apotik online terpercaya

Struktur dan Ciri-ciri Virus

| September 15, 2012 | 0 Comments

Virus adalah mikroorganisme parasit yang hanya dapat hidup dengan cara menginvasi atau menempel pada sel-sel yang hidup. Virus berkembang biak di dalam setiap sel yang hidup, baik pada manusia, hewan, maupun tumbuhan.

Banyak sekali jenis virus yang ada di dunia ini. Untuk dapat membedakan setiap jenis virus, virus dapat diidentifikasi dari ciri khas yang dimilikinya, karena virus itu bersifat unik.

Jika virus tidak berada pada sel yang hidup, maka virus dapat dikatakan sebagai benda mati, sedangkan pada saat virus berada pada sel yang hidup, maka virus akan mengkristal dan menjadi benda hidup yang berkembang biak.

Meskipun virus memiliki keuntungan, namun kerugian yang ditimbulkan oleh virus lebih banyak dari pada keuntungannya. Virus dapat menimbulkan penyakit bagi manusia, hewan, maupun tumbuhan. Bahkan ada juga jenis virus yang menyerang hewan dan kemudian ditularkan pada manusia., misalnya flu burung dan rabies. Kedua jenis virus ini juga dapat menyebabkan kematian.

Virus dapat dibedakan berdasarkan struktur dan ciri-ciri virus. Untuk mengetahui struktur dan ciri-ciri virus, simaklah yang berikut ini.

1.      Struktur virus
 
Sebelum membahas ciri-ciri virus, alangkah baiknya bagi kita untuk mengetahui struktur yang menyusun virus terlebih dahulu.

Seperti yang sudah dikatakan bahwa virus adalah benda mati dan untuk menjadi benda yang hidup, virus harus menginvasi atau menempel pada sel yang hidup.

Contoh struktur tubuh virus dapat dilihat dari virus yang paling sederhana, yaitu virus T. Virus jenis ini adalah jenis virus yang menginvasi bakteri di dalam makhluk hidup. Virus T disebut juga sebagai bakteriofag atau virus pemakan bakteri.

Struktur virus T ini terdiri atas kepala, kulit, isi, dan serabut ekor. Pada umumnya di dalam setiap virus terdapat protein, untuk mendukung perkembang biakkan mereka.

a.      Kepala
 
Bagian kepala dari virus, pada umumnya terdapat asam nukleat atau DNA yang dilapisi oleh selubung protein atau yang disebut juga sebagai kapsid. Bentuk kepala virus ini seperti bangun persegi delapan.

b.      Isi tubuh
 
Virus adalah organisme sub selular karena ukurannya sangat kecil dan hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop elektron. Ukuran virus lebih kecil dari pada bakteri, sehingga virus tidak dapat disaring dengan penyaring bakteri.

Virus pada umumnya diselubungi oleh lapisan pelindung. Protein yang menjadi lapisan pelindung adalah kapsid. Di dalam tubuh virus terdapat materi genetic yang mengandung RNA atau DNA.

c.       Ekor
 
Ada sebagian virus yang memiliki ekor, ada juga beberapa jenis virus yang tidak memiliki ekor. Ekor virus memiliki kaki yang berbentuk serabut. Serabut-serabut ini kemudian akan menancap pad sel yang akan diinvasinya. Di dalam ekor virus juga diselubungi oleh kapsid dan terdapat protein.

Inilah contoh kecil dari struktur tubuh virus T. Untuk lebih jelas, marilah kita mambaca ciri-ciri virus.

2.      Ciri-ciri virus
 
Sesuai dengan judul artikel ini struktur dan ciri-ciri virus, tadi kita sudah membahas mengenai struktur virus. Berikut adalah ciri-ciri dari virus :

-          Virus berukuran amat sangat kecil, jauh lebih kecil dari pada bakteri, yakni berkisar 20 mµ hingga 300 mµ (1 mikron = 1000 milimikron). Untuk mengamatinya dibituhkan mikroskop elektron yang pembesarannya dapat mencapai 50.000 kali.

-          Virus bersifat aseluler atau tidak memiliki sel.

-          Virus hanya dapat membawa satu jenis materi genetic saja (DNA atau RNA).

-          Pada umumnya virus berbentuk semacam halbur atau Kristal yang bentuknya amatlah variatif. Ada yang berbentuk oval, memanjang, silindris, kotak, dan kebanyakan dari mereka berbentuk kecebong dengan kepala oval dan ekor silindris.

-          Virus memiliki lapisan protein yang disebut sebagai kapsid. Lapisan kapsid ini juga merupakan pelindung yang menyelubungi virus.

-          Virus tidak dapat membelah diri dengan jumlah biner seperti bakteri.

-          Virus dapat berkembang biak pada sel hidup yang diinvasinya.

-          Virus tidak dapat diendapkan dengan sentrifungi biasa, akan tetapi virus hanya dapat dikristalkan.

Inilah uraian singkat mengenai struktur dan ciri-ciri virus. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

Category: Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *