apotik online terpercaya

Manfaat Buah Jambu Air

| August 1, 2012 | 0 Comments

Manfaat Buah Jambu Air

Jambu air adalah tanaman yang termasuk suku jambu-jambuan dan berasal dari Asia tenggara. Selama ini, buah ini masih sering dijadikan sebagai tanaman hias di pekarangan atau untuk konsumsi keluarga.

Sebenarnya, buah yang manis ini termasuk dalam kategori buah yang potensial dan belum banyak disentuh pembudidayaannya untuk tujuan komersial. Buah ini juga cepat busuk, sebab buah ini tidak memiliki kulit, oleh karena itu jika buah ini mengalami kerusakan fisik sedikit saja, maka buahnya akan cepat mengalami pembusukkan.

Jambu ini cukup populer,baik di dalam maupun di luar negeri. Orang Malaysia menyebut jambu ini sebagai jambu ayer mawar, di Thailand buah ini lebih dikenal dengan sebutan machom pupa, di Filipina buah ini disebut tambis, dan di Inggris buah ini dipanggil water apple.

Selain dari rasa buahnya yang manis dan meyegarkan, manfaat buah jambu air juga sangat banyak, baik di bidang kesehatan maupun kecantikan.

Penasaran dengan manfaat buah jambu air ? Simaklah yang berikut ini.

  1. 1.      Kandungan dan manfaat jambu air

Banyak sekali kandungan vitamin baik mineral yang terkandung dalam jambu air, diantaranya :

  1. a.      Air

Dari namanya jambu air, buah ini memang memiliki kandungan air yang tinggi. Jika dilihat dari segi medis, tubuh manusia 90% tersusun oleh air. Oleh karena itu, air sangat penting bagi tubuh kita.

Kekurangan air bisa mengganggu kerja ginjal, sehingga kotoran tubuh tidak bisa keluar secara lancar, bahkan parahnya bisa terbentuk batu ginjal.

Jadi, sangat dianjurkan bagi anda untuk mengonsumsi jambu air secara rutin, karena jambu air bisa memenuhi kebutuhan air bagi tubuh. Kandungan airnya bisa mencapai 93 gram per 100 gram. Setelah anda mengonsumsi jambu air, maka tubuh anda akan kembali segar.

  1. b.      Vitamin A

Buah jambu air ini mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Seperti yang kita ketahui, sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain untuk menjaga kesehatan mata, vitamin A ini juga penting untuk meningkatkan imunitas tubuh dan memaksimalkan fungsi sel darah putih sebagai antibody dan antivirus.

  1. c.       Vitamin C

Jambu air mengandung vitamin C yang sangat melimpah, dalam 100 gr jambu air terdapat vitamin C yang hampir sama dengan jeruk mandarin yaitu sekitar 22 mg per 100 gram buah.

Vitamin C ini berguna dalam mempercantik kulit, di samping sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan sel, meningkatkan penyerapan meningkatnya penyerapan asupan zat besi dan memperbaiki mutu sperma dengan cara menangkan radikal bebas yang merusak pembungkus sperma.

Di samping itu, vitamin C juga bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan pembuluh kapiler dalam tubuh. Vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi sekaligus mencegah terjadinya sariawan.

  1. d.      Serat

Kandungan serat dalam jambu bisa digunakan untuk menetralisir perasaan tertekan atau depresi, serta mengurangi efek samping stress seperti kisut di bawah kelopak mata. Kadar seratnya yang tinggi juga mampu membantu kerja organ pencernaan, dan berfungsi sebagai pencegah kanker usus.

  1. 2.      Manfaat lain

Adapun manfaat lain dari jambu air, diantaranya :

-          Buah ini juga sering dimanfaatkan untuk melancarkan buang air kecil dan besar.

-          Sebagian penduduk di Kalimantan masih menggunakan buah ini untuk mengobati bengkak ringan di kaki atau di tangan dengan cara mengompreskan irisan jambu air pada bagian yang sakit.

-          Kayu pada jambu air juga bagus dijadikan sebagai bahan bangunan, asalkan tidak kena tanah. Selain itu kayunya juga sering digunakan sebagai kayu bakar.

-          Daun pada pohon jambu air ini juga sering digunakan sebagai pembungkus tape ketan.

-          Kandungan mineral dalam jambu air juga sangat banyak, seperti sulfuric, asam sitrat, protein, mangan, zat besi, magnesium, tembaga, kalsium, kalium, seng, dan fosfor. Sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.

Banyak sekali bukan manfaat buah jambu air itu ? Selain itu, rasanya juga manis dan menyegarkan. Selamat mencoba dan semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Category: Buah-Buahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *