apotik online terpercaya

MANFAAT GIZI KANGKUNG

| October 20, 2012 | 0 Comments

Hampir setiap hari kita memakan sayur- sayuran, selain karena berguna untuk kesehatan tubuh kita sayuran juga sangat mudah untuk didapatkan. Ada satu jenis sayuran yang memiliki harga murah dan sangat mudah untuk didapatkan dan sayuran itu bernama kangkung. Meskipun gizi yang dikandung tidaklah sebanyak yang dikandung sayuran lainnya seperti bayam dll, namun kangkung ternyata juga ada manfaatnya bagi tubuh kita ini.

Adapun nama ilimiah dari kangkung ini ialah Ipomoea aquatika forsk. Sayur kangkung mempunyai ciri seperti warna nya yang hijau, daunnya memanjang, mempunyai batang yang memiliki rongga,  dan tentunya mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi. Tumbuhan yang satu ini dapat tumbuh dimana saja salah satunya tumbuh di daerah sawah. Cara tumbuh sayuran kangkung ini ialah biasanya merambat.

Tumbuhan sayuran kangkung ini mempunyai 2 tipe antara lain kangkung darat dan kangkung air. Nama lain dari kangkung darat ini ialah kangkung cina sedangkan kangkung air ialah sayuran yang tumbuh di sekitar sawah. Antara kangkung air dan darat mempunyai perbedan pada daun dan batang selain itu kedua kangkung ini mempunyai warna beda pada bunganya. Warna bunga pada kangkung darat biasanya memiliki warna putih sedangkan warna bunga pada kangkung air berwarna kemerah- merahan. Cara penanaman kangkung air biasanya mengguna stek batang.

Sayuran kangkung mempunyai rasa yang enak. Banyak orang yang menggemari nya. Kandungan gizi pada kangkung ternyata juga tidak main-main. Kangkung dideteksi mempunyai zat-zat yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A untuk mata, ada juga vitamin C yang untuk sariawan, protein bagi tubuh, ada juga zat besi dan kalsium untuk kesehatan tulang kita.

Karena begitu tinggi nya zat yang dikandung dalam kangkung ini, membuat para peneliti ilmiah memberikan anjuran supaya kangkung di jadikan makanan pokok bagi orang yang mengalami kelaparan atau pun busung lapar seperti yang terjadi di berbagai Negara yang kurang maju. Para penelitian mengingat bahwa kangkung tanaman yang mudah dikembangkan dan serta mempunyai nutrisi yang tinggi.

Manfaat gizi kangkung lainnya sangat lah banyak. Berikut ini dapat kita ketahui manfaat gizi kangkung sebagai berikut :

  • Bisa di bilang kangkung adalah sayuran anti racub bagi tubuh.

Kita kerap kali memakan makanan yang dijual di sembarang tempat, namun apakah anda tahu bahwa makanan tersebut mengandung racun yang jahat bagi tubuh kita ini. Oleh karena itu kita disaran kan mengkonsumsi kangkung karena sayur ini mempunyai zat sebagai anti racun bagi tubuh kita ini. Cara pengolahan kangkung supaya berubah untuk anti racun sangat lah gampang. Kita cukup mencampurkan sayur kangkung dengan kacang hijau yang kemudian airnya dicampur dengan madu.

  • Dapat dijadikan alat tenang atau obat tidur

Manfaat gizi kangkung yang satu ini sangat bagus untuk orang yang mengalami penyakit sulit tidur atau insomnia. Sebagainya alat obat tidur ini dikarenakan kandungan protein dan besi pada kangkung. Bila ada orang mengalami sulit tidur, cara ini boleh dicoba.

  • Mempelancar keluar nya air seni

Sulit nya keluar air seni juga merupakan suatu kendala yang cukup serius. Penyakit ini bisa muncul dikarena kan seseorang sering menunda membuang air kecil nya. Bila sudah terkena penyakit ini usahakan tiap harinya mengkonsumsi kangkung sebab sayur ini juga dapat membuat lancar air seni keluar.

  • Anti radang

Kandungan vitamin C yang terkandung pada bayam sangat bagus untuk peradangan yang terjadi di mulut atau pun tenggorokan.

  • Mampu mengobati dan mencegah mimisan

Kalau penyakit yang satu ini sering melanda anak-anak kecil. Penyakit yang satu ini dapat diatasi manfaat gizi yang terkandung didalam kangkung. Cara pembuatan kang kung agar berfungsi sebagai mimisan yaitu hanya dengan cara diseduh lalu kemudian diminum.

  • Menyembuhkan penyakit gigi

Bila gigi anda mengalami masalah, anda cukup mengkonsumsi kangkung hanya dengan campuran cairan cuka.

  • Sebagai anti ketombe

Meskipun kedengarannya aneh namun sebenarnya kangkung dapat menghilangkan ketombe pada kepala kita.

  • Manfaat gizi kangkung juga dapat mengobati penyakit sariawan.

Sekarang udah tahu kan manfaat gizi kangkung. Usahakan tetap mengkonsumsi sayuran bermutu seperti salah satunya sayur kangkung.

Category: Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *