apotik online terpercaya

MANFAAT KERANG

| October 17, 2012 | 0 Comments

Kita mungkin sudah pernah mengkonsumsi kerang pada umumnya. Walaupun memiliki cangkang yang cukup kuat namun bila suadh dimasak makan rasanya akan sangat enak. Namun tidak semua kerang dapat di makan karena ada sebagian kerang hanya dijadikan sebagai hiasan. Kerang ada yang berukuran kecil maupun berukuran yang besar. Kerang banyak kita jumpai disekitar pantai.

Meskipun memiliki cangkang namun sebenarnya kerang merupakan hewan bertubuh lunak atau biasa disebut moluska. Kedua cangkangnya itu kuat karena terhubung denga dua otot pada kerang.  Kerang yang paling biasa kita kenal adalah kerang darah atau anadara granosa. Kerang darah dapt dimasak dan sangat banyak dijumpai direstoran dan lain sebagainya.

Struktur dari kerang ialah dimana kerang tidak memiliki kepala dan hanya memiliki mata, organ seperti jantung, anus, ginjal. Bila pada perairannya kerang bergerak dengan menggunakan kakinya yang dikeluar melalui rongga pada cangkangnya. Kerang hidup dengan oksigen yang berasal dari darahnya yang sangat cair yang tinggi akan nutrisi. Kerang biasanya memangsa plankton. Dan hampir keseluruhan kerang pada saat usia muda adalah betina dan akan berubah jadi jantan pada saat sudah dewasa.

Adapun dapat kita lihat kandungan gizi dari kerang, kandungan gizi kerang tersebut sebenarnya cukup banyak dan bermanfaat juga bagi tubuh. Berikut kandungan gizi dari kerang :

  • Pada kerang terkandung vitamin B 12 yang berfungsi sebagai nutrisi pada tubuh. Vit B12 dapat berguna untuk mencegah homosistein yaitu sejenis zat jahat yang dapat mengganggu tubuh manusia. Vitamin ini dapat juga mencegah sel-sel kanker.
  • Kerang banyak mengandung kalium serta magnesium yang sangat berguna untuk kesehatan tulang manusia.
  • Kerang juga kaya akan protein yang berfungsi untuk pertumbuhan tubuh terutama pada anak kecil pada umumnya.
  • Kerang juga banyak mengandung asam lemak omega 3, dimana omega 3 ini sangat bagus untuk kecerdasan otak kita.

Bagi orang yang mengalami asam urat sangat tidak dianjurkan mengkonsumsi kerang karena pada kerang juga terkandung purin yang dapat mengkambuhkan penyakit tersebut. selain itu usahakan memakan kerang jangan dalam keadaan mentah karena ini justru membahayakan tubuh. Kerang yang mentah banyak mengandung bakteri yang disebut dengan Vibrio vulnificus. Kerang yang sudah mati juga tidak boleh di konsumsi karena juga mengandung bakteri – bakteri.  Ada anjuran juga sebelum memasak kerang ialah kerang dicuci terlebih dahulu hingga bersih karena di takutkan kerang yang berasal dari laut masih ada zat kimia seperti polutan kimia. Cukup dengan mencuci kulit kerang dari berbagai kotoran yang menempel lalu setelah itu dimasak.

Dari kandungan gizi yang dijelaskan tadi, kerang juga mempunyai manfaat yang sangat banyak. Adapun manfaat kerang sebagai berikut yaitu antara lain :

  • Manfaat kerang yaitu dapat mencegah penyakit jantung.

Kerang dipercayai dapat menjaga jantung karena pada kerang mengandung asam lemak omega 3 yang tidak Cuma untuk otak tapi dapat membantu kerja jantung. Kerang juga dikenal rendah lemak.

  • Kerang dapat menyehatkan gigi dan tulang.

dengan adanya kandungan fosfor pada kerang maka akan membantu kesehatan pada tulang dan gigi selain itu dapat membantu tubuh untuk membuat vitamin yang berguna bagi tubuh nantinya.

  • Kerang dapat membentuk massa tubuh.

Ini dikarenakan adanya protein pada kerang. Protein ini nantinya akan membantu berat tubuh atau mengsuburkan tubuh. Ini juga dibantu dengan rendahnya kalori pada daging kerang.

  • Membantu pembentukan sel darah merah

Kalium yang ada pada kerang sangat bagus untuk membentuk kembali sel darah merah sehingga tubuh tidah mudah lemas.

  • Manfaat kerang yang berikutnya ialah membantu tekanan pada darah

Kerang mengandung sejenis zat yang dinamakan potassium. Selain untuk tekanan darah, potassium ini juga dapat membantu metabolisme pada tubuh dan juga membantu kinerja jantung.

  • Kerang dapat menjaga kesehatan mata

Sudah tidak perlu dijelaskan rinci sebab semua pasti tahu vitamin untuk mata ialah vitamin A

  • Dapat membuat kadar kolesterol tetap seimbang.

Kolesterol dalam kerang sangat rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol.

Berjuta manfaat kerang yang dapat kita bahas ini tentu merupakan kelebihan dari kerang itu sendiri. Tapi ada pesan juga bagi yang alergi seafood usahakan jangan  memakan nya demi keamanan bersama.

Category: Hewani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *