Manfaat Virus Bagi Manusia


Bagi manusia, virus selalu saja dianggap sebagai sebuah organisme yang tidak berguna dan merugikan. Masih banyak dari kita yang beranggapan demikian. Mungkin hal yang menyebabkan adanya streotip seperti itu, karena kita sudah banyak melihat berbagai contoh penyakit yang ditimbulkan dari virus.
Mulai dari penyakit yang paling ringan, seperti influenza hingga penyakit yang mematikan dan sampai saat ini belum ditemukan pengobatan yang cukup efektif, yaitu AIDS yang muncul karena adanya virus HIV.
Selain itu, masih banyak lagi penyakit-penyakit yang disebabkan oleh makhluk yang bernama virus ini, diantaranya : SARS, demam berdarah dengue (DBD), hepatitis, cacar air, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, virus merupakan suatu mikroorganisme parasit yang menginvasi sel-sel hidup dalam tubuh kita untuk bertumbuh dan berkembang.
Berdasarkan fakta-fakta diatas, tentu saja kita menjadi ragu bahwa makhluk hidup yang bernama virus ini dapat membawa suatu dampak yang baik bagi tubuh kita.
Namun menurut beberapa penelitian, ada beberapa jenis virus yang memang dapat membawa dampak positif bagi tubuh kita. Terlepas dari fakta diatas, mari kita sama-sama menyimak apa-apa saja manfaat virus bagi manusia.

1.      Jenis virus
 
Sebelum kita memahami tentang manfaat virus bagi manusia, alangkah baiknya bagi kita untuk mengetahui terlebih dagulu jenis-jenis virus yang ada.
 
Banyak sekali jenis virus di dunia ini, akan tetapi pada umumnya virus mengandung DNA atau RNA sebagai materi genetic mereka. Virus herpes simplex atau virus hepatitis B tergolong ke dalam virus jenis DNA.
 
Sedangkan untuk virus RNA, pada umumnya virus jenis ini memiliki enzim yang bernama reverse transcriptase atau transkriptase balik yang menjadi katalis reaksi transkriptase balik RNA utas tunggal menjadi DNA utas ganda atau dengan kata lain virus tersebut bisa membuat DNA nya sendiri. Virus yang tergolong ke dalam jenis ini adalah virus hepatitis C dan HIV.
 
2.      Manfaat virus bagi manusia
 
Sesuai dengan judul artikel ini “Manfaat virus bagi manusia”, akan dijelaskan apa-apa saja manfaat yang ditimbulkan oleh beberapa jenis virus.
 
Penelitian mengenai virus dan interaksi mereka dengan sel inangnya merupakan bidang kajian utama biologi molekuler, yaitu cabang dari biologi yang mengkaji kehidupan pada skala molekul.
 
Misalnya, adanya pembawa pesan RNA yang membawa kode genetic dari DNA untuk menentukan protein yang dibuat oleh sel, ditemukan pada penelitian bakteriofag yang membelah diri pada bakteri. Bakteriofag adalah tipe virus yang memerlukan suatu bakteri untuk menggandakan diri.
 
Salah satu tujuan utama penelitian virus adalah memahami mekanisme penggandaan mereka dengan cara mengendalikan pertumbuhan virus sehingga penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus dapat diobati.
 
Berikut adalah manfaat virus menurut sebuah penelitian :
 
-          Virus dapat digunakan untuk memproduksi interveron atau sejenis zat yang biasanya dimanfaatkan untuk mencegah replikasi virus di dalam sel inang.
 
-          Selain itu, virus juga banyak dimanfaatkan untuk pembuatan vaksin berbagai jenis mikroba penyebab penyakit bagi manusia, diantaranya : vaksin sabin dan salk yang merupakan alternatif untuk mencegah polio. Selain itu, ada juga vaksin Pasteur yang ditemukan oleh Louis Pasteur sebagai vaksinansi terhadap rabies.
 
-          Virus juga dapat dimanfaatkan sebagai antibacterial, karena dapat menghancurkan bakteri-bakteri yang mengganggu, khususnya pada produk makanan yang menggunakan bahan pengawet.
 
-          Virus juga dapat dimanfaatkan dalam pembuatan insulin. Misalnya, virus penyebab kanker dapat dicangkokan bersama dengan gen-gen penghasil insulin atau zat lain ke bakteri, sehingga bakteri tersebut dapat berkembang biak dengan cepat dan sekaligus memproduksi insulin beserta senyawa lainnya.
 
-          Beberapa jenis virus dapat dimanfaatkan untuk re-kombinasi genetika melalui terapi gen. Dalam terapi gen, virus penyebab infeksi dapat diubah menjadi virus baik (gen penyembuh).
 
-          Virus juga bermanfaat sebagai antibody dalam serum darah sebagaimana sekresi pada membrane mukosa yang membantu tubuh menghancurkan unsure-unsur asing (virus melawan virus).
 
-          Virus berguna sebagai model sistem untuk mempelajari peristiwa-peristiwa yang mengendalikan informasi genetic, karena virus merupakan potongan-potongan informasi genetic yang berbeda dengan informasi genetic sel.
 
Demikianlah manfaat virus bagi manusia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Cara Cepat Hamil

Leave a Reply