Pengertian Tablet Effervescent



 1.        Pengertian Tablet

a)      Tablet adalah sediaan padat kompak, dibuat secara kempa cetak dalam bentuk tabung pipih atau sirkuler, kedua permukaannya rata atau cembung, mengandung 1 jenis obat atau lebih dengan atau tanpa zat tambahan. Zat tambahan yang digunakan dapat berfungsi sebagai Zat pengisi, sat pengembang, zat pengikat , zat pelicin, zat pembasah atau  zat lain yang cocok.(FI III 1979, hal 6)

b)      Formulasi tablet adalah suatu campuran serbuk yang mengandung bahan aktif dan bermacam bahan tambahan yang dapat memberikan sifat alir, sifat adhesive, dan sifat antisticking yang tepat. (Pharmaceutics and Pharmacy Practise, hal 222)

      2.   Pengertian effervescent

a)      Effervescent salts adalah granul atau “coarse” hingga serbuk coarse mengandung bahan obat dalam suatu campuran kering biasanya mengandung komposisi sodium bicarbonate, asam sitrat dan asam tartrat. (Introduction to Pharmaceutical Dosage Forms, hal 271)

     3.    Pengertian tablet Effervescent

a)      Tablet Effervescent adalah tablet tidak bersalut, umumnya mengandung senyawa asam dan karbonat atau bikarbonat yang bereaksi dengan cepat dengan adanya air dengan melepasakan karbon dioksida. Tablet effervescent diharapkan bisa terlarut dalam air sebelum digunakan.

b)      Tablet Effervescent adalah tablet yang dibuat dengan mencetak granul garam effervescent atau bahan lain yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan gas ketika kontak dengan air (Pharmaceutical Dosage Forms and Drug Delivery Systems, hal 185)


Leave a Reply