apotik online terpercaya

Manfaat Vegetarian Bagi Kesehatan Tubuh

| July 21, 2012 | 0 Comments

Sebagian besar orang menyatakan bahwa makan daging lebih nikmat daripada makan sayur. Akan tetapi, pengertian seperti itu tidak berlaku bagi seorang vegetarian (vegan).

Apa sih vegetarian itu ? Mungkin sebagian besar dari anda belum tahu atau paham benar mengenai definisi vegetarian yang sebenarnya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu pengertian vegetarian itu sebelum kita mempelejari manffat vegetarian bagi kesehatan tubuh.

Menurut pandangan umum, vegetarian adalah mereka yang menghabiskan sepanjang hidupnya tanpa mengonsumsi daging.

Pengertian diatas memang tidak salah tapi, ada pengertian yang lebih tepat untuk menggambarkan atau mendeskripsikan vegetarian ini.

Secara khusus, vegetarian adalah istilah yang digunakan untuk menyebut seseorang yang memiliki kebiasaan memakan sayuran dan segala jenis makanan dari tumbuh-tumbuhan dan menghindari produk makanan yang terbuat dari hewan, namun ada beberapa jenis vegetarian yang juga mengonsumsi produk hewani tertentu.

Nah, sudah jelas kan pengertian vegetarian itu apa, sekarang marilah kita bahas manfaat vegetarian bagi kesehatan tubuh itu.

1.      Hidup sehat dan berumur lebih panjang

Sebenarnya jika dilihat dari segi medis, tubuh manusia diciptakan bukan sebagai pemakan daging. Oleh karena itu, konsumsi daging hanya akan menjadi sumber penyakit dalam tubuh.

Metabolisme manusia tidak bisa mencerna lemak jenuh yang dikandung oleh hewan. Akibatnya darah pemakan daging akan menjadi semakin mengental kemudian menyumbat dinding-dinding pembuluh darah dan peredaran darah dalam tubuh menjadi tidak lancar, sehingga menimbulkan berbagai penyakit, seperti : stroke, asam urat, dan jantung. Menurut WHO, 50 persen dari kematian dunia disebabkan oleh penyakit jantung dan merupakan pembunuh nomor satu di dunia.

Bukti lainnya, Usus besar dan kecil manusia lebih panjang, berlipat-lipat dan dindingnya bergelombang dibanding usus hewan pemakan daging. Akibatnya pencernaan daging hewan yang tidak berserat pada manusia membutuhkan waktu lima hari, sedangkan makanan vegetarian yang kaya serat hanya membutuhkan waktu dua hari saja. Pada hari ketiga daging hewan dalam usus manusia membusuk dan mengeluarkan racun atau zat karsinogenik penyebab penyakit kanker. Menurut WHO, 25 persen dari kematian dunia disebabkan oleh penyakit kangker dan merupakan pembunuh nomor dua di dunia.

2.      Batin menjadi lebih bersih

Manusia tidak bisa memperoleh sepotong daging tanpa menyakiti atau melakukan pembunuhan. Oleh karena itu, mereka yang memilih gaya hidup vegetarian bukan hanya mendapatkan tubuh yang sehat, tetapi juga mempunyai batin yang bersih.

3.      Bebas kanker

Menurut beberapa penelitian, pemakan daging mempunyai resiko lebih tinggi terkena kanker dari pada vegetarian. Hal ini disebabkan karena produk-produk tumbuhan seperti sayur dan buah memiliki banyak zat kimia penting yang berfungsi menekan resiko kanker, misalnya zat antioksidan dan fitokimia.

4.      Bebas kolestrol

Sudah menjadi rahasia umum bahwa daging maupun produk hewani dapat menyebabkan kadar kolestrol dalam tubuh meningkat. Jika kadar kolestrol dalam tubuh terlalu tinggi, maka akan timbul berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung atau stroke.

5.      Bebas gangguan menopause

Menopause memang akan terjadi pada setiap wanita, namun bagi anda yang menerapkan gaya hidup vegetarian, maka anda akan terhindar dari berbagai gangguan menjelang menopause. Pada saat menjelang menopause, hormon estrogen dalam tubuh wanita akan menurun dan menimbulkan berbagai gangguan, baik gangguan fisik maupun mental. Biasanya, tubuh akan terasa sakit, tidak nyaman, dan emosi tidak terkendali.

6.      Mencegah obesitas

Pada umumnya, orang yang menjalani gaya hidup vegetarian mempunyai tubuh yang langsing. Ini terjadi karena mereka tidak pernah mengonsumsi daging yang merupakan sumber lemak terbesar.

Obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang dapat memicu penyakit lainnya, seperti diabetes atau penyakit jantung koroner.

7.      Tidak tertular penyakit hewan

Beberapa jenis hewan dapat menularkan penyakit kepada manusia. Contoh yang paling umum adalah flu burung yang pernah terjadi secara besar-besaran di Indonesia ini. Bila anda mengonsumsi unggas yang terkena penyakit ini, maka anda mungkin juga akan tertular.

Jadi, seorang vegetarian jelas akan terhindar dari resiko seperti ini, karena mereka tidak mengonsumsi daging.

Inilah manfaat vegetarian bagi kesehatan tubuh. Silahkan mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Category: Pola Hidup Sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *