Saat Kencing Terasa Sakit


Mungkin anda pernah mengalami saat kencing terasa sakit dan anda menganggapnya sebagai hal yang wajar dan tidak perlu doberi perhatian khusus. Namun, tentunya semua hal terjadi karena ada penyebabnya. Tidak pernahkah anda mencari tahu penyebabnya ?

Sebenarnya, apabila saat kencing terasa sakit, ini merupakan tanda-tanda bahwa kesehatan alat vital kita menurun dan mengalami gangguan. Biasanya rasa nyeri ini dapat menimbulkan cedera ringan, misalnya memar atau lecet.

Pada umumnya, yang sering mengalami hal yang seperti ini adalah kaum wanita. Hal ini mungkin akrena alat vital pada wanita lebih sensitif dibandingkan dengan kaum pria. Saat kencing terasa sakit ini bisa disebabkan oleh faktor internal maupun faktor eksternal.

Memang kebanyakan saat kencing terasa sakit disebabkan oleh adanya luka lecet yang dialami oleh alat vital, namun bisa saja hal ini terjadi karena alat vital pada bagian dalamnya telah terinfeksi oleh bakteri.

Pada umumnya, infeksi bakteri yang terjadi pada wanita itu berupa keputihan yang bila tidak segera diobati, maka akan menjadi berwarna kehijauan atau kecoklatan dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Anda sebaiknya jangan meremehkan keputihan, karena bila tidak segera diobati, maka akan menimbulkan radang pada alat reproduksi anda. Apabila keputihan anda tak kunjung sembuh juga, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengapa pada saat kencing terasa sakit, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Penyebab saat kencing terasa sakit

 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pada saat kencing terasa sakit pada alat vital, diantaranya adalah :

-          Pada umumnya, rasa sakit yang dialami merupakan akibat dari adanya penyakit di dalam tubuh kita. Penyakit ini biasanya meliputi penyakit yang berhubungan dengan saluran kencing, saluran reproduksi dan seluruh organ intim

-          Selain itu, rasa sakit ini juga bisa merupakan akibat dari adanya bakteri yang berada di bagian dalam atau luar organ intim yang menimbulkan infeksi yang tidak dapat dilihat, namun dapat dirasakan. Apabila infeksi tersebut tidak segera ditangani, maka bisa menyebabkan tumbuhnya jamur yang dapat membuat alat vital terasa tidak nyaman.

-          Hal lain yang menyebabkannya adalah timbulnya kelainan akibat sering menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang sangat lama, sehingga akan timbul rasa sakit.

-          Pada sebagian wanita yang beru menikah atau yang baru melakukan hubungan intim, bisa saja terjadi kelainan yang dinamakan dengan sistitis. Kelainan ini terjadi karena pada saat melakukan hubungan intim terjadi kekurangan pelumas atau bisa juga karena terlalu sering melakukan hubungan intim sehingga otot ruang vagina mengalami kelelahan dan pada saat kencing akan terasa sakit.

-          Selain itu, bisa juga terjadi karena anda kurang minum air putih, sehingga saluran kencing mengalami kesulitan dalam membuka jalan.

Apabila faktor yang pertama dan kedua muncul, sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan dini yang lebih cepat dan baik. Untuk faktor yang ketiga, sebaiknya anda hindari kebiasaan tersebut.

Pastikan juga bahwa anda minum air putih minimal 8 gelas perharinya dan hindari pula minuman yang mengandung soda atau kalori, terutama pada saat tubuh anda kehilangan cairan atau dehidrasi, misalnya setelah berolahraga.

  • Penyakit pada saluran kencing

 

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan pada saat kencing terasa sakit, diabtaranya :

-          Apabila pada saat buang air kecil terasa sakit di bagian sisi punggung, maka bisa saja itu merupakan gejala infeksi ginjal akut.

-          Apabila pada saat buang air kecil dan terdapat cairan yang tidak wajar, maka bisa saja terjadi infeksi.

-          Apabila warna air seni merah muda atau kecoklatan, maka telah terjadi peradangan di salah satu bagian kandung kemih

-          Apabila warna air seni menjadi gelap dan oranye, maka tandanya anda kurang banyak minum air putih

-          Apabila berwarna coklat kuning, maka bisa saja terjadi gangguan pada hati atau empedu.

Inilah sekilas tentang mengapa pada saat kencing terasa sakit. Semoga bermanfaat.

 



Leave a Reply