Mengenal Manfaat Buah Nanas


Nanas adalah salah satu buah yang banyak dikenal orang. Rasanya yang manis dan mengandung vitamin yang tinggi, menjadi alasan utama orang-orang menyukai buah ini. Buah ini biasanya banyak ditemui di dalam jus buah ataupun minuman cocktail.
Tetapi, manfaat nanas tidak hanya berhenti disitu. Nanas juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit berbahaya seperti, gagal jantung atau penyakit liver.
Ananas comosus (L) Merr atau nama latin dari nanas ini merupakan sebuah terobosan baru di dunia kesehatan. Walaupun masih banyak pro dan kontra yang menyatakan bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi buah ini, namun tidak ada pemeriksaan medis yang membuktikan mitos ini.
Penasaran kan dengan buah yang satu ini ? Mari kita mengenal manfaat buah nanas lebih jauh.

1.      Mengenal nanas
Sebelum kita mengenal manfaat buah nanas, sebaiknya kita mengenal nanasnya terlebih dahulu. Mungkin sebagian besar dari anda sudah tahu bahkan sudah memakan buah ini. Tapi, apa salahnya kita uraikan lebih detail ?
Nanas adalah sejenis tumbuhan tropis yang berasal dari Bolivia, Brazil, dan Paraguay (Amerika Selatan). Bentuk tumbuhannya rendah dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal.
Penyerbukan nanas ini dibantu oleh burung hummingbird dan berbagai serangga. Di Indonesia, khususnya Lampung, tanaman nanas dibudidayakan dan terdapat berbagai pabrik pengolahan nanas.
2.      Mengenal manfaat buah nanas
Nah, setelah kita mengenal buah nanas, mari kita mengenal manfaat buah nanas. Manfaat nanas bagi kesehatan sangatlah banyak, diantaranya :
-          Mencerna protein. Nanas merupakan buah yang mampu mencerna protein dalam tubuh. Manfaat ini kita peroleh karena nanas banyak mengandung enzim bromelain yang berfungsi sebagai pelega tenggorokan dan memperlancar proses pencernaan.
-          Nanas juga mampu membantu proses penyembuhan luka eksternal. Enzim bromelain dalam nanas juga mampu mengurangi pembengkakan atau peradangan dalam tubuh. Sangat dianjurkan bagi pasien yang baru menjalani operasi intuk mengonsumsi buah ini.
-          Nanas berfungsi sebagai pembersih. Enzim bromelain dalam nanas ini juga akan membantu menjaga keseimbangan kadar asam dalam darah. Nanas juga mampu mengurangi kadar air dalam tubuh, bila berlebihan, oleh karena itu nanas dapat mencegah penyakit edema.
-          Kandungan asam aspartic dalam nenas dapat mengeluarkan asam ammonia yang merupakan racun dalam tubuh.
-          Dalam dosis tinggi, enzim bromelain dalam nanas juga mampu mencegah tanda-tanda kelainan pada jantung, ginjal, dan hati. Dengan begitu, resiko terkena gagal ginjal, gagal jantung, dan penyakit liver juga bisa dihindari.
-          Kandungan serat dalam nanas yang cukup tinggi juga dapat mengurangi kolestrol dalam darah. Oleh karena itu, bagi anda yang menjalani diet kolestrol, buah ini sangat cocok untuk anda konsumsi.
-          Manfaat lain dari kandungan serat yang terdapat dalam nanas adalah untuk mencegah penyakit jantung dan kencing manis. Karena itu, masukkan nanas dalam menu anda.
-          Nanas juga mengandung asam amino esensial dan non esensial yang dapat membantu memperkuat sistem imun tubuh dan meningkatkan stamina.
-          Buah dan daun nanas ternyata juga bermanfaat untuk membersihkan jaringan kulit mati. Enzim dalam daun dan buah nanas ternyata dapat membuat jaringan yang terkena luka bakar sehat kembali.
-          Mengurangi stress. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Wen dan Wroslstad dari Oregon State University, sari buah nanas ternyata memiliki kandungan serotonin sekitar 1,7 mg-3,15 mg per 100 gram. Serotonin ini dapat mengurangi stress dan mencegah kanker.
-          Bagi anda yang sedang berdiet, buah ini merupakan pilihan yang sangat tepat. Buah ini dapat melangsingkan tubuh dengan cara : sediakan sebuah nanas yang tidak terlalu matang. Kupas lalu cuci bersih. Potong seperlunya lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum dua kali sehari.
-          Minum jus nanas sekitar 30 menit sebelum makan dapat mengobati rasa kembung perut. Lakukan 3 kali sehari sebanyak ½ gelas atau 50 cc.
Setelah anda mengenal manfaat buah nanas ini, anda pasti tertarik untuk mencobanya, kenapa tidak ? Manfaat nanas ini banyak sekali. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat.


Leave a Reply