apotik online terpercaya

Sediaan Gel

| August 8, 2012 | 0 Comments

Definisi sediaan Gel

  1. Gel, kadang-kadang disebut Jeli, merupakan sistem semipadat terdiri dari suspensi yang dibuat dari partikel anorganik yang kecil atau molekul organik yang besar, terpenetrasi oleh suatu cairan. Gel dapat digunakan untuk obat yang diberikan secara topikal atau dimasukkan ke dalam lubang tubuh (Depkes RI, 1995).
  2. Gel adalah system semi padat terdiri dari suspensi yang dibuat dari partikel anorganik yang kecil atau molekul organic yang besar, terpenetrasi oleh suatu cairan (Farmakope Indonesia IV p : 7)
  3. Gel adalah suatu system setengah padat yang terdiri dari suatu disperse yang tersusun baik dari partikel anorganik yang kecil atau molekul organic yang besar dan saling diresap cairan.

 Macam sediaan Gel

Gel ada 2 macam, yaitu :

  1. Gel satu fase, yaitu gel dimana makromolekulnya disebarkan ke seluruh cairan sampai terlihat tidak ada batas diantaranya.
  2. Sistem 2 fase, atau sering disebut magma atau susu, yaitu massa gel terdiri dari kelompok-kelompok partikel kecil yang berbeda. Gel dan magma dianggap sebagai dispersi koloid.

(Ansel,1989 hal 390)

Gel terdiri dari cairan yang ditambah gelling agent yang sesuai :

  1. Gel hidrofobik, basis dari gel hidrofobik (oleogels) biasanya terdiri dari parafin cair dengan polietilen atau asam lemak dengan gelling agent : silica coloid atau alumunium/zinc soaps.
  2. Gel hidrofilik, basis biasanya terdiri dari air, gliserol atau propilen glikol, dengan gelling agent yang sesuai seperti tragakan, starch.

(BP 1993 vol II/754)

  Persyaratan bentuk sediaan gel

  1. Stabil secara fisika kimia dan mikrobiologis
  2. Homogen dengan konsistensi setengah padat
  3. Mampu melekat pada permukaan kulit tempat pemakaian selama waktu yang layak sebelum dihilamgkan.
  4. Mudah dan nyaman digunakan
  5. Memiliki penampilan yang menarik (aseptabel)
  6. Tube dari jeli harus tertutup rapat bila tidak digunakan karena cenderung kehilangan air ke udara dan akan mengering.

 

semoga bermanfaat.. ^^ www.blogkesehatan.net

Category: Farmasetika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *