Memilih Warna Dapur yang Tepat


Tentunya setiap pasangan yang sudah menikah akan hidup bersama sebagai pasangan suami istri dan membina keluarga yang baru. Pada hakikatnya, suami memiliki tugas utama untuk mencukupi segala kebutuhan financial di rumah dengan cara bekerja.

Untuk istri, salah satu tugas utama yang harus mereka jalankan adalah dengan menyiapkan makanan. Meskipun sekarang ini sudah banyak kita temui wanita karier atau pasangan suami istri yang bekerja di luar rumah.

Namun, tentunya sang istri tetpa harus menyiapkan makanan untuk keluarganya. Hal ini sudah menjadi sebuah kegiatan rutinitas yang tak terelakan lagi. Tidak sedikit ibu rumah tangga yang kita perhatikan dalam menghabiskan waktunya di dapur.

Bahkan, waktu yang dibutuhkan untuk menyiapkan makanan ini juga tidak sebentar. Oleh karena itu, anda jangan heran bila ibu anda menghabiskan hampir seharian waktunya di dalam dapur. Oleh karena itu, suasana dapur yang baik tentunya akan menciptakan lingkungan dapur yang nyaman dan dapat membuat ibu rumah tangga lebih menikmati rutinitasnya itu.

Salah satu cara untuk menciptakan lingkungan yang seperti itu adalah dengan memilih warna dapur yang tepat. Pemilihan warna dapur yang tepat tentunya bisa membangkitkan mood para ibu rumah tangga dalam menghabiskan waktunya di dapur.

Untuk lebih jelas mengenai cara memilih warna dapur yang tepat, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Warna dan dapur yang sempit

 

Apabila anda mempunyai dapur yang ukurannya tidak terlalu luas, sebaiknya anda memilih warna dapur yang tepat, misalnya dengan warna yang terang. Hal ini karena tentunya anda tidak ingin berada di tempat yang sempit dan bernuansa gelap bukan ? Adapun beberapa pilihan warna yang cocok untuk dapur yang sempit, di antaranya adalah :

-         Warna kuning yang merupakan warna yang dapat menyiratkan kegembiraan.

-         Warna orange yang merupakan warna yang dapat membangkitkan semangat

-         Hijau muda yang memberikan nuansa kesejukan

-         Coklat muda yang merupakan warna yang memberikan rasa hangat

-         Putih yang akan memberikan kesan bersih

-         Baby pink yang merupakan warna yang lembut

  • Warna dan dapur yang luas

 

Namun, bila anda mempunyai dapur yang cukup luas, anda tentunya lebih mempunyai kebebasan dalam memilih warna dapur yang anda inginkan. Warna terang yang ada diatas juga bisa anda terapkan pada dapur anda, namun anda juga bisa menggunakan warna-warna berikut ini :

-         Coklat tua yang merupakan warna tanah dan dapat memberikan kesan yang hangat

-         Warnah merah maroon yang merupakan warna yang dapat memberikan kesan elegan

-         Warna abu-abu yang dapat memberikan kesan anggun pada dapur anda

-         Atau warna biru yang merupakan warna yang dapat memberikan kesan sejuk.

  • Warna putih dan dapur

 

Meskipun warna putih ini bukanlah sebuah keharusan, namun kebanyakan orang memilih warna putih sebagai cat dapur mereka. Sebenarnya, banyak alasan mengapa banyak yang menjadikan warna putih ini sebagai warna dapur mereka.

Selain karena alasan historis bahwa pemilihan warna putih sudah dilakukan dengan turun temurun atau warna putih yang berarti suci ini, sebenanya banyak alasan yang melatar belakangi warna putih ini, di antaranya adalah :

-         Warna putih merupakan warna yang netral dan mampu memantulkan cahaya. Sehingga dengan pemilihan warna putih ini dapur akan menjadi lebih terang, meskipun tidak ada cahaya yang cukup, khususnya pada siang hari.

-         Selain itu, sudah menjadi rahasia umum bahwa warna putih merupakan lambing dari kebersihan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa dapur merupakan tempat untuk menyiapkan makanan yang akan dimakan oleh keluarga kita, dan tentunya haruslah menjadi tempat yang bersih.

-         Selain itu, dengan memilih warna putih, kita bisa langsung segera mengetahui bagian mana yang kotor dan perlu dibersihkan, dengan demikian kebersihan dapur akan selalu terjaga dengan baik.

-         Warna putih juga akan memudahkan kita untuk memilih peralatan dapur, karena warna putih sangat mudah dipadankan dengan berbagai warna lainnya.

Inilah sekilas mengenai memilih warna dapur yang tepat. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply