu jenis variasi bubur untuk makanan bayi 10 bulan adalah bubur susu havermouth telur keju. Bubur ini sangat berguna bagi kesehatan dan proses pertumbuhan bayi usia 8-12 bulan.

Bahan yang perlu anda siapkan adalah 4 sdm havermouth, 150 ml susu cair (6 sdm susu bubuk atau susu formula dicampur 120 ml air hangat), 1 butir kuning telur, dan 25 gram keju parut.

Setelah anda mempersiapkan bahan-bahan tersebut, campur semua bahan (kecuali keju parut) lalu masak hingga mendidih. Setelah itu angkat dan pindahkan ke mangkuk, taburkan keju parut diatasnya. Sajikan untuk buah hati anda.

Ini adalah beberapa contoh variasi bubur untuk makanan bayi 10 bulan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 

 


Leave a Reply