apotik online terpercaya

Pentingnya psikologi pendidikan islam

| August 30, 2012 | 0 Comments

Pentingnya psikologi pendidikan islam

Sebenarnya kebutuuhan manusia didasari  tasa kkebutuhan jasmani serta rohani.  Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan akan kesehatan tubuh sedangkan kebutuhan rohani adalah kebutuhan  akan jiwa. Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang dibutuhkan oleh fisik seseorang, ini menyangkut mengenai kebutuhan tubuh tentang gizi, makanan, dan  kesehatan tubuh dalam menjalani aktivitas. Kebutuhan rohani  merupakan kebutuhan yang menyangkut jiwa, menyangkut bagaimana cara kita untuk santai,  dekatkan dengan tuhan guna mendapat ketentraman hati,  semua berasal dari kebutuhan jiwa kita. Sebenarnya kebutuhan jasmani dan rihani itu saling  berkaitan, apabila kita sakit maka keadaan fikiran kita pun kacau,  apabila kita sedang stress keadaan tubuh kita akan melemah. Maka dari itu  semua harus seimbang  pada dasarnnya sekarang kita  akan membahas mengenai kebutuhan jiwa berarti  berkaitan psikologi,  psikologi merupakan salah satu ilmu yang  dapat mengetahui kebutuhan jiwa, ilmu ini sangat di perlukan bagi berbagai  macam pendidikan terutama pentingnya psikologi dalam pendidikan islam, kita akan membahasnyanamun kita harus mengetahui psikologi itu terllebih dahulu.

Psikologi adalah ilmu tentang  jiwa atau kejiwaan. Atau bisa dibilang  ilmu mengenai proses mental dan pemikiran  yang berhubungan tentang prilaku manusia pada umumnya. Psikologi juga dapat diartika sebagai sebuah upaya memahami, mengerti sertamenjelaskan bagaimana pikiran , perasaan , perilaku individu yang dipengaruhi oleh kehadiran piihak  lainsecara akktual , dibayangkan atau hadir secara tak langsung. Pengertian lainnya adalah psikologi itu karakteristik emosional dan prilaku indivisu , kelompok atau aktivitasnya.  Dapat di ambil kesimpulan singkat dari berbagai  pendapat  ilmuwan yang  membahas mengenai pengertian ilmu psikologi,  singkatnya ilmu psikologi yaitu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai  perilaku manusia serta hubungan manusia dengan lingkungannya.

Fungsi dan manfaat  mmpelajari psikologi dengan ini kita  akan tahu pentingnya psikologi dalam pendidikan islam salah satunya adalah menjelaskan dan mendeskripsikan  gejala gejala psikologi antara lain:

-          Kognisi

-          Motif  : suatu prilaku dimana kita akan memulai untukmencapai tujuan atau harapan yang kita inginkan.

-          Emosi merupakan reaksi spontan terhadap rangsangan

-          Social merupakan  hubungan kemanusiaan, hubungan empati

-          Moral kesadaran untuk menaati peraturan yang ada

-          Estetika kesadaran melakukan seuatu kebiasaan baik seperti gosok gigi, kerapian, kebersihan,  mandi.

-          Agama dorongan untuk berhubungan  dengan tuhan sebagai pencipta, dengan kata lain mendekatkan diri kepada nya yang berkuasa.

Ilmu psiikologi juga dapat memprediksi, mempengaruhi . dengan memahami ilmu psikologi  seseorang dapat menempatkan keadaan dirinya secara senyata mungkin atau sering di sebut real lalu menempatkan dirinya sesuai dengan tempat yang seharusnya, serta menjaga dirinya agar tetap  bisa berada pada saat atau waktu yang seharusnya, keadaan yang seharusnya,  dan pada tindakan yang sewajarnya.

pentingnya psikologi dalam pendidikan islam, adalah cara kita untuk mulai mengetahui apakah itu psikologi pendidikan, psikologi pendidikan yaitu penerapan prinsip dan metode atau cara  psikologi  dalam mengkaji perkembangan, tentang belajar, motivasi , pembelajaran, penilaian serta isu isu yang terkait dalam proses belajar mengajar dalam sebuah pendidikan.

Manfaat psikologi dalam pendidikan adalah

-          Membantu mencapai tujuan pembelajaran bagi peserta didik

-          Dapat membantu kita mengetahui  karakteristik diri sendiri

-          Memahami proses belajar mengajar yang tengah  dihadapi

-          Memilih serta menggunakan strategi belajar dalam pembelajaran

-          Membantu kita untuk dapat  menilai mengenai apa yang telah di hasilkan dalam proses belajar mengajar.

pentingnya psikologi dalam pendidikan islam adalah cikal bakal panciptaan aliran  psikologi islam.  Psikologi islam yang bersumber pada al – qur’an yang merupakan kitab  yang dipakai oleh umat islam sebagai penyusun paradigma teori psikologi islami.

Psikologi islam merupakan sebuah aliran baru dalampsikologi yang mendasarkan semua yang dilakukan padateori teori, konsep konsep kepada islam. Pendidikan islam pada dasarnya adalah usaha maksimal untuk menentukan kepribadian dan karakteristik peserta didik yang sesuai dengan ketentuan islam pada umumnya.

Pada hakikatnya pentingnya psikologi dalam pendidikan islam adalah sebagai cara untuk melakukan sebuah pendidikan yang berlandaskam hukum islam, untuk  mengembangkan potensi diri yang telah ditawarkan dalam pendidikan islam tersebut yang membimbing  peserta didik  ke arah  manusia yang menjalankan tugas sesuia dengan ketentuan islam.

Category: kesehatan psikis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *