apotik online terpercaya

PENCEGAHAN KOLERA

| October 21, 2012 | 0 Comments

Penyakit kolera merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Penyakit ini tidak membunuh secara langsung melain secara perlahan – lahan bila tidak di tangani secara serius. Biasanya orang yang sering mengalami penyakit ini adalah orang dengan ekonomi yang rendah. Ini di sebabkan karena makanan yang mereka konsumsi telah terkontaminasi bakteri dari kolera ini.

Penyebab dari penyakit kolera ini ialah disebabkan oleh bakteri  Vibrio cholerae. Bakteri ini akan menyerang organ tubuh manusia yaitu usus besar dan perlahan akan membuatnya infeksi. Selain memakan makanan yang kotor, makanan seafood atau kerang yang masaknya tidak matang juga dapat menyebabkan kolera ini. Dan bila dibandingkan diare maka penyakit kolera lebih berbahaya. Bila seseorang telah terkena penyakit kolera maka tandanya ialah orang itu akan membuang air  besar berupa cairan secara terus menerus dan bila tidak mendapatkan penangan serius maka seseorang akan kehilangan nyawa.

Bakteri Vibrio cholerae berkembang biak di sekitar daerah air yang kotor atau lingkungan kotor yang tidak terawat. Bisa juga terkena kolera bila kita mengkonsumsi air yang telah digunakan untuk cuci mencuci. Selain lingkungan yang kotor bakteri kolera juga berkembang di daerah perairan dan air payau.

Bakteri penyebab kolera bisa dengan cepat menjalar atau menyebar. Bila seseorang terkena penyakit kolera maka jangan biar kan orang tersebut membuang ludah atau kotoran yang dekat dengan sumber makanan kita. Ini harus diwaspadai sebab bakteri kolera tersebut akan menempel pada sumber makanan tersebut dan bila kita memakan makanan itu maka juga akan terkena penyakit tersebut. Namun bila kita menyentuh orang terkena penyakit kolera kita tidak akan terkena penyakit itu. Walaupun begitu tetap juga di waspadai.

Adapun gejala bila seseorang terkena penyakit kolera ialah sampai 5 hari namun waktu singkat bila terkan penyakit ini ialah gejalanya 2-3 hari. Bagi kedokteran cara untuk mengetahui seseorang terkena kolera atau tidak ialah dengan cara mengirim sample dubur seseorang kepada laboratorium untuk dites medis apakah ada bakteri Vibrio cholerae.

Adajuga cara pengobatan ringan bila kita terkena kolera ringan ialah dengan banyak meminum larutan garam. Larutan ini nanti nya akan berfungsi untuk mengganti cairan pada tubuh kita yang telah keluar akibat kolera ini. Cara ini pun sudah banyak di pakai oleh seluruh dunia dan sudah merupakan anjuran para dokter khususnya.

Sekarang ini telah terdapat dua vaksin untuk pencegahan kolera dimana salah satu nya telah mendapat kan lisensi dari WHO yaitu vaksin Dukoral, vaksin ini di produksi oleh PME vaksin.  Satu vaksin lagi yang sedang menunggu tahap pengujian WHO ialah vaksin ShanChol, vaksin ini di produksi oleh Shanta Biotec di Negara India. Diharapkan kedua vaksin ini dapat mengurangi korban dari penyakit kolera ini.

Meskipun begitu juga terdapat cara – cara pencegahan kolera agar kita tidak terjangkit penyakit ini. Pencegahan kolera ini dapat dilakukan dengan cara :

  • Meminum air yang masak atau matang.

Usahakan setiap harinya kita meminum air yang sudah matang sebab bila air yang sudah masak maka bakteri kolera akan mati.

  • Guna kan air yang bersih untuk segala keperluan kita seperti mencuci, masak atau mandi.

Kita sering kali anggap remeh terhadap hal ini, biasanya kita sering mencuci tangan kita dengan air bekas cucian apa saja. Usahakan hal ini di hindari sebab air tersebut di khawatirkan ada bakteri kolera.

  • Usahakan membuat es batu dengan air masak, bukan menggunakan air yang mentah.
  • Jangan memakan daging atau makanan laut yang belum matang sebab bakteri kolera ini banyak menempel pada daging yang belum matang. Setelah dimasak matang maka bakteri tersebut akan mati.
  • Pencegahan kolera berikutnya ialah selalu mengupas buh-buahan pada saat akan kita makan pada waktu itu. Begitu juga dengan sayuran.
  • Cuci lah tangan bila kita belum makan. Ini dilakukan agar tangan kita bebas dari kotoran. Selain itu cuci juga tangan sesudah makan.
  • Memiliki fasilitas pengolahan air yang bersih.

Sekilas kita liat, pencegahan kolera sangat mudah dilakukan. Namun masih banyak juga korban berjatuhan akibat kolera ini. Tapi yang diperlukan ialah kesadaran kita saja bagaimana menjaga kesehatan kita sendiri.

Category: Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *