Manfaat Buah Markisa


Manfaat Buah Markisa
Buah yang memiliki rasa yang manis dan sering di jadikan sirup ini, merupakan buah yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Mungkin sebagian dari anda juga menyukai buah ini. Buah ini rasanya manis dan menyegarkan, apalagi pada saat musim panas.
Buah yang berbiji banyak ini memang buah yang lezat, namun tahukah anda manfaat buah markisa ini ? Banyak sekali manfaat dari buah ini.
Penasaran ? Mari kita bahas buah ini secara terperinci, sehingga selain anda mendapatkan rasa manis dan menyegarkan dari buah ini, anda juga bisa mendapatkan manfaatnya.
1.      Mengenal buah markisa
Sebelum kita beralih pada manfaat buah markisa, sebaiknya kita kenali dulu buah yang satu ini dengan lebih terperinci.
Buah markisa tergolong dalam tanaman genus Passiflora dan berasal dari daerah tropis dan subtropics di Amerika.
Buah ini sudah tersebar ke berbagai penjuru dunia dengan berbagai nama yang berbeda. Di Portugis, buah ini dikenal dengan nama maracuja, di Spanyol buah ini dikenal dengan nama maracuya, sementara di Inggris buah ini disebut passion fruit, orang Amerika menyebut buah ini sebagai granadilla, dan masih banyak lagi sebutan untuk buah markisa.
Sementara di Indonesia, terdapat dua jenis markisa, yaitu markisa ungu yang pada umumnya tumbuh di dataran tinggi dan markisa kuning yang tumbuh di dataran rendah. Daerah yang menjadi penghasil utama buah ini di Indonesia adalah Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.
Selain itu, ada juga jenis markisa yang tumbuh di Sumatera Barat yang dikenal sebagai markisa manis.
Inilah uraian singkat mengenai buah markisa. Sekarang, marilah kita menuju manfaat buah markisa.
2.      Manfaat buah markisa
Banyak sekali manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh kita. Sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. Manfaat buah markisa, diantaranya :
-          Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Florida, hasilnya menunjukkan ekstrak buah markisa kuning banyak mengandung fitokimia yang mampu membunuh sel kanker dalam tubuh.
-          Bagi anda yang menderita insomnia atau sulit tidur, dari pada anda mengandalkan obat-obatan kimia, sebaiknya anda mengandalkan buah markisa. Sebab, buah ini mengandung vitamin B yang dapat menenangkan dan kandungan potasiumnya yang dapat membantu merilekskan saraf. Manfaat yang satu ini sudah teruji secara klinis, bahkan orang-orang Amerika selatan secara tradisional memanfaatkan buah ini untuk membantu mereka tidur dan konon buah ini juga dapat membuat seseorang mimpi indah.
-          Buah markisa merupakan buah super yang mampu menyaring, memisahkan, dan membuang racun dari dalam tubuh.
-          Bagi anda yang ingin selalu tampil cantik, sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini, karena buah ini dapat menyegarkan kulit dan merangsang pertumbuhan sel muda pada kulit wajah.
-          Buah markisa sering kali dimanfaatkan oleh orang-orang untuk membuat es krim, serbat, nentar, sari buah, konsentrat, squash, selai, jeli, dan yang paling sering adalah sirup.
-          Khasiat lain dari buah markisa adalah mampu menyembuhkan gejala alergi yang kronis.
-          Selain itu, buah ini juga mampu memulihkan kondisi pasien yang terkena penyakit liver dan ginjal.
-          Kandungan vitamin C dalam buah ini juga mampu memicu sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih optimal dalam tubuh.
-          Serat dalam buah markisa sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan sering dijadikan sebagai obat pencahar ringan oleh beberapa orang.
-          Bagi penderita asma, buah ini dapat anda gunakan sebagai penenang pada saat serangan asma terjadi. Selain itu, buah ini juga dapat mencegah aslam karena kandungan vitamin C di dalam buah ini memiliki efek yang akan memblokir histamine yang menyebabkan gejala asma.
-          Bagi anda yang sedang berdiet, anda boleh mengonsumsi buah ini, karena buah ini hanya mengandung sedikit kalori, yaitu 97 kalori per 100 g.
-          Buah markisa mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik, sehingga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh.
Banyak sekali bukan manfaat buah markisa ini ? Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Leave a Reply