Pentingnya Asupan Gizi Pada Ibu Hamil Demi Kesehatan Ibu Dan Bayi



               Pentingnya asupan gizi pada ibu hamil demi kesehatan ibu dan bayi,memang benar bahwa gizi merupakan hal penting selama seorang ibu sedang mengandung janin yang berisi anak yang didiamkan, diharapkan serta ditunggu. Dengan kata lain gizi merupakan kewajiban yang harus terpenuhi demi menjaga kesehatan ibu maupun bayi. Kita dapat menjumpai banyak gizi pada hal yang kita konsumsi, namun karena Pentingnya asupan gizi pada ibu hamil demi kesehatan ibu dan bayi maka dalam memilih konsumsi makanan haruslah hati hati sebab apa yang mengganggu ibu pasti akan mengganggu janin yang ada dalam kandungan seorang ibu. Pilihlah makanan yang telah lulus uji kesehtan, berhati hatilah dalam mengolah sebuah makanan sebab jika salah dalam pengolahan sebuah makanan tidakakan menjadi manfaat lagi malah akan menjadi penyakit. Berhati hati dalam menjaga makanan, dan tau lah takarang nutrisi yang harus terpenuhi atas diriseorang ibu hamil, seorang ibu hamil diharapkan mampu memenuhi kadar gizi yang diperlukannya serta anaknya yang masih berupa janin. Seorang ibu yang mengkonsumsi makanan akan membagi 2 takaran gizi nya karena gizi tersebut juga akan disalurkan pada anaknya melalu ari ari dan akan disalurkan pada tubuh itu sendiri maka Pentingnya asupan gizi pada ibu hamil demi kesehatan ibu dan bayi.

                Berikut merupakan fakta nutrisi pada ibu hamil :

-          Diet sebgai guna melangsingkan badan sangat dilarang pada ibu hamil

Jika seorang ibu hamil memiliki berat badan yang diluar dari standart normal maka jangan lah menurunkan berat badan anda dengan diet.  Diet dapat mengurangi gizi atau nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu serta janin dalam perut ibu. Biasanya seseorang akan mengalami pertambhan berat badan sebesar 6 – 10 kg ketika ia  sedang  hamil. Beraktivitas fifik dirumah lebih dianjurkan agar dapat menjaga berat badan selamaanda hamil.

-          Spina bilfida dapat dicegah dengan pemenuhan asam folat

Spina bil fi da merupakan penutupan tidak sempurna pada tabung saraf pusat ( kelainan dari janin ) akibat kurang nya konsumsi asam folat dalm tubuh manusia. Asam folat merupakan zat terpenting saat anda dalam masa sebelum ataupun sesudah kehamilan. Maka konsumsilah makanan yang menambah kadar asam folat pada tubuh, asam folat sangat dibutuhkan ibu hamil.

-          Kebutuhan atas energi akan meningkat dengan kadar yang sedikit dimasa kehamilan

Kebutuhan energi saat masa hamil akan meningkat sedikit lebih tinggi dari pada hari hari saat keadaan normal. Biasanya kebutuhan energi tersebut meningkat sekitar 250  300 kalori peharinya ( masa kehamilan ) yang terjadi saat memasuki bulan keempat. Oleh karena itu lakukanlah penjagaan berat badan dengan memakan makanan yang mengandung zat kaya mineral dan vitamin

-           Perkembangan otak dan hormon tiroid sangat diperlukan oleh janin yang ada dalam kandungan ibu hamil

Yodiummerupakan suatu hormon tiroid yang berperan penting dalam pertumbuhan serta pembelahan sel. jika kurangnya konsumsi yodiumpada tahap awal pengemabangan fisik janin dapat menyebabkan kekurangan hormon tiroid yyang menyebabkan seorang anak dapat mengidap keterbelakangan fisik dan mental berat. Pemenuhan kebutuhan yodium per hari bagi ibu hamil berkisar sebesar 0,23 miligram.  Maka konsumsilah nutri yang cukup karena Pentingnya asupan gizi pada ibu hamil demi kesehatan ibu dan bayi terutama yodium.

-           Zat megnesium dapat menurunkan resiko krm, keguguran serta kelahiran prematur

Jumlah magnesium yang harus dikonsumsi perharinya oleh seorang ibu hamil yaitu sekitar 310 miligram. Karena itu seorang dokter akan meresepkan magnesium jika seorang ibu hamil memeriksakan kandungannya. Kekurangan pengkonsumsian magnesium padatubh dapat berakibat berbahaya, seperti terjadinya kram betis dan perut, kegguguran serta melahirkan prematur, maka dari itu cukupkan gizi magnesium anda

-          Konsumsikan makanan masak jangan makanan mentah ( tidak masak ) atau setengah masak

Makanan yang tidak masak seperti ( sushi : masakan jepang ) atau makanan setengah matang dapat mengandung bakteri patogen  seperti toksoplasmagondii dan listeria yang dapat mengakibatkan komplikasi bagi ibu dan anak.

Maka  dari itu Pentingnya asupan gizi pada ibu hamil demi kesehatan ibu dan bayi.


Leave a Reply