Mengenal Berbagai Pelengkapan Dapur


       Ada baiknya anda menggenal berbagai macam perlengkapan dapur yang ada untuk saat ini. Dengan mengenal berbagai perlengkapan dapur anda secara tidak langsung menambah pengetahuan tentang berbagai macam perlengkapan dapur dan bagaimana cara mengunakan, menjaga, dan merwatnya. Terdapat perlengkapan dapur yang banyak sekali, yang masing-masingnya memiliki kegunaan dan krakter yang berbeda. Ternyata peralatan dapur yang kita gunakan sehari-hari sangat mempegaruhi rasa makanan tergantung peralatan yang mempunyai mutu yang tinggi atau tidak. Berikut berbagai macam perlengkapan dapur secara umum ketika anda melakukan kegiatan memasak.

  • Panci (stainless steel)

panci ini merupakan panci yang cepat panas, yang mempunyai warna mengkilat yang berlapis seperti bahan atom, ini mempunyai beberapa kelebihan yaitu tidak mudah unutuk berkarat, dan juga memiliki kekuatan yang berbeda dengan panci yang lainnya. Selain itu, panci stainless stell ini sangat mudah untuk dibersihkan cukup dengan steel wool (serbuk pembersih dan tapas) dan ditambah lagi dengan sedikit cairan untuk mencuci. Sehingga kotoran yang melekat pada panci tersebut akan cepat terangakat dan terlihat bersih.

  • Panci Aluminium

Panci aluminium ini tidak jauh berbeda mempunyai kesamaan dengan panci stainless steel. Hanya saja pada panci aluminium ini tidak mengandung unsur bahan atom seperti panci stainless steel dan cara memncucinya sedikit berbeda dengan panci stailess steel. Cara mencuci panci aluminium ini dengan mengunakan sabut kelapa, bahan pengosok lainnya dan cairan pembersih. Sehinnga kotoran yang ada pada panci aluminium tersebut akan terangkat. Sehinnga terlihat bersih dan tentunya memberikan efek kesehatan.

  • Preessure cooker

Alat masak satu ini mempunyai suhu yang bertekanan tinggi. Preesure cooker ini banyak digunakan untuk melembut daging atau menghancurkan tulang daging ayam atau sapi dan sebagainya. Banyak manfaat yand diberikan preessure cooker ini, waktu kita relatif singkat dan memberikan penghematan pada bahan bakar, tentunya sangat membatu dalam menyelesaikan tugas untuk memasak. Mengenal berbagai macam perlengkapan dapur seperti preesure cooker ini, tentunya harus kita ketahui bagian-bagian mana saj yang harus diperhatikan ketika melakukan kegiatan memasak. Tutup panci preessure cooker ini dikelilingi dengan karet tebal sehingga dan uap air yan panas sedikit keluar dan akan menimbulkan tekanan tinggi pada panci tersebut. Pada saat panci mendidih yang perlu diketahui adalah, jangan membuka panci tersebut, karena tekanan yang dihasilkan panci tersebut tinggi. Lakukan pematian api dan buka bagian atas pada panci tersebut agar uap air keluar.

  • Alat Pengukus

Ada beberapa alat untuk mengukus makanan seperti: dandang dan kukusan, klakat, risopan, soblugan atau lanseng. Dari beberapa alat tersebut memiliki fungsi dan kegunaan masing-masing seperti dandang dan kukusan. Dandang dan kukusan ini banyak digunakan untuk mengukus nasi. Bahan dandang dan kukusan ini dibuat dari alumunium atau tembaga. Pada kukusan klakat banyak digunakan untuk mengukus kue, kukusan klakat ini terbuat dari kaleng tebal dan aluminium. Risopan juga banyak digunakan untuk mengukus kue dan nasi, risopan ini terbuat dari bahan seng tebal dan aluminium hanya saja bentuknya yang berbeda dengan yang lainnya. Soblugan atau lanseng bentuk dari kukus ini hampir sama dengan dandang yang kegunaanya uga sama untuk mengukus nasi. Bahan kukusan ini dibuat dari bahan aluminium atau seng tebal. Dari berbagai macam alat kukus tadi anda dapat mengetahui kegunaanya masing-masing. Itulah berbagai macam pelengkapan dapur yang wajib anda ketahui.

Mengenal berbagai macam perlengkapan dapur tidak diharuskan mengenal perelatan yang dipopulerkan untuk saat ini. Anda harus mengenal perlengkapan dapur yang umum seperti: pisau, sendok dan garpu, kompor gas, kompor minyak dan sebagainya. Perlengkapan dapu secara umum ini tidak boleh dipandang sebelah mata, karna perlengkapan ini mempunyai unsur yang sangat berpegaruh ketika anda melakukan kegiatan untuk memasak.

Mengenal berbagai macam perlengkapan dapur juga tidak kalah penting untuk kita ketahui. Demikianlah tips-tips tentang mengenal berbagai macam perlengkapan dapur semoga bermanfaat untuk kita semua.


Leave a Reply