apotik online terpercaya

Mengenali Gejala Sakit Maag

| November 18, 2012 | 0 Comments

Sakit maag adalah penyakit yang paling banyak diderita oleh orang-orang. Penyakit maag ini sendiri sebenarnya terjadi karena meningkatnya asam lambung di dalam tubuh secara berlebihan dan kemudian akan mulai menimbulkan rasa sakit pada penderitanya.

Lambung merupakan salah satu organ pencernaan yang sangat penting. Oleh karena itu, sebaiknya anda menjaga kesehatan lambung anda. Di dalam lambung ini sendiri terdapat berbagai enzim yang berguna untuk pencernaan.

Enzim-enzim tersebut adalah pepsin, asam amino, dan mucus. Setiap enzim ini sangat bermanfaat bagi tubuh dan memiliki fungsinya sendiri. Apabila keseimbangan enzim ini terganggu, maka akan menyebabkan radang lambung atau yang sering disebut dengan maag.

Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan keseimbangan enzim ini terganggu, salah satu hal yang paling sering terjadi adalah telat makan atau makan makanan yang bersifat asam atau pedas.

Bagi anda yang menderita penyakit maag akut, sebaiknya anda menjauhi makanan-makanan yang mengandung asam tinggi, seperti jeruk, lemon, atau sayur asam. Mengenali gejala sakit maag sebenarnya tidaklah sulit.

Untuk lebih jelas dalam mengenali gejala sakit maag, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Gejala penyakit maag

Pada umumnya ada beberapa gejala maag yang sering terjadi, di antaranya adalah sebagai berikut :

-          Penderita merasa mual dan ingin muntah

-          Akan terasa perih pada bagian perut sebelah kiri yang terkadang disertai dengan dmeam tinggi

-          Penderita juga merasa perutnya menjadi kembung dan agak susah buang angin.

-          Selain itu, penderita juga akan kehilangan selera makan sebagai akibat dari rasa mual. Perut juga akan terasa kenyang, walaupun anda belum diisi.

 2.      Mencegah maag

Sebenarnya, untuk mencegah terjadinya maag anda harus pandai-pandai dalam mengatur jadwal makan anda. Selain bergantung pada obat-obatan yang dapat mengurangi rasa sakit pada maag, sebaiknya anda usahakan anda makan sebanyak 3 kali dalam satu hari secara teratur dan jangan terlambat makan.

Selain itu, hindari pula makan makanan yang mengandung banyak minyak., lemak atau makanan yang terlalu pedas, karena hal itu hanya akan melukai lambung anda.

Sangat dianjurkan pula untuk mengonsumsi makanan kecil atau buahan setiap 3 jam sekali. Hal ini dimaksudkan agar lambung anda tidak memproduksi asam secara berlebihan. Hindari pula kebiasaan mengonsumsi obat penenang atau obat penghilang rasa sakit.

Obat-obatan tersebut hanya akan mengiritasi lambung anda. Selain itu, sebaiknya anda jangan membebani pikiran anda dengan pikiran-pikiran yang bisa membuat anda menjadi stress, karena stress dapat memicu pengeluaran asam lambung yang berlebihan.

  1. 3.      Mitos seputar maag

 

Ada beberapa mitos yang cukup populer di kalangan masyarakat mengenai penyakit maag ini, di antaranya adalah :

  • Maag adalah penyakit yang ringan

 

Sebenarnya anggapan ini salah, karena penyakit apapun tidak boleh dianggap ringan. Apabila tidak dikontrol secara serius, penyakit ini dapat menjadi penyakit yang berbahaya, misalnya muncul pendarahan pada lambung, sehingga penderita bisa mengalami muntah darah.

Pada kasus yang lebih serius lagi, hal ini bisa menyebabkan terjadinya kanker lambung hingga komplikasi penyakit lain. Bukankah mencegah selalu lebih baik dari pada mengobati ? Jadi, sebaiknya anda atasi dengan cepat.

  • Tidak boleh minum susu

 

Ada anggapan bahwa penderita penaykit maag tidak boleh minum susu seumur hiduonya. Namun, sebenarnya mitos yang tak berdasar ini tidak benar. Memabg banyak sumber yang menyatakan bahwa kandungan kalsium di dalam susu dapat menyebabkan produksi asam lambung menjadi berlebihan.

Namun, hal ini sebenarnya dapat dicegah dengan cara meminum segelas air putih terlebih dahulu sebelum minum susu.

  • Tidak boleh mengonsumsi yoghurt

 

Ada anggapan bahwa yoghurt adalah suatu hal yang haram bagi penderita maag. Hal ini mungkin karena rasa asam yang dihasilkan oleh yoghurt. Namun, sebenarnya yoghurt mengandung bakteri yang menguntungkan bagi lambung.

Bakteri ini adalah bakteri lactobacillus dan bifidobacterium yang dapat menurunkan jumlah helicobacter pylori yang dapat menyebabkan luka pada lambung, jadi mitos yang satu ini tidak benar.

Inilah sekilas tentang mengenali gejala sakit maag. Semoga bermanfaat

Category: Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *