Penyebab Pembengkakan Kelenjar Limfa


Kelenjar limfa atau kelenjar getah bening merupakan salah satu bagian yang penting bagi manusia. Kelenjar limfa merupakan salah satu bagian dari sistem pertahanan tubuh dan tubuh kita memiliki sekurang-kurangnya 600 kelenjar limfa yang berada pada daerah submandibular (bawah rahang, ketiak, lipatan paha, dan lainnya).

Kelenjar ini bisa diraba pada orang yang sehat. Kelenjar ini biasanya dibungkus oleh kapsul fibrosa yang berisi kumpulan sel-sel pembentuk pertahanan tubuh yang merupakan tempat penyaringan protein asing dari pembuluh getah bening yang melewatinya.

Dalam bahasa ilmiah, kelenjar limfa juga dikenal dengan nama nodus limfa. Kelenjar ini juga berhubungan dengan satu sama lainnya dan membentuk rantai yang bentuknya kecil dan lunak. Pembengkakan kelenjar limfa biasanya disebabkan oleh peradangan, infeksi, dan bahkan kanker.

Namun, bukan berarti bahwa ketika terjadi pembengkakan kelenjar limfa, maka ini merupakan gejala satu-satunya yang timbul. Pada beberapa kasus, terutama pada orang yang berusia di bawah 30 tahunan, maka kelenjar limfa akan membengkak dengan ukuran yang masih bisa dikatakan normal.

Sebenarnya, kelenjar limfa yang terlindung di dalam kapsul-kapsul secara alami, di dalamnya terkandung berbagai sel imun. Salah satunya adalah lymphocytes yang merupakan penghasil beberapa jenis protein yang tugas utamanya adalah memerangi dan menangkap virus dan mikroba yang akan mengganggu kelenjar limfa secara umum.

Banyak hal yang bisa menjadi penyebab pembengkakan kelenjar limfa dan ketika terjadi pembengkakan, biasanya akan dianggap terjadi peradangan  atau bahkan terkena kanker yang secara tidak alami tidak bisa diperangi oleh sel imun yang ada di dalam jaringannya sendiri.

Tugas lain dari kenjear limfa ini adalah untuk menyaring darah dan melaksanakan fungsi imunologi dalam area tubuh tertentu. Untuk lebih jelas mengenai penyebab pembengkakan kelenjar limfa, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Virus

 

Salah satu penyebab pembengkakan kelenjar limfa yang paling sering terjadi adalah karena virus. Pada umumnya, kelenjar limfa akan mengalami pembengkakan pada saat sel-sel virus aktif.

Berbagai macam virus, seperti HIV, chickenpox, herpes, dan virus salesma adalah virus yang sering menyerang kelenjar limfa dan menyebabkan terjadinya pembengkakan karena adanya peradangan (inflamasi).

Oleh sebab itu, sebaiknya anda selalu menjaga daya tahan tubuh anda berada dalam kondisi yang senantiasa sehat agar terhindar dari serangan virus ini. Virus ini mudah sekali masuk ke dalam tubuh apabila tubuh berada dalam kondisi yang kurang fit.

  • Bakteri

 

Penyebab pembengkakan kelenjar limfa selain disebabkan oleh virus, hal ini juga bisa terjadi karena adanya serangan bakteri. Ada beberapa jensi bakteri yang menyebabkan terjadinya pembengkakan kelenjar limfa ini.

Misalnya bakteri syphilis, tubercolosis atau TBC, dan berbagai penyakit seksual lainnya. Namun, bakteri staphylococcus merupakan jenis bakteri yang amat sering menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar limfa.

  • Parasit

 

Meskipun parasit ini sering kali disamakan dengan virus, namun sebenarnya kedua jenis ini sangatlah berbeda. Parasit yang sering menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar limfa karena sel-sel imun yang terdapat dalam nodus-nodus limfa tidak mampu mengusirnya adalah parasit taxoplasmosis dan leshmaniasis.

  • Jamur

 

Fungi atau jamur juga merupakan salah satu penyebab pembengkakan kelenjar limfa. Jamur yang sering kali menyebabkan terjadinya pembengkakan ini adalah jamur coccidiomycosis dan histaplasmosis.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda senantiasa menjaga kebersihan diri anda dengan cara senantiasa mencuci tangan atau mandi 3 kali sehari. Sleian itu, kebersihan lingkungan di sekitar anda juga sangatlah penting dan pastikan anda hidup di tempat yang bersih.

 

Beberapa jenis kanker, misalnya kanker payudara, kanker paru-paru, dan leukemia mungkin saja turut masuk dan menyebar ke nodus-nodus limfa, sehingga kehadiran benda asing tersebut akan menyebabkan kelenjar limfa mengalami peradangan dan pada akhirnya akan membengkak.

Namun, penyebab pembengkakan kelenjar limfa tidak hanya ini saja. Hal ini bisa juga disebabkan oleh penyakit genetic lainnya atau penolakan akibat melakukan transplantasi dan beberapa kondisi lainny ayang menyebabkan sel imun dalam limfa menjadi tidak aktif.

Inilah sekilas mengenai penyebab pembengkakan kelenjar limfa. Semoga bermanfaat


Cara Cepat Hamil

Leave a Reply