Tips Agar Proses Melahirkan Mudah Dan Lancar


Melahirkan bukanlah hal yang mudah dan gampang sebab melahirkan membuat seorang ibu berada dalam tekanan dan memendam rasa sakit yang luar biasa.  Namun tenang saja ada beberapa  tips agar proses melahirkan mudah dan lancar. Sebab dengan berlangsung cepatnya persalinan akan membuat seorang ibu bahagia sebab anaknya segera hadir di muka bumi ini.

Tips agar proses melahirkan mudah dan lancer adalah sebagai berikut ini :

  • ·         Berdoa

Penting sekali untuk berdo”a kepada Tuhan yang maha esa. Dimana hal yan paling utama adalah kekuatan doa, dan jangan lupakan yang satu ini. Ada baiknya seorang ibu hamil mintalah doa restu terutama kepada Ibu yang melahirkan kita, ayah, suami, saudara, teman, semuanya.

  •  Meminta maaf kepada suami

Meminta maaf berpengaruh terhadap faktor psikologis juga sebab dukungan suami itu penting.

  • Kualitas dan kuantitas jalan pagi / exercise

Dokter kandungan anda pasti menyarankan anda untuk mulai latihan jalan pagi dari mulai umur kehamilan 7 bulan. Latihan ini dilakukan dengan cara yang bertahap, mulai dari 30 menit sehari  dan kemudian meningkat hingga 2 jam sehari sesaat menjelang persalinan terjadi. Latihan ini berfungsi untuk melenturkan otot otot yang berguna dalam proses persalinan, memang di akhir kehamilan rasanya berdiri saja sudah lelah, apalagi jalan kaki lama  sebab perut yang semakin membuncit membuat punggung terasa pegal dan kakipun lebih berat untuk melangkah. Tapi dengan exercise yang rutin, rasa tak nyaman ini dapat diminimalisasi.  Dimana dengan latihan ini  setelah persalinan selesai, anda tidak sedikitpun merasakan kelelahan.

  • Diet zat gula serta makanan berlemak

Pada usia akhir kehamilan aka nada iibu yang risih dengan bentuk badan  dimana ukuran tubuh janin dapat melesat dengan sangat cepat dibanding bulan bulan sebelumnya. Dan hal tersebut dimulai dari saat kita memasuki trimester ketiga. Dan konsultasikan lah ke dokter anda dimana dokter akan memantau lebih intensif tentang perkembangan berat dan ukuran besar bayi. Di saat inilah ibu hamil diharapkan bisa melakukan diet gula dan makanan berlemak sebab karena zat gula akan sangat cepat menambah berat badan janin anda  dan diet dilakukan sebab semakin besar ukuran janin, akan semakin susah melalui jalan lahir di rahim ibunya. Sebab yang terpenting adalah tips agar proses melahirkan mudah dan lancer.

Ada baiknya mengikuti latihan senam hamil seacra rutin, latihan ini sebenarnya sangat sederhana bagi ibu hamil namun sangat memberikan manfaat. Yang pasti disana akan berkumpul sesama ibu hamil yang rata rata usia kandungannya hampir sama, sehingga selain bbisa mendapat gerakan dan manfaat dari senam  hamil anda dapat saling sharing atau bercerita tentang segala macam keluhan kehamilan. Disana kita juga akan diajari latihan pernafasan yang penting dalam proses persalinan karena kita bisa membedakan bagimana cara menahan dorongan ingin mengejan dan bagimana caranya mengejan yang benar saat pembukaan sudah sempurna. Sangat penting bagi persalinan

8. Berhubungan seks dengan suami

Karena dalam sperma laki-laki terdapat hormon prostaglandin yang dapat memicu terjadinya kontraksi rahim secara alami  jadi perlu adanya berhubungan seks dengan suami. Tapi terkadang memang susah untuk melakukan hal tersebut sebab suami merasa tak tega dengan kehamilan istrinya dan sang istripun kurang mood karena kehamilannya yang sudah semakin besar dan sangat susah untuk berhubungan maka dari itu perlu adanya kerrja sama antar pasangan.

Tips agar proses melahirkan mudah dan lancer  sangat penting di ketahui agar seorang ibu hamil dapat melahirkan secara lancar. Ibu hamil memiliki banyak pantangan dan banyak kegiatan yang di anjurkan dan yang tidak di anjurkan. Maka dari itu perlu adanya pengalaman dari ibu hamil lainya serta informasi penting dari banyak hal tentang kehamilan sebab dengan adannya hal tersebut dapat menghindari kecelakaan saat kehamilan serta menjaga kandungan ibu maka dari itu seorang ibu hamil perlu membaca banyak referensi yang di gunakan sebagai pelajaram dan jangan lupa berkonsulasi ke dokter. Semoga bermanfaat tips agar proses melahirkan mudah dan lancar  tersebut bagi ibu hamil.


Leave a Reply