apotik online terpercaya

Persiapan Menjelang Persalinan

| January 27, 2013 | 0 Comments

            Semua wanita yang sedang hamil dan mendekati masa persalinan tentumempunyai berbagai hal yang perlu di persiapkan. Dimana persiapan menjelang persalinan ini perlu untuk di siapkan agar seorang ibu dan anaknya yangakan lahir nanti dalam keadaan yang siap. Banyak hal yang perlu di siapkan tak hanya dari segi mental tapi juga materi.

            Berikut beberapa persapan menjelang persalinan yang perlu unntuk di lengkapi :

  • Mental

Penting bagi seorang ibu yang sebentar lagi akan melahirkan untuk menyiapkan mentalnya. Dengan kesiapan mental yang baik, maka sang ibu akan terbantu saat melalui proses persalinan yang panjang dan merupakan proses yagmenguras tenaga karena sangat melelahkan, terutama bagi ibu yang baru kali pertama hamil. Selain itu, Anda juga akan terbebas dari segala ketakutan yang kadang akan tterasa jika anda mengalami masa menjelang kehamilan, dengan hilangnya ketakutan tersebut anda bisa melakukan proses melahirkan dengan rileks.

  • Pencarian Informasi

Semua ibu hamil perlu mempelajari hal  hal yang menyangkut persalinan dan kehamilan sebab dengan adanya pengetahuan yang benar tentang hal ini, ibu bisa tahu mana yang benar dan tidak dalam proses persalinan ataupun dalam paska sesuadah  melahirkan, serta mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja setelah melahirkan banyak mitos yang berkkembang maka dengan mencari informasi sang ibu dapat menanggapi hal tersebut yaitu nasihat yang ternyata hanya mitos. Anda bisa berdiskusi dengan dokter kandungan  anda atau mencari tahu di buku hingga situs kesehatan agar anda endapat banyak informasi yang cukup. Pencarian informasi yang cukup mengenai proses persalinan juga bermanfaat agar Anda tak akan terlalu kaget ketika dokter melakukan pemeriksaan bagian dalam, mengecek pembukaannya, memeriksa kondisi bayi, denyut jantung ibu dan bayinya, dan lain-lain.

  • Antenatal Care

jika Anda rajin melakukan antenatal care  atau pemeriksaan selama kehamilan dengan benar dan tepat maka sebbuah persalinan tak akan menjadi menakutkan lagi. Persalinan adalah proses yang alami. Jadi meski Anda belum berpengalaman, persalinan tidak akan terlalu menakutkan untuk di jalani. Manfaat lain dari antenatal care ini adalah Anda akan mendapatkan edukasi bagaimana persalinan yang benar. Dengan mengenal tanda-tanda persalinan atau partum  seperti adanya show  atau sejumlah kecil darah yang bercampur dengan lendir dari serviks, kontraksi, hingga air ketuban pecah. Jika salah satu ciri tersebut muncul maka anda di harapkan sudah harus berangkat ke rumah sakit untuk melakukan persalinan. Selain itu, antenatal care  juga mempelajari soal diet pada ibu hamil, latihan bernapas untuk persalinan, sexual intercourse , serta bahaya merokok, obat-obatan terlarang, alkohol, dan lainnya. Sehingga sangat berguna sebagai persiapan menjelang persalinan.

  • Belajar Pernapasan

Untuk menahan rasa nyeri selama proses persalinan, maka ada yang namanya breathing exercise . diimana jika anda sering melakukan senam hamil anda akan di ajarkan tentang hal ini. Jangan lepas kontrol saat melhirkan dan jangan sampai sampai berteriak tak tentu arah. Sebisa mungkin hal ini diantisipasi dan ibu bisa tetap fokus melahirkan,  sehingga prosesnya menjadi lancer. Diharapakan ibu ibu ttetap focus paska persalinan dan menganggap ini merupakan pengorbanan sebab sakit hanya terasa selama  melahirkan sampai bayi keluar. mental seperti inilah yang seharusnya dimiliki semua perempuan agar proses persalinan menjadi lebih mudah dan ringan.

  • Perlengkapan Bayi

Persiapan menjelang persainan yang pentinng adalah perlengkapan bayi. Dimana anda seharusnya telah membeli perlengkapan bayi sejak dini hari. Siapkan perlengkapan bayi sebelum proses melahirkan tiba  dimana terdiri atas popok, pakaian, selimut, botol susu, perlengkapan mandi, obat – obatan khusus bayi, dan lain – lain. Anda bisa menanyakan ini kepada teman yang sudah berpengalaman atau dari bidan dan perawat pada saat antenatal care dimana dengan kesiapan ini akan berada dalam keadaan siap untuk melahirkan.

            Berikut tadi persiapan menjelang melahirkan semoga bermanfaat bagi anda dan anda dapat  mempersiapkan diri serta kesiapan materiil menyambutsang buah hati yang sebentar lagi akan lahir dan membuat hidup anda menjadi lebih berwarna.

Category: ibu hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *