Perawatan wajah pria



                Dalam urusan kebersihan dan perawatan wajah tidak hanya dibutuhkan oleh wanita saja, pria pun sangat penting untuk menjaga kebersihan dan perawatan kulitnya. Cara merawat wajah pada pria sebenarnya lebih mudah dan sederhana, berbeda dengan wanita. Siapa pun wanita pasti menyukai pria yang tidak hanya mapan, tapi juga memiliki wajah yang bersih terawat.

Namun, pada era sekarang ini banyak pria yang sudah konsen dengan produk perawatan wajah mereka. Sama halnya dalam merawat wajah pada wanita, pada perawatan pria pun dibutuhkan kedisiplinan dan kesabaran. Sering kali pria hanya membersihkan wajahnya rajin hanya dalam jangka waktu seminggu, selanjutnya mereka malas untuk melakukannya lagi.

                Meneurut penelitian, kulit wajah pria lebih berminyak dibandingkan dengan kulit wajah pada wanita. Cara merawatnya pun dibutuhkan produk yang memang formulasinya khusus untuk pria. Pria lebih cocok menggunakan facial wash dibandingkan memakai krim ataupun lotion. Berikut adalah tips cara merawat wajah pria yang perlu diketahui.

  1. Menjaga selalu kebersihan kulit wajah

Rajin membersihkan wajah setiap hari dapat menghambat timbulnya jerawat, kulit terlihat lebih segar dan sehat. Gunakan pembersih wajah yang mengandung bahan scrub, karena wajah pria lebih berminyak dari pada wanita. Hal ini agar sel-sel kulit mati cepat terangkat dan kulit pun menjadi halus bersih.

 2.    Menjaga kadar minyak berlebih

Karena kulit pria 20% lebih berminyak dari pda wanita, maka kadar minya tersebut harus dijaga jangan sampai terus menerus keluar. Akibatnya adalah kulit akan telihat mengkilat dan kusam. Untuk itu selain rajin membersihkan wajah bawalah dan pakailah selalu kertas minyak atau light powder.

 3.      Menggunakan produk khusus pria

Kadang pria malas untuk membeli produk perawatan, sehingga mereka kadang minta pada wanita atau menggunakan produk wanita. Karen akulit pria dan wanita berbeda maka pria pun harusnya menggunakan produk perawatan khusus untuk pria, contohnya adalah sebagai berikut:

  • Gunakan sabun, foam lotion atau gel. Pilih sabun yang memiliki tingkat keasaman ( pH ) sekitar 5,5 agar kelembaban alami pada kulit tidak cepat hilang. Pilih Cleanser dalam bentuk lotion plus penyegar bila kulit kering.
  • Gunakan scrub 2 kali seminggu. Pengelupasan ini dibutuhkan bagi yang berkulit kering, normal, maupun berminyak untuk merangsang sel-sel kulit baru. Namun hindari apabila kulit sedang mengalami jerawat serius.
  • Gunakanlah pelembab sesuai dengan jenis kulit  pria, karena cenderung kulit berminyak  pilihlah yang berbahan dasar air & oil free.

 4.      Menjaga pola makan

Pola makan yang kurang sehat dapat mempengaruhi kadar minyak yang keluar dari wajah pria. Makanan yang mengandung banyak karbohidrat dan glukosa disinyalir dapat meningkatkan minyak berlebih di wajah, selain itu makanan laut seperti udang, cumi-cumi dan kerang juga dapat meningkatkan hal serupa karena zat yodium yang tinggi di dalamnya.

 5.         Banyak minum air

Badan manusia hampir seperiganya adalah cairan. Kekurangan cairan dalam tubuh menyebabkan dehidrasi dan tentunya sangat tidak baik bagi kesehatan. Begitu juga dengan kesehatan dan kelebaban kulit. Pekerjaan manusia zaman sekarang yang semakin berat,  berada di ruangan ber AC dan telalu banyak duduk menyebabkan kullit  cepat kering dan lelah. Untuk itu minum air sebanyak-banyaknya adalah jalan terbaik dan anjuran dari pakar kesehatan. Minumlah minimal 2 liter perhari. Niscatya kulit pun akan sehat dan terjaga kelembabanya.

 6.      Rajin berolahraga

Olahraga adalah salah satu gaya hidup sehat. Semua doketr dan ahli kesehatan sepakat bahwa olahraga snagat penting bagi kesehatan. Namun, gaya hidup zaman sekarang banyak pria yang sibuk dengan urusan pekerjaan, sehingga banyak yang melupakan olahraga. Waktu libur hanya diisi dengan balas dendam tidur atau makan makanan yang diinginkan.

Rajinlah berolahraga secara teratur  karena akan membuat sirkulasi darah berjalan lancar, menambah oksigen dalam darah, membuang toksin  dalam tubuh dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Sehingga, dampaknya pun bukan hanya memiliki tubuh yang sehat, atletis, proposional dan berotot tapi kulit pun tampak segar dan sehat.


Leave a Reply