Sumber Nutrisi Dalam Makanan Sehat


Sumber Nutrisi Dalam Makanan Sehat

Sekarang, banyak orang berlomba-lomba mengikuti pola hidup sehat dengan berolahraga secara rutin dan teratur atau dengan mengonsumsi makanan sehat. Makanan lezat belum tentu adalah makanan sehat.

Sebenarnya, yang dikatakan sebagai makanan sehat itu adalah makanan yang mengandung nutrisi dan gizi yang seimbang bagi tubuh.

Sebagian besar dari kita, mengganggap makan adalah kegiatan yang menyenangkan. Namun, apakah mereka memperhatikan nutrisi didalamnya ? Percuma saja jika penampilan, aroma, dan cita rasanya baik, tapi tidak mengandung nutrisi.

Apa saja sih sumber nutrisi dalam makanan sehat itu ? Untuk mengetahuinya, simaklah dibawah ini.

1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber nutrisi dalam makanan sehat. Karbohidrat adalah segolongan besar senyawa organik yang paling melimpah dibumi. Banyak sekali fungsi dari karbohidrat yang bisa kita dapatkan, terutama sebagai sumber tenaga bagi kita.

Sebagai asupan nutrisi, 1 gram karbohidrat memiliki nilai 4 kalori. Dalam menu makan orang Indonesia, umumnya kandungan karbohidrat cukup tinggi, yaitu antara 70-80%.

Karbohidrat terdiri dari dua jenis, yaitu karbohidrat kompleks (zat tepung) dan glukosa yang dapat dicerna dan diserap oleh tubuh. Disamping itu, ada jenis karbohidrat lain yang terdapat pada serat. Serat bukan termasuk zat gizi, karena serat tidak dapat dan dicerna oleh tubuh, kaan tetapi serat sangat membantu dalam proses pencernaan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Makanan yang banyak mengandung karbohidrat, antara lain : nasi, jagung, sagu, singkong, ubi, kentang, oat, pasta, dan makanan lainnya.

2. Lemak

Lemak merupakan salah satu sumber nutrisi dalam makanan sehat. Lemak merupakan sebutan khusus bagi minyak hewani pada suhu ruang, baik yang berbentuk padat maupun cair. Lemak merupakan nutrisi yang sulit untuk larut dalam air.

Adapun fungsi lemak bagi kita, diantaranya : menjadi cadangan lemak dalam bentuk sel lemak (1 gram lemak menghasilkan 39,06 Kilojoule), lemak dapat membantu melancarkan aliran air, ion, dan molekul lain dalam tubuh kita. Selain itu, lemak dapat melancarkan fungsi vitamin A, D, E, dan Kyang berguna untuk proses biologis.

Fungsi lain dari lemak adalah mempertahankan suhu tubuh dari lingkungan luar. Coba anda perhatikan orang Eskimo yang rata-rata mengonsumsi lemak sebanyak 6 gram dalam sehari. Mereka mengonsumsi lemak dengan tujuan agar kehangatan bada tetap terjaga.

Lemak dibagi menjadi 2 jenis, yaitu : lemak sehat dan lemak jenuh. Sebaiknya adan menghindari konsumsi lemak jenuh, karena tidak baik bagi kesehatan. Sedangkan lemak sehat merupakan sumber nutrisi dalam makanan sehat.

Makanan yang banyak mengandung lemak sehat antara lain : minyak zaitun, olive oil, alpukat, coklat hitam, ikan laut, kacang-kacangan (almond, kacang tanah, kacang mede, dan jenis kacang lain).

3. Protein

Protein merupakan sumber nutrisi yang penting untuk tubuh. Banyak sekali manfaat dari protein yang bisa kita peroleh. Menurut fakta medis, setiap orang dewasa harus mengonsumsi paling sedikit 1 g protein per kg berat tubuhnya.

Manfaat dari protein adalah sebagai sumber energi, membantu dalam pembentukan dan perbaikan sel tubuh, sebagai penyeimbang hormon, enzim dan antibody dalam tubuh, dan mengatur keseimbangan kadar asam basa dalam sel tubuh.

Untuk mendapatkan protein, anda dapat mengonsumsi daging, ikan, telur, susu, biji-bijian, polong-polongan, dan kentang.

4. Vitamin

Mungkin banyak dari anda yang berpikir bahwa vitamin hanyalah zat pelengkap. Akan tetapi, vitamin adalah zat yang mempunyai fungsi penting dalam metabolisme tubuh yang tidak bisa dihasilkan oleh tubuh. Ada banyak jenis vitamin, mulai dari vitamin A, B, C, D, E dan K.

Semua itu amatlah penting bagi tubuh kita. Makanan yang banyak mengandung vitamin, antara lain : wortel, susu, jeruk, keju, telur, hati, kacang-kacangan, dan sayur-sayuran hijau.

5. Mineral

Fungsi mineral sebenarnya hampir sama dengan vitamin. Hanya saja, mineral merupakan pemicu proses metabolisme. Mineral dapat anda jumpai pada air mineral. Jangan lupa untuk meminum 6 hingga 8 gelas air mineral dalam satu hari.

Banyak sekali sumber nutrisi dalam makanan sehat yang dapat kita peroleh. Mulailah perhatikan kandungan nutrisi makanan anda sekarang juga. Jangan hanya asal makan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

 



Leave a Reply