apotik online terpercaya

PENGOBATAN PADA KOLERA

| October 21, 2012 | 0 Comments

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya, penyakit kolera merupakan jenis penyakit berbahaya yang mematikan dimana bila seseorang terkena penyakit ini dan tidak mendapatkan penanganan serius maka orang tersebut akan kehilangan nyawa dalam hitungan jam. Penyakit ini biasa nya banyak dijumpai dinegara – Negara yang sedang berkembang atau mungkin Negara miskin. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tidak perduli anak kecil ataupun orang dewasa. Penyakit yang di sebabkan oleh sejenis bakteri ini dapat menyebar dengan cepat seperti melalui makanan yang telah terkontaminasi oleh bakteri penyebab kolera yaitu Vibrio cholerae.

Sebelumnya telah kita ketahui juga bahwa bila seseorang terkena gejala kolera dini maka dianjurkan untuk meminum larutan yang telah di kasih garam yang bertujuan untuk menggantikan cairan yang telah hilang. Setelah itu, terdapat juga 2 vaksin yang telah dikenal oleh dunia yang diharapkan dapat menekan korban jiwa akibat penyakit mematikan yang satu ini.

Untuk mencegah penyakit kolera sebenarnya sangat mudah. Asal selalu menjaga kebersihan lingkungan dan juga menjaga kebersihan air akan sangat menjauh kan kita dari penyakit ini. Selain menjaga kebersihan kita juga harus berhati – hati terhadap makanan yang hendak kita makan. Bila makanan yang kita makan tidak matang seperti daging atau seafood maka juga berisiko terkena penyakit yang satu ini.

Ada beberapa cara untuk melakukan pengobatan pada kolera. Salah satu pengobatan pada kolera yaitu secara tradisional. Cara ini dapat kita coba buat di rumah. Berikut bahan yang di perlukan untuk membuat pengobatan tradisional pada kolera yaitu :

  1. Bawang merah                        7. Minyak kayu putih
  2. Jahe merah                              8. Minyak po’o
  3. Biji kedaung                            9. Cuka jawa
  4. Kulit manis                              10. Garam dapur
  5. Akar lempuyang                      11. Gula halus
  6. The                                          12. Tawas

Ket :- minyak po’o ialah minyak yang berasal dari ponon mardinah dan pohon poker
-  asam jawa sendiri berasal dari nira.

Berikut itu yang merupakan bahan – bahan untuk membuat pengobatan tradisional. Selanjut nya ada pun cara mengolah dari bahan – bahan tersebut antara lain :

  1. Bawang merah, akar lempuyang, biji kedaung dan kulit manis direbus beserta takaran air sebanyak 1 ½ liter.
  2. Setelah mendidih maka rebusan nya diangkat dengan menyisakan air setengah.
  3. Setelah itu maka kita tambahkan teh, cuka jawa, tawas, dan garam halus. Campurkan pada rebusan yang tadi.
  4. Setelah sudah di campur maka selanjutnya rebusan tersebut di saring.
  5. Setelah di saring maka campurkan gula halus, minyak po’o, dan juga minyak kayu putiih. Setelah di campur maka aduk  rebusan tersebut hingga merata.
  6. Setelah di aduk merata maka ramuan tersebut sudah boleh di minum.

Gampang bukan ? minum ramuan tradisional ini secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Selain dengan menggunakan pengobatan tradisional yang ada di atas. Ternyata ada cara lain untuk pengobatan pada kolera ini yaitu dengan menggunakan tumbuhan lada. Lada atau yang mempunyai nama ilmiah Piper nigrum L merupakan sejenis tanaman herba tahunan dimana tumbuhan ini juga memanjat dengan batang yang beruas serta akar pelekat.

Tumbuhan lada di yakini dapat mengobati kolera karena pada tumbuhan lada banyak mengandung minyak atsiri, pinena, kariofinena, limonene, filandrena, dan juga zat pahit serta ada juga asam lemak. Ciri khas dari tumbuhan ini ialah dimana lada mempunyai rasa pedas, tumbuhan ini juga dapat menghangatkan, serta dapat juga melancarkan darah pada tubuh.

Selain dari berbagai cara pengobatan pada kolera diatas, ada cara terpenting untuk mencegah kolera ini ialah dengan melakukan sanitasi yang baik. Di Negara yang terkena dampak besar penyakit ini tengah membutuh kan sanitasi untuk menjaga patogen pada semua air minum. Selain sanitasi mungkin yang terbaik yaitu selalu hidup bersih. Bila hidup kita selalu bersih mungkin penyakit akan segan menyerang kita. Selalu juga perbanyak minum air putih  dan selalu memakai air bersih untuk kegiatan kita sehari – hari.

Category: Penyembuhan Penyakit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *