Mengatasi Kaki Bengkak Diabetes


Penyakit diabetes bukan lagi menjadi sebuah hal asing di dalam kehidupan sehari-hari. Oenyakit ini memang lebih banyak menyerang orang dengan usia 45 tahun ke atas, namun belakangan ini banyak juga kaum muda yang terserang oleh penyakit ini.

Hal ini mungkin disebabkan oleh pola hidup dan pola makan mereka yang tidak sehat. Seiring dengan berjalannya waktu, dunia semakin berkembang, hal ini ditandai dengan munculnya berbagai teknologi canggih yang diciptakan untuk mempermudah hidup manusia.

Begitu pula dengan industry makanan yang menambahkan berbagai zat berbahaya bagi tubuh, misalnya pengawet agar makanan yang diproduksi tidak cepat rusak atau pewarna untuk membuat produk merekan terlihat lebih menarik. Hal ini dilakukan untuk promosi dan menurunkan biaya produksi.

Bisa dikatakan bahwa produsen sekarang ini tidak lagi memerhatikan kesehatan konsumennya. Oleh sebab itu, kita sebagai consumen harusnya pandai-pandai dalam memilah produk seperti itu. Perlu anda ingat bahwa kesehatan merupakan harta tak ternilai

Di Indonesia sendiri, setelah dilakukan survey oleh WHO, ditemukan bahwa ada 8 juta jiwa pederita diabetes pada tahun 2009 dan angka ini akan terus bertambah hingga mencapai 21 juta jiwa pada tahun 2025.

Pertambahan jumlah pasein diabetes yang begitu pesat ini sayangnya tidak dapat diobat, karena hingga saat ini, walaupun tekbologi sangat canggih, namun sayangnya belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan diabetes secara total.

Penyakit diabetes sendiri adalah penyakit dimana kadar gula di dalam tubuh seseorang melampaui batas normal, sehingga hormone insulin tidak lagi bekerja dan manimbulkan berbagai gangguan di dalam tubuh.

Hormon insulin adalah hormone yang berfungsi untuk membantu proses metabolisme dan mengatur kadar gula di dalam darah agar tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit, dengan kata lain seimbang.

Hormon insulin biasanya dihasilkan di pancreas dan apabila kadar gula di dalam darah sudah melampaui batasnya, maka hormone ini tidak lagi dihasilkan dan apabila dihasilkan pun kinerjanya tidak akan sempurna.

Pada umumnya, ada beberapa gejala awal munculnya diabetes, misalnya anda menjadi lebih sering buang air kecil dan air seni anda dikerubungi oleh semut, rasa haus yang terus menerus, kelelahan, dan pembengkakan pada kaki.

Apabila gejala-gejala tersebut muncul, sebaiknya anda berhati-hati. Untuk lebih jelas mengenai mengatasi kaki bengkak diabetes, simaklah uraian berikut ini

 1.      Penyebab kaki bengkak diabetes

Memang salah satu gejala umum diabetes adalah pembengkakan pada kaki, namun sebenarnya pembengkakan juga bisa terjadi di bagian tubuh yang lain, termasuk wajah. Pembengkakan ini terjadi karena menumpuknya cairan yang tidak bisa dikeluarkan oleh tubuh.

Apabila hal ini terjadi, maka sebaiknya anda periksakan ginjal anda, karena bisa jadi ginjal ana telah mengalami kerusakan dan tidak lagi bekerja dengan baik. Kerusakan ginal terjadi karena kebocoran selaput penyaring darah.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa organ sekresi yang paling penting adalah ginjal. Namun, kadar gula yang tinggi dapat merusak selaput pada penyaring ginjal. Apabila terjadi gangguan ginjal, maka proses sekresi atau pengeluaran tentunya juga akan mengalami gangguan.

Selain itu, fungsi penyaringan pada ginjal juga akan terjadi gangguan. Zat-zat racun di dalam tubuh sebaiknya dikeluarkan, apabila racun tersebut tidak dikluarkan, maka akan terjadi pembengkakan pada bagian-bagian tubuh.

 2.      Alas kaki yang aman

Mengatasi kaki bengkak diabetes sebenarnya bisa dilakukan dengan cara menggunakan alas kaki yang aman dan nyaman. Hindari penggunaan alas kaki atau sepatu yang sempit dan tidak nyaman, begitu pula dengan sepatu berhak bagi wanita.

Alas kaki yang terlalu sempit dapat menimbulkan luka, tentunya anda tahu bahwa bagi penderita diabetes luka merupakan hal yang sangat berbahaya, sekecil apapun itu. Luka pada penderita diabetes bisa memerlukan waktu yang sangat lama untuk penyembuhannya dan bahkan tidak bisa sembuh sama sekali. Telah banyak kasus dimana kaki bengkak diabetes diamputasi karena luka yang tidak sembuh dan membusuk.

Sebaiknya anda juga menjalani olahraga yang ringan, salah satunya senam kaki diabetes agar dapat melancarkan peredaran darah di kaki. Inilah sekilas mengenai mengatasi kaki bengkak diabetes. Semoga bermanfaat.

 



Leave a Reply