apotik online terpercaya

Tahukah Anda Penyebab Telat Menstruasi?

| January 8, 2013 | 0 Comments

Menstruasi merupakan suatu proses alami yang terjadi hanya pada kaum hawa saja. Proses ini juga merupakan satu-satunya proses yang bisa dilihat dengan kasat mata, berbeda dengan proses tubuh lainnya.

Berbeda halnya dengan proses peredaran darah atau proses pencernaan yang tidak bisa kita lihat, namun terjadi tanpa kita sadari, proses menstruasi ini akan terlihat lebih jelas. Menstruasi ini biasanya merupakan suatu proses yang terjadi pada wanita normal.

Namun, tahukah anda penyebab telat menstruasi ? ya benar, banyak wanita yang mengalami keluhan bahwa siklus menstruasi mereka tidak teratur dan sering mengalami keterlambatan. Sebenarnya, penyebab telatnya menstruasi jika tidak diketahui secara teliti dan rinci, maka bisa menimbulkan masalah.

Menstruasi yang lebih sering dikelan sebagai datang bulan atau haid ini merupakan hal yang tentunya tidak lagi asing bagi wanita. Pada umumnya, kebanyakan wanita akan mengalami menstruasi pertamanya pada saat berumur 11 hingga 18 tahun.

Namun, sebenarnya tidak ada patokan pasti kapan harus terjadinya proses menstruasi ini. Ada juga perempuan yang mengalami menstruasi pada usia 8 atau 9 tahun. Selain itu, siklus menstruasi yang dialami oleh wanita juga berbeda-beda.

Wanita dan menstruasi ini berhubungan sangat erat. Kesuburan wanita biasanya diukur dari siklus menstruasi yang dialaminya. Apabila keterlambatan menstruasi terjadi berulang kali, maka sebaiknya anda langsung mengambil tindakan yang cepat.

Selain itu, wanita juga perlu memperhatikan lamanya masa menstruasi yang mereka alami, jika melebihi batas normal, yaitu dua minggu atau 14 hari, maka hal tersebut juga harus anda waspadai. Sebaliknya, jika menstruasi terlalu cepat selesai anda juga harus mewaspadainya.

Untuk lebih jelas mengenai penyebab telat menstruasi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Menstruasi

 

Tahukah anda penyebab telat menstruasi ? sebelumnya, sebaiknya kita memahami apa itu menstruasi terlebih dahulu. Menstruasi ini sendiri bisa dikatakan telat atau terlalu lama karena ada patokan waktu normal tertentu.

Menstruasi juga sangat mempengaruhi hormone reproduksi dalam tubuh wanita. Siklus menstruasi rata-rata kebanyakan wanita adalah 28 hari, namun tidak semua wanita mempunyai siklus yang sama.

  • Sulit mempunyai keturunan

 

Tahukah anda penyebab telat menstruasi ? bagi remaja wanita yang sudah mengalami masa akil balik, telatnya menstruasi memang suatu yang mencemaskan. Umumnya, wanita dengan usia 9 hingga 12 tahun sudah mengalami menstruasi. Jadi, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter.

Salah satu penyebab telatnya menstruasi ini sebenarnya adalah keadaan selaput dara yang terlalu rapat. Selaput darah yang normal memiliki lubang-lubang sama halnya seperti pori-pori. Apabila keadaan selaput dara terlalu rapat, maka menstruasi tidak akan keluar dan berkumpul di tempat itu, sehingga bisa menimbulkan penyakit.

Jadi, muncul pertanyaan baru, apakah penyebab telat menstruasi dapat berakibat pada sulitnya mempunyai keturunan ? sebaiknya anda jangan langsung berkesimpuan seperti itu, karena buktinya banyak juga wanita yang sering mengalami keterlambatan pada siklus mnestruasinya, namun tetap memiliki keturunan.

Sebenarnya, penyebab telatnya menstruasi ini bisa juga disebabkan oleh beberapa faktor lain. Misalnya faktor pola hidup yang tidak sehat dan teratur atau anda terlalu sering mengalami stress bahkan depresi. Pada perokok aktif, pecandu alcohol atau anda yang kurang tidur juga merupakan sebuah indikasi yang menyebabkan keterlambatan menstruasi.

Selain itu, ada juga wanita yang mengalami ketidakteraturan menstruasi, yaitu keadaan dimana menstruasi datang secara mendadak, dimana hal tersebut sebelumnya belum pernah terjadi. Misalnya saja, seseorang hanya datang selama 4 bulan sekali. Jika keadaan seperti itu terjadi, sebaiknya anda memeriksakan ke dokter.

Adapun salah satu solusi yang cukup mudah untuk dijalani dalam menghadapi keterlambatan menstruasi ini. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur yang segar untuk mencegah hal ini. Selain itu, buah dan sayur juga dikenal dapat mengurangi rasa mual dan nyeri yang ditimbulkan pada saat menjelang masa menstruasi.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur yang berkarbohidrat tinggi, maka anda juga bisa mengurangi rasa nyeri tidak karuan yang ditimbulkan dari efek menstruasi.

Inilah sekilas jawaban dari pertanyaa tahukah anda penyebab telat menstruasi? Semoga bermanfaat

Category: Kesehatan Seksual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *