Tips Membuat Otak Cerdas


Kita semua pastinya ingin menyandang predikat orang yang cerdas atau bahkan jenius. Namun tentunya hal tersebut tidaklah mudah, mengingat kebiasaan masyaraka Indonesia yang cukup dikatakan sebagai bangsa yang malas.

Mungkin sebagian besar dari anda masih berpikir bahwa kecerdasan seseorang ditentukan oleh faktor belajar atau sejenisnya, namun sebenarnya ada banyak sekali faktor yang menentukan kecerdasan seseorang.

Selain itu, biasanya kecerdasan seseorang diukur dengan menggunakan sebuah test yang bernama test IQ. Akan tetapi, benarkan test IQ telah menggambarkan kecerdasan seseorang dengan tepat ?

Sebenarnya, kecerdasan tidak hanya sebatas pada test IQ saja. Banyak orang yang mencetak skor yang rendah pada test IQ, namun cemerlang dalam bidang pekerjaannya. Kecerdasan setiap orang sangatlah beragam.

Jadi, cerdas buukan hanya diukur dari segi IQ saja. banyak sekali faktor lain yang mempengaruhi kecerdasan seseorang, misalnya faktor genetika. Memang faktor yang satu ini berada di luar kendali manusia.

Selain itu, adajuga faktor asupan gizi atau nutrisi ke dalam tubuh. Meskipun makan merupakan kebutuhan pokok yang harus dijalankan oleh manusia, namun ternyata tersimpan sejuta manfaat dibalik rutinitas ini.

Tentunya dalam catatan makanan yang dikonsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Jadi, apalagi yang kita butuhkan untuk menjadi seseorang yang cerdas ? Untuk lebih jelas, simaklah beberapa tips membuat otak cerdas yang akan disajikan berikut ini.

 

Melatih otak bukan maksudnya anda harus menggeleng-gelengkan kepala anda. Para ilmuwan yang berasal dari Unoversity of California di Amerika Serikat pernah meneliti otak tikus. Hasilnya, otak tikus tumbuh sebesar 4% saat mereka dipaksa untuk menjalankan tugas mental setiap harinya, misalnya mencari jalan keluar dari lorong yang berliku, memanjat tangga, bersosialisasi dengan tikus lain dan lain sebagainya.

Dari kejadian tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa otak tikus bisa dilatih, apalagi otak manusia. Tentunya hal ini akan lebih mudah lagi. Anda bisa mulai dengan mengamati lingkungan di sekitar anda, rekam apapun yang anda lihat dan meneruskannya dengan melakukan gabrielle anwar pokies observasi yang lebih rumit.

  • Asah indra

 

Tips membuat otak cerdas yang berikutnya adalah dengan mengasah panca indera anda. Anda bisa melatihnya dengan membedakan rasa makanan yang disukai dan yang tidak. Menyadari bau  dan aroma di sekitar anda atau berbagai bunyi yang ada di jalan atau bahkan mungkin rasa panas dan dingin di sekitar anda.

  • Mengasah kemampuan otak

 

Mungkin seiring bertambahnya usia, anda sering kali melupakan segala sesuatu dengan cepat atau pikun. Namun, hal ini sebenarnya bisa dicegah apabila anda melatih kemampuan mengingat otak anda.

Anda bisa memulainya dengan membaca buku sebanyak 2 atau 3 kali atau bahkan mengingat nomor telepon orang-orang terdekat anda. Hal ini tentunya akan membuat otak terus bekerja secara aktif dan tidak cepat lupa.

  • Permainan

 

Siapa bilan bermain tidak bisa membuat seseorang menjadi cerdas ? Salah satu tips membuat otak cerdas adalah memainkan berbagai permainan. Permainan yang dimainkan tentunya harus merupakan permainan yang mengandalkan kemampuan otak anda.

Banyak sekali permaianan seperti itu, misalnya mengisi TTS, bermain catur, atau bermain rubiks. Permainan seperti itu akan memaksa otak kita untuk berpikir dan kemudian meningkatkan daya pikir kita.

  • Membaca buku

 

Sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu tips membuat otak cerdas adalah rajin dan banyak membaca buku. Mungkin kebanyakan dari kita tidak suka membaca buku, namun hal ini sebenarnya bisa ditanggulangi.

Pertama-tama tentunya anda harus berkomitmen untuk rajin membaca, bila anda benar-benar ingin menjadi seseorang yang cerdas. Anda bisa memulainya dari membaca buku yang topiknya tidak terlalu berat hingga ke buku yang sulit.

Lakukan secara perlahan, bukan berarti dalam satu hari anda harus membaca habis sebuah buku, namun cukup satu artikel atau wacana. Kemudian tambahkan kapasitasnya secara perlahan, hingga lama kelamaan anda mulai terbiasa untuk membaca.

Satu hal yang perlu anda ingat bahwa membaca adalah jendela dunia yang bisa menambah wawasan anda, jadi jangan lupa untuk membaca hari ini.


Leave a Reply