Manfaat Puasa Bagi Kesehatan


Mungkin masih ada diantara anda yang berpikir bahwa puasa dapat memberikan manfaat buruk bagi kesehatan. Hal itu mungkin karena puasa yang identik dengan tidak makan atau suatu periode dimana tubuh pantang untuk mengasup semua jenis makanan atau makanan tertentu.
Menurut AJ Carlson, Profesor Fisiologi di Universitas Chicago menyatakan, orang sehat dan tidak memiliki masalah stress serta gangguan emosi dapat bertahan tanpa makanan selama 50-75 hari.
Sebenarnya, puasa justru banyak memberikan dampak kesehatan bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh.

1.      Puasa menghilangkan racun-racun berbahaya dalam tubuh
Puasa merupakan salah satu metode detoksifikasi yang sering digunakan oleh orang banyak. Hal ini disebabkan karena, dalam puasa keadaan lambung akan menjadi kosong dan akan membuat lambung bekerja lebih optimal saat berbuka puasa.
Kerika lambung dalam keadaan kosong, penyerapan nutrisi dan gizi akan berjalan dengan lebih efektif. Sehingga, dapat mengurangi resiko penimbunan sisa-sisa makanan atau nutrisi yang tidak berhasil terserap dengan sempurna oleh tubuh.
Jadi dengan berpuasa, tubuh tidak lagi menyimpan tumpukan sisa-sisa makanan yang bisa membusuk dan menjadi racun bagi tubuh.
2.      Menyembuhkan dengan cepat
Pada saat mulai berpuasa (hari-hari awal dalam berpuasa), merupakan tahapan tersulit, karena tubuh akan mengeluarkan sejumlah besar racun melalui aliran darah, pori-pori, dan organ pembuangan lain. Hal ini dibuktikan dengan menebalnya lapisan lidah dan nafas yang tidak sedap pada hari-hari pertama.
Setelah melalui beberapa hari, tubuh anda akan mulai terbiasa , sehingga proses pembersihan tubuh dapat terakumulasi dengan sempurna. Tubuh akan mengeluarkan lemak tubuh yang tidak bermanfaat, racun-racun yang merugikan, sel-sel yang telah mati, lapisan lender yang menebal di dinding usus, dan limbah aliran darah. Semua itu dikeluarkan melalui hati, limpa, dan ginjal.
Saat racun-racun ini berkurang, maka efisiensi setiap sela akan meningkat, termasuk menyembuhkan luka dengan cepat dan menghemat energi.
3.      Memberi waktu bagi alat penernaan untuk beristirahat
Dalam menjalankan puasa, berarti anda tidak akan makan ataupun minum selama kurang lebih 12 jam. Dengan begitu, organ pencernaan dalam tubuh anda juga tidak akan bekerja. Setelah anda berbuka, maka organ pencernaan anda, seperti : kerongkongan, lambung, serta usus biasanya dapat bekerja lebih baik dan maksimal.
Tapi, perlu anda ingat bahwa anda juga harus membiarkan organ pencernaan anda beradaptasi juga. Anda jangan langsung mengonsumsi makanan secara besar-besaran, dan apalagi makanan yang berat, seperti daging dan sebangsanya.
Sebaiknya anda makan secara bertahap, jadi organ pencernaan dalam tubuh anda juga tidak terkejut.
4.      Mengobati tekanan darah tinggi tanpa pengobatan medis
Selama berpuasa, otomatis kadar gula dalam tubuh anda akan menurun, begitu juga dengan kadar kolestrol dalam tubuh anda, karena anda tidak mengonsumsi apapun dalam kurang lebih 12 jam.
Jika anda mengonsumsi makanan diet pada saat ahur, akan lebih optimal lagi manfaatnya. Makanan diet sahur adalah makanan yang mengandung unsur lemak, gula, dan kolestrol yang rendah. Jadi, dengan mengonsumsi makanan seperti ini, maka tekanan darah anda pasti turun, begitu pula dengan kadar kolestrol dalam tubuh.
5.      Menyeimbangkan cairan dalam tubuh
Pada saat menjalani ibadah puasa, anda pasti akan menahan dahaga dalam waktu yang cukup panjang. Dengan berkurangnya konsumsi air dalam tubuh, maka akan terjadi pengeringan cairan yang berlebihan pada tubuh. Proses ini akan membantu mengatasi pembengkakan pada perut, kaki, dan lutut yang sering sekali dialami oleh wanita selama menstruasi.
6.      Menurunkan berat badan
Puasa ini merupakan metode paling cocok bagi anda yang ingin berdiet. Dengan puasa, otomatis anda tidak akan makan ataupun minum dalam waktu yang panjang. Akan tetapi, metode ini dapat berhasil apabila anda banyak mengonsumsi makanan yang manis pada saat berbuka.
Sebaiknya, pada saat berbuka anda mengonsumsi buah atau sayur yang mengandung banyak serat untuk mendukung program diet anda.
Inilah uraian singkat mengenai manfaat puasa bagi kesehatan. Meskipun banyak lagi manfaat dari berpuasa yang dapat kita dapatkan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.



Leave a Reply