apotik online terpercaya

MANFAAT BELUT

| October 20, 2012 | 0 Comments

http://zonaikankita.blogspot.com/2012/09/belut.htmlKita biasanya mengenal ikan belut adalah ikan yang hidup di tanah berlumpur seperti daerah rawa-rawa dan tubuh nya sangatlah licin. Namun ikan yang satu ini ternyata mempunyai sejuta akan manfaat.

Belut atau monopterus indicus sebenar ikan yang tergolong dalam suku Synbranchidae, dan hidup hamper disemua daerah tropis. Ikan ini mempunyai tubuh yang licin dan juga lentur pada umumnya, ini dikarena belut tidak mempunyai tulang rusuk. Ikan belut dapat juga hidup di daerah darat karena belut mempunyai bukaan insang. Kalau pun di air, belut hanya hidup di air tawar. Ikan belut dikenal ikan yang tidak berisik dan sangat jarang berenang, mereka hanya akan bersembunyi di dalam lumpur. Santapan dari ikan ini biasanya adalah serangga, kodok, dan juga ikan kecil lainnya.

Belut dikenal juga sebagai ikan hermaprodit yaitu mempunyai 2 alat kelamin. Mata belut mempunyai fungsi yang sangat tidak baik terutama pada malam hari. Kandungan gizi pada ikan belut sangat lah banyak meskipun dikenal ikan menjijikan. Selain itu dagingnya juga sangat enak untuk dimakan. Adapun kandungan gizi belut sebagai berikut :

  1. Belut mempunyai kandungan protein yang sangat tinggi. Bila dibandingkan dengan daging atau telur maka kandungan protein pada belut jauh lebih tinggi. Keistimewaan protein pada belut ini ialah sangat mudah dicerna oleh tubuh sehingga juga bagus untuk anak-anak.
  2. Belut juga mengandung asam esensial dan asam nonesensial. Kandungan ke dua asam ini pada belut dapat meninggikan nutrisi yang sangat bagus untuk tubuh dan jug adapt membuat nitrogen tetap stabil atau seimbang.
  3. Belut mengandung glutamate yang memberikan rasa gurih pada belut ketika sudah dimasak. Ini tentu akan membantu pada saat proses pemasakan karena belut sudah mempunyai rasa penyedap sendiri.
  4. Belut mempunyai kandungan arigin yang dapat meningkatkan hormone pada manusia. Bagi perempuan terutama kandungan arigin ini dapat mencegah terjadinya kanker pada payudara.
  5. Kandungan pada belut lainnya ialah zat fosfor yang sangat bagus untuk tulang, adajuga zat besi yang berfungsi melancarkan darah oksigen pada tubuh dengan demikian tubuh akan terhindar dari rasa lemas atau lelah, belut juga mempunyai vitamin A yang berfungsi sebagai penglihatan, mengandung vitamin B juga yang berfungsi sebagai peningkatan hormone serta menambah protein tubuh dan sel darah merah.

Meskipun mempunyai kandungan yang cukup banyak namun ada juga yang harus di waspadain dari ikan belut ini yaitu kandungan lemaknya. Kandungan lemak pada belut sangat lah tinggi. Bila dibandingkan dengan daging atau telur kandungan lemak belut jauh tinggi dan juga bahkan tertinggi dari pada jenis ikan lainnya. Sehingga itu orang yang berkolesterol harus berhati-hati.

Walaupun kandungan lemak tinggi, kita tidak perlu takut sebab belut akan menghasilkan vitamin A,D,E,K dimana vitamin tersebut akan larut dalam lemak belut. Belut juga kaya akan vitamin D nya yang tinggi. Adapun cara menghilang lemak belut pada saat akan dimasak ialah dengan cara dipanggang diatas api yang panas. Ini memungkin akan membuat lemak pada belut akan cair.

Setelah mengetahui kandungan gizi belut maka kita akan mengetahui manfaat belut bagi manusia umumnya. Manfaat belut di deteksi ternyata sangt lah banyak. Adapun manfaat belut ialah :

  • ┬áSebagai obat untuk mencegah berbagai penyakit.

Dengan kandungan gizi pada belut ini akan memungkin kan belut dapat melindungi tubuh manusia dari berbagai ancaman penyakit seperti kanker, anemia, dan lain sebagainya.

  • Daging belut dapat memperkuat tulang dan gigi

Dengan kandungan kalsium dan fosfor yang ada, ini dapat membantu menjaga tulang kita serta gigi juga.

  • Bagi pria manfaat belut ialah menambah vitalitas dan energy.

Belut dikenal dapat meningkatkan hormone sehingga sering di manfaat pria untuk menambah vitalitas dan juga sumber energy.

  • Bagi wanita, belut dapt dijadikan sebagai bahan kosmetik.

Kandungan berbagai gizi davitamin memungkin kan belut dapat membuat kulit jadi indah dan halus. Selain itu minyak pada belut di yakini dapt membuat kulit jadi kencang.

  • Belut juga dapat menyuburkan ASI pada ibu yang habis melahirkan.

Manfaat belut sebenarnya sangat banyak tergantung bagaimana kita mengolah nya saja. Dan satu lagi tidak semua makanan yang jijik tu tak selalu sehat.

Category: Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *