apotik online terpercaya

Menu Makanan Bayi 1 Tahun

| July 20, 2012 | 0 Comments

Menu Makanan Bayi 1 Tahun

Setelah anda mengalami masa yang panjang dalam mengasuh anak anda, akhirnya anak anda menginjak usia 1 tahun. Sebenarnya, mengurus bayi pada usia 0-10 bulan tidaklah sulit. Justru sebagian besar ibu-ibu berpendapat bahwa anak pada usia 1 tahun cenderung lebih pemilih dan sulit diatur.

Pada umur ini, biasanya anak anda akan menjadi sangat pemilih dan susah untuk makan. Karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui menu makanan bayi 1 tahun ini, selain itu pelajari juga cara mengolahnya.

Mungkin anda berpikir bahwa jika anda menuruti kemauan anak anda, anda akan terkesan seperti memanjakannya. Sebenarnya, pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya benar. Pada usia ini, anak anda memerlukan asupan gizi yang cukup besar yang memungkinkan dirinya untuk tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda mencoba menuruti kemauan buah hati anda. Tetapi, bukan berarti anda harus memberikan makanan apa saja yang ia minta. Anda juga perlu memperhatikan jenis makanannya. Sebaiknya, anda pilih makanan yang sehat dan berguna bagi tubuhnya.

1. Karbohidrat

Dalam usia ini, sangat dianjuran bagi anda untuk menyuplai tubuh anak anda dengan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat berfungsi sebagai sumber energi dalam tubuh. Jika anak anda bosan makan nasi, anda dapat menggantinya dengan sumber karbohidrat lain, seperti : beras merah, ubi, kentang, havermouth, dan roti.

2. Protein

Menu makanan bayi 1 tahun yang baik, hendaknya mengandung protein yang tinggi. Ketika anak anda menginjak usia ini, sangat penting bagi anda untuk mencukupkan proteinnya. Tubuh anak sangat memerlukan protein untuk membangun jaringan tubuh dan menambah tinggi badannya.

Makanan yang banyak mengandung protein, diantaranya : telur, kacang-kacangan, dan makanan laut (seperti salmon dan tongkol). Jika keluarga anda mempunyai sejarah alergi, sebaiknya anda jangan berikan dulu makanan laut karena bisa menimbulkan alergi.

3. Vitamin

Meskipun unsur ini hanya diperlukan sedikit oleh tubuh, tidak ada salahnya jika anda memberikan makanan yang bervitamin. Diperlukan sedikit bukan berarti tidak sama sekali. Vitamin dapat membantu tubuh anda dalam mendukung zat-zat lain. Makanan yang banyak mengandung unsur vitamin adalah sayur-sayuran dan buah-buahan segar.

4. Lemak

Lemak dapat membantu tubuh si kecil dalam proses pencernaannya. Lemak dibagi menjadi dua jenis, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Dianjurkan kepada anda untuk memberikan lemak tak jenuh, karena lemak tak jenuh baik bagi kesehatan.

Lemak tak jenuh biasanya terdapat dalam makanan yang berasal dari tumnuh-tumbuhan, seperti minyak sayur, minyak wijen, alpukat, dan jenis-jenis ikan tertentu.

5. Mineral

Mineral merupakan unsur penting yang diperlukan oleh tubuh si kecil dalam memicu proses metabolismenya. Selain itu, mineral juga dapat berguna untuk memelihara sel, jaringan, dan organ di dalam tubuh. Kekurangan mineral dalam tubuh dapat menyebabkan si kecil mengalami dehidrasi. Mineral dapat ditemui dalam air putih. Menurut para ahli, jumlah air putih yang diperlukan oleh tubuh dalam sehari adalah 8 gelas.

Adapun beberapa tips yang tidak kalah penting, diantaranya :

-          Buanglah sisa makanan anak anda jika ia tidak habis makan, karena makanan yang telah dibiarkan beberapa waktu dalam sebuah ruangan akan terinfeksi kuman dan bakteri.

-          Perkenalkan jenis makanan baru pada si kecil tiap minggunya. Hal ini dilakukan supaya si kecil tidak bosan.

-          Pastikan bahwa bayi anda mendapatkan gizi dan nutrisi yang cukup dari sayur-sayuran atau buah-buahan.

-          Jangan memberikan makanan yang banyak menggunakan garam, karena ginjalnya belum terbetuk dengan sempurna.

-          Begitu pula makanan yang banyak mengandung glukosa, karena dapat menyebabkan karies pada giginya.

-          Jangan pernah memberikan makanan kalengan kepada bayi anda, karena makanan kalengan mengandung zat-zat berbahaya seperti sodium bagi bayi.

-          Jangan memberikan bayi anda sayur-sayuran yang belum dimasak secara matang, akan tetapi masaklah terlebih dahulu supaya bebas dari bakteri dan kuman-kuman jahat.

Inilah beberapa contoh menu makanan bayi 1 tahun yang dapat anda coba. Silahkan mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.

 

 

 

 

Category: Makan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *