apotik online terpercaya

Siapa saja yang boleh menggunakan pil kontrasepsi dan siapa saja yang tidak boleh menggunakan pil kontrasepsi

| August 8, 2012 | 0 Comments

Kontrasepsi merupakan salah satu cara menunda kehamilan, mengatur banyaknya anak dan mencegah kehamilan diluar nikahserta dapat menghindarkan kita dari penyakit yang berhubungan dengan seksualitas. kontrasepsi banyak digunakan oleh pasangan suami istri dikarenakan berbagi faktor antara lain: faktor kesiapan mental, faktor pekerjaan, faktor keuangan, faktor kehidupan, faktor gaya hidup, faktor kehatia hatian dan banyak lagi faktor lainnya. Kontrasepsi memberikan suatu kontribusi pada negara seperti dapat mencegah ledakan penduduk, mencegah terjadinya ketidak merataan di karenakan jumlah penduduk yang tidak sama dengan sumber daya alam yang tersedia, mencegah terjadinya kemiskinan,  dan pada akhirnya menjaga kualitas hidup di dalam masyarakat. Kontrasepsi dapat digunakan dalam bentuk antara lain, oral kontrasepsi, suntikan dan juga susuk/implan. Namun sebagian besar wanita memilih memakai oral kotrasepsi dengan menggunakan pil KB di karenakan pil KB lebih efektif, gampang dipakai, efisien, harga terjangkau dan gampang di dapat. Pil KB merupakan oral kontrasepsi yang digunakan dengan cara meminumnya secara rutin setiap hari guna mencegah kehamilan. pil KB mengandung hormon estrogen dan progesteron yang di hasilkan juga oleh tubuh wanita , pil KB menyeimbangkan antara 2 hormon tersebut sehingga membuat wanita tidak hamil. Namun kita harus mengetahui siapa saja yang boleh menggunakan pil kontrasepsi dan siapa saja yang tidak boleh menggunakan pil kontrasepsi.

Sebelum kita mengetahui siapa saja yang boleh menggunakan pil kontrasepsi dan siapa saja yang tidak boleh mengguanakan pil kontrasepsi, kita akan harus mengetahui manfaat dari pil tersebut

1)    Hubungan intim dengan pasangan tidak terganggu

2)   Dapat meringankan menstruasi dan nyeri yang di dapat ketika menstruasi

3)   Tingkat kesuburan akan stabil tidak terganggu

4)   Mencegah penyakit tulang osteoporosis

5)   Reiko anemia berkurang

6)   Resiko kanker kista berkurang

7)   Dapat juga menjaga kesehatan kulit

8)   Sangat efektif

9)   Kesehatan sangat baik

10)  Gampang untuk dihentiak pemakaiannya

11)  Mengurangi gejala tumor jinak mamae

Macam macam pil kontrasepsi adalah

1)    Pil oral kombinasi

Berisi kandungan estrogen dan progesteron yang di kombinasikan dengan dosis rendah. Dapat mencegah ovulasi, mengentalkan dinding leher rahim sehingga membuat sperma sulit untuk masuk, serta membuat dinding rongga rahim tidak siap untuk mengalami pembuahan sehingga terjadilah kegagalan dalam pembuahan.

Pil ini punya 2 kemasan :

a)    Kemasan 28 hari

Berisikan 7 pil yang dignakan saat minggu terakhir dalam siklus yang membuat wanita terbiasa meminum pil ini setiap  hari.

b)   Kemasan 21 hari

Terdapat hormon interval. Pasien akan mengalami haid selam 7hari saat meminum  pil ini.

2)   Pil mini

Disebut pil masa menyusui dikarenakan hanya di pakai oleh ibu yang sedang dala masa menyusi seorang bayi. Dalampil ini hormon yang digunakan lebih rendah dari hormon yang diberikan pada pil kombinasi.

Pil ini memberi manfaat yaitu :

-      Keefektifannya

-      Air susu seorang ibu tak akan berkurang

-      Mudah untuk digunakan sehingga membuat kenyamanan

-      Hubungan seksual tak akan terganggu

Kita akan mengetahui siapa saja yang boleh menggunakan pil konrasepsi dan yang tidak boleh menggunakan pil kontrasepsi, di mulai dari siapa saja yang boleh menggunakannya :

Pada umumnya setiap wanita dapat menggunakan pil kontrasepsi  dengan syarat :

-      Belum melahirkan seorang anak

-      Remaja

-      Postur badan boleh gemuk ataupun kurus

-      lebih dari 35 tahun dan bukan perokok

-      Perokok namun kurang dari 35 tahun

Sangat dianjurkan bagi wanita yang ingin memakai pil Kontrasepsi untuk mengkonsultasikannya kepada dokter terlebih dahulu.

Selanjutnya adalah siapa saja yang tidak boleh menggunakan pil kontrasepsi :

-      Wanita yang berumur diatas 35 tahun dan seorang perokok

-      Wanita dalam masa kehamilan

-      Wnita yang sedang menyusui

-      Pernah punya masalah penyakit jantung

-      Resiko darh tinggi besar

-      Berpenyakit diabetes

-      Punya sejarah depresi

Itulah penjelasan mengenai siapa saja yang boleh menggunakan pil kontrasepsi dan tidak boleh menggunakan pil kontrasepsi, jadi apabila anda ingin menggunakan pil tersebut, harap hubungi terlebih dahulu atau berkonsultasilah kepada dokter guna menghindari terjadinya efek samping pada tubuh.

Category: Kesehatan Seksual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *