Ubi Jalar, Makanan Alternatif Untuk Program Diet Anda



Ubi Jalar, Makanan Alternatif Untuk Program Diet Anda

Ubi jalar atau yang lebih dikenal dengan nama ketela rambat ini merupakan salah satu makanan yang cukup populer di Indonesia. Tentunya setiap masyarakat Indonesia mengenal makanan yang satu ini.

Selain karena hargannya yang cukup terjangkau, ubi jalar juga merupakan makanan yang lezat. Selama masa penjajahan oleh bangsa Belanda, masyarakat Indonesia sendiri kekurangan beras, karena komoditas yang ditanam kebanyakan merupakan komoditas ekspor.

Oleh karena itu, ubi jalar ini sempat menjadi makanan pokok bangsa Indonesia selama beberapa tahun. Berbagai penelitian juga menunjukkan bahwa ubi jalar mempunyai jumlah kalori yang sama dengan beras. Oleh karena itu, ubi jalar bisa dijadikan sebagai makanan pengganti nasi.

Di Negara lain seperti Afrika, ubi jalar merupakan salah satu makanan pokok yang penting, karena ubi ini kaya akan karbohidrat.  Selain itu, ubi jalar juga bisa dijadikan sebagai makanan alternatif untuk program diet anda.

Mungkin kebanyakan dari anda masih berpikir bahwa diet artinya tidak makan atau tidak mengonsumsi apapun. Namun, sebenarnya pengertian ini salah. Jika tubuh kita tidak mendaapt asupan makanan apapu, maka tubuh kita tidak memiliki energi untuk beraktivitas sehari-hari.

Tentunya hal ini juga akan berakibat buruk bagi kesehatan kita. Oleh karena itu, ada beberapa makanan alternatif untuk program diet anda, salah satunya adalah ubi jalar. Meskipun tergolong makanan yang sederhana, makanan ini terbukti cukup efektif untuk mendukung program diet anda.

Sebenarnya, ada beberapa alasan mengapa ubi jalar dikatakan sebagai makanan alternatif untuk program diet anda. untuk lebih jelas mengenai ubi jalar, makanan alternatif untuk program diet anda, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Rendah karbohidrat dan mengenyangkan

 

Bisa dikatakan bahwa ubi jalar merupakan makanan yang rendah karbohidrat. Namun, bukan berarti bahwa ubi jalar ini tidak mengenyangkan, justru sebaliknya bisa membuat anda merasa lebih cepat kenyang.

Kandungan karbohidrat yang ada di dalam ubi jalar lebih rendah dibandingkan kentang. Kentang sendiri mengandung 26 gram karbohidrat, sedangkan ubi jalar hanya mengandung 23 gram karbohidrat saja. Oleh karena itu, ubi jalar merupakan salah satu makanan alternatif untuk program diet anda.

  • Kandungan serat yang banyak

 

Selain rendah kalori, ternyata ubi jalar juga kaya akan serat. Jadi, ubi jalar merupakan pilihan yang tepat untuk melancarkan sistem pencernaan anda. Ubi jalar yang berukurang sedang mengandung 7 gram serat.

Serat yang terdapat di dalam ubi jalar dapat membakar makanan menjadi energi sedikit demi sedikit. Hal ini akan memberikan efek cepat kenyang pada tubuh anda, sehingga dengan sendirinya anda akan mengurangi porsi makan anda.

  • Kalium yang tinggi

 

Jika ubi jalar dibandingkan dengan buah pisang, maka kandungan kalium dalam ubi jalar lebih tinggi. Kalium sendiri merupakan mineral penting untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh, menjaga kesehatan sistem saraf dan memaksimalkan fungsi elektrolit.

  • Kandungan vitamin B6 yang tinggi

 

Vitamin B6 adalah vitamin yang berperan penting dalam menjaga dinding-dinding lorong darah agar tetap fleksibel dan sehat, sehingga darah dapat mengalir dengan bebas dan lancar. Kandungan B6 di dalam ubi jalar bisa mengurangi homosistein, yang dapat menyebabkan pengerasan pada arteri dan pembuluh darah.

  • Vitamin A yang tinggi

 

Salah satu penyebab ubi dikatakan sebagai makanan alternatif untuk program diet anda adalah mengandung vitamin A atau  beta karoten yang tinggi. Vitamin A sendiri merupakan vitamin anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk mencegah terbentuknya sel-sel kanker dalam tubuh.

Hal ini karena vitamin A merupakan anti oksidan yang paling kuat. Selain itu, beta karoten juga mampu melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari.

  • Vitamin C dan E yang tinggi

 

Ubi jalar juga mengandung vitamin C dan E yang cukup tinggi. Vitamin ini merupakan anti oksidan yang dapat menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat bagi kecantikan kulit, menjaga elastisitas kulit dan melembabkan kulit.

Inilah sekilas mengenai ubi alar, makanan alternatif untuk program diet anda. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply