Menanam Sayuran Hidroponik Dihalaman


Cara Cepat Hamil

                Sayuran merupakan bahan terpenting atau konsumsi terpentiing yang sebenarnya harus ada di dalam makanan kita. Sayuran memberi efek kesehatan bagi tubuh yang sangat menyehatkan. Namun dikarenakan pada zaman sekarang penggunaan pestisida yang berlebihan serta pencucian yang dilakukan tidak bersih atau tidak mampu untuk menghilangkan zat kimia pestisida tersebut, banyak yang takut untuk  mengkonsumsi sayuran sayuran tersebut. Pada dasarnya sayuran merupakan makanan menyehatkan namun dikarenakan zat kima yang diberikan pada tumbuhan sering sekali susah dihilangkan karena penyemprotan dikeluarkan  terlalu banyak. Maka konsumsi akan sayuran pun berkurang, maka dari itumarikita menanam tumbuhan atau sayuran dirumah sendiri seperti Menanam sayuran hidroponik dihalaman.

                Mari kita membahas Menanam sayuran hidroponik dihalaman dengan baik. Hidroponik  berasal dari bahasa yunani yaitu hydro yang artinya air dan  donos yang artinya daya.  Hydronik dikenla juga sebagai  upaya  penanaman tanaman tanpa adanya tanah atau nama singkatnya soilless culture. Jadi bisa kita ambilkesimpulan bahwa hydroponik adalah budidaya tanaman yang memanfaatkan air sebagai  sarana penanaman suatu tumbuhan tanpa menggunakan tanah yang biasanya merupakanbagian dari penanaman tumbuhan atau secara singkat menggunakan air sebagai media tanam bukannya tanah. Lagipula dikarenakan susahnya mencari tanah hitam yang berada di dunia ini maka tidak ada salahnya kita mengambiljalan tengah dimana kita bisa memanfaat kan berbagai media guna menunjang keseiimbangan dunia ini. Tanah yang hitam sangat susah diperoleh dikarenakan hal berikut :

-          Terjadinya pencemaran tanah oleh limbah

-          Banyaknya bangunan yang dibangun diatas tanah hitam

-          Terjadinya pencemaran tanah dengan berbagai logam yang ada didunia

Oleh karena itu sangat susah mencari media penanaman tanah yang mampu atau tidak tercemar oleh apapun.

Hydronik yang merupakan ilmu bercocok tanam yang menekankan kebutuhan tubuhan dengan gizi atau pemenuhan kebutuhan tumbuhan atas nutrisi yang dibutuhkan untuk berkembang membuat ilmu ini membuat kita belajar bahwa pentingnya kebutuhan pupuk bagi tanaman.

Dimanapun tempat tumbuhnya pada dasarnya tumbuhan akan tetap terus hidup  jika nutrisi yaitu unsur haranya tetap terpenuhi selalu, cukup untuk pengembangannya. Dalam hal ini tenah merupakan tempat menyangga tumbuhan dan air merupakan pelarut unsur hara  yang kemudian dapat diserapoleh tumbuhan. Dari konsep ini maka penanamanhydronik dicetuskan, pemenuhan kebutuhan tumbuhan atas unsur hara lah yang harus ditekankan. Menanam sayuran hidroponik dihalaman  itulah yang dilakukan.

Sebelum kita mengetahui Menanam sayuran hidroponik dihalamankita haru mengetahui macam  hydroponik tersebut :

  • kultur air statis  atau disebut  Static solution culture
  • Continuous-flow solution culture, contoh : NFT,DFT
  • Aeroponics
  • Passive sub-irrigation
  • Ebb and flow atau flood and drain sub-irrigation
  • Run to waste
  • Deep water culture
  • Bubbleponics
  • Bioponic

Berikut adalah media tanam inert hidroponik :

Media tanam inert hidronik adalah media tanam yang tidak mengandung unsur hara yang hanya digunakan sebagai penyangga. Berikut ini merupakan media inert tersebut ;

v  Pumice

v  Vermiculite

v  Pasir

v  Kerikil

v  Serbuk kayu

v  Arang sekam

v  Spons

v  Expanded clay

v  Rock wool

v  Coir

v  Perlite

Berikut bagi anda yang ingin menanam tanaman hidroponikndapat menggunakan bahan bahan berikut terutama bagi yang ingin menanam sayuran hidroponik di halaman :

-          Pot dengan ukuran yang besar disesuaikan tanaman yang hendakanda tumbuhkan

-          Gunakan pot bertingkat yang dilengkapi dengan wadah penampung air di bagian bawahnya

-          Pot dapat digunakan  dari bahan tanah liat maupun plastik yang mempunyai kelebihan serta kekurangan masing masing yaitu :

  • Pot yang terbuat dari tanah liat

Pot ini mampu menjaga stabilitas dari temperatur atau suhu dari media penanaman tersebut namun pot ini dapat cepat berlumut dan mudah rusak

  • Pot yang terbuat dari plasik

Mempunyai daya tahan yang baik sehingga awet jika dipakai namun pada pot ini tidak bisa digunakan sebagai tempat lewat air dari dinding pot sehingga stabilitas dari media tersebut akan terganggu.

-          Media  tanam dapat  menggunakan :

  1. Pasir
  2. Batu apuung
  3. Batu zeolit
  4. Pecahan batu bata
  5. Batu kali
  6. Kawat nilon

Tumbuhan ini dapat tumbuh dalam polybeg yang dapat direpleting ke dalam pot

-          Pupuk

Cari dan gunakanlah pemenuhan pupuk hidroponik yyang bisa anda dapatkan ditoko tanaman



Leave a Reply