apotik online terpercaya

MANFAAT DARI KEJU

| September 30, 2012 | 0 Comments

Meskipun kita sering mendengar kata keju, tapi belum tentu kita sering mengkonsumsi keju. Memang bagi sebagian orang keju adalah makanan yang kurang sehat dan bahkan sampai ada yang arlegi keju. Namun keju tidak lah seburuk itu, keju ternyata lumayan banyak mengandung manfaat yang berguna untuk tubuh kita ini.

Bahan dasar untuk membuat keju adalah susu. Oleh karena itu keju sangat bagus untuk pertumbuhan bagi kita terutama juga pada anak-anak. Selain berguna untuk fase pertumbuhan keju juga kaya akan protein. Dalam keju juga terdapat banyak kandungan lemak, namun lemak dalam keju bersifat baik bagi tubuh atau kesehatan kita.

Berikut ini beraneka ragam keju yang tersebar di dunia :

  • Camembert

Keju yang berasal dari susu sapi ini untuk pertama kali dibuat di Negara Prancis. Warna nya yang creamy serta halus dan lunak menjadi ciri khas tekstur dari keju yang satu ini. Kandungan lemak pada keju ini hanya berkisar 45 % s/d 50 %. Keju ini dapat diolah menjadi apa saja yang disuka salah satunya table cheese.

  • Ricotta

Berbeda dengan keju camembert, keju yang satu ini berasal dari negeri pizza yaitu Italia.

Tekstur nya yang rapuh dan memiliki 65 % kadar lemak merupakan cirri khas keju yang satu ini. Karena berasal dari Italia maka keju ini dijadikan campuran oleh orang sana dengan pasta yaitu makanan khas Negara Italia.

  • Brie

Keju yang satu ini bisa dibilang merupakan teman dari keju camembert karena sama-sama berasal dari Negara Prancis. Namun yang membuatnya berbeda ialah warna nya yang putih dan mudah meleleh serta mempunyai bau yang cukup tajam. Banyak orang menjadikan keju ini menjadi campuran salad.

  • Edam

Keju yang satu ini di produksi di Negara kincir angin yaitu Belanda dan menjadi keju popular yang ada disana. Hanya mengandung 40 % lemak dan bagian kulit luar dari keju ini dilapisi semacam lapisan lilin berwarna kemerahan. Orang Belanda menjadi keju yang satu ini untuk membuat cookies atau kue kering.

  • Parmesan

Negara asal keju ini ialah Italia. Dengan ciri khas nya yang keras, keju ini hanya bagus dijadikan keju parut. Pembuatan keju ini sangat lama, cukup memakan waktu sampai bertahun-tahun sehingga membuat keju ini memiliki bau yang tajam dan lemak 65 % .

  • Cheddar

Bisa dibilang keju ini sangat digemari di seluruh dunia. Mempunyai Negara asal dari Inggris keju ini dapat diolah dengan makanan apa saja. Lemak yang terkandung hanya 48 % dengan waktu pembuatan lebih kurang 1 tahun.

  • Emmenthal

Sama hal nya dengan keju cheddar, keju ini juga termasuk keju yang sangat digemari di dunia. Keju yang berasal dari Negara swiss ini mempunyai bentuk atau tipe yang cukup unik karena body nya yang berlubang. Lubang-lubang itu terjadi karena terjadi hasil fregmentasi.

Meskipun banyak jenis namun umumnya keju mempunyai manfaat yang sama. Manfaat dari keju antara lainnya :

  • Manfaat dari keju yang pertama yaitu adanya vitamin A

Seperti yang telah diketahui vitamin A sangat bagus untuk mata dan dapt menjaga kesehatan mata.

  • Mencegah atau mengurangi diabetes

Meskipun manfaat dari keju yang satu ini agak diragukan namun tetap diyakini keju dapat mengurangi diabetes dan itu pun tergantung dari bahan pembuatannya.

  • Baik untuk tulang

Seperti yang sudah dijelasi diawal, keju sangat bagus untuk pertumbuhan tulang. Ini karena kalsium yang terkandung didalamnya.

  • Rendah kalori

Meskipun hamper semua tipe keju memiliki lemak namun keju sangat bagus untuk orang yang sedang ber diet. Ini karena kalori dalam keju yang cukup rendah.

  • Manfaat dari keju yang berikutnya ialah banyak mineral.

Manfaat dari mineral ialah untuk menjaga gigi kita. Oleh karena itu bila kita mengkonsumsi keju tidak usah takut gigi rusak namun justru menjaganya.

Sebenar nya keju sangat banyak mengandung manfaat. Jadi kita tidak usah takut lagi mengkonsumsi keju karena manfaat dari keju itu sendiri sangat diperlukan oleh tubuh.

Category: Hewani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *