apotik online terpercaya

Tips kecantikan alami: wajah bebas jerawat

| November 4, 2012 | 0 Comments

           http://duniafitnes.com/fitness-2/olahraga-salah-satu-solusi-atasi-jerawat.html Jerawat?? Iiihh… enggak banget deh. Si-mungil ini memang musuh semua orang. Betapa tidak, karna keberadaannya di wajah menjadikan wajah tidak mulus dan kotor. Oleh karena itu, walaupun kecil tapi sangat dibenci semua orang. Namun tetap saja “dia” selalu muncul pada wajah-wajah yang mulus, sehingga menyebakan wajah menjadi tidak karuan. Bagi anda yang selalu menginginkan penampilan yang sempurna, mungkin jerawat adalah kendala yang cukup berat. Lalu, bagaiman merawat wajah agar bebas dari jerawat?

Jerawat sendiri muncul disebabkan oleh beberapa hal yaitu jarang mengeluarkan keringat karena jarang melakukan aktifitas berat, darah kotor, pengaruh alkohol akibat kosmetik yang tidak cocok, terlalu banyak makan makanan yang mengandung zat minyak atau yang mengandung lemak, seperti: makanan jenis kacang-kacangan, susu, dan sebagainya.

Jerawat juga bisa disebabkan karena aktifitas hormon. Beberapa orang memiliki hormon berlebih yang dapat menimbulkan jerawat. Biasanya hormon tersebut muncul ketika masa pubertasi. Adanya bakteri dalam pori-pori bernama Propionibacterium acnes (P. acnes). P. acnes menyukai kulit mati dan minyak yang berlebihan. Lingkungan ini membantu P. acnes berproduksi dan membuat kulit merah meradang hingga menyebabkan jerawat.

Berikut adalah 7 tips berguna untuk mencegah jerawat, yaitu:

  1. Gunakan madu sebagai masker di wajah anda. Karena madu berkhasiat untuk menghaluskan kulit dan mengencangkannya.
  2. Cuci wajah setidaknya dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur. Cuci lebih sering pada musim panas untuk mencegah minyak terakumulasi pada wajah. Ketika mencuci wajah jangan menggunakan sabun untuk tubuh, tetapi pakailah sabun wajah karena dapat menyumbat pori-pori. Dianjurkan mencuci wajah dengan air hangat sebelum menerapkan sabun karena air hangat membuka pori-pori di kulit sehingga memungkinkan penetrasi sabun yang mendalam pada kulit. Setelah menggunakan sabun, wajah harus dibilas menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup kembali.
  3. Toning wajah digunakan untuk membersihkan wajah setelah seharian terkena debu.
  4. Gunakan pelembab wajah, agar wajah tetap lembab. Pilihlah pelembab sesuai dengan jenis kulit anda.
  5. Perbanyak makan buah-buahan segar, serta suplemen vitamin
  6. Jangan memakai make-up tebal. Pilih make-up yang berbahan dasar/berpelarut air.
  7. Minum sedikitnya 2 L air/hari. Air adalah pembersih terbaik karena membantu mengeluarkan racun dari tubuh.

Bagaimana? Tertarik untuk mencoba?

Category: Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *