Makanan Favorit Anak Usia 1 Tahun



Makanan Favorit Anak Usia 1 Tahun

Setelah anda mengalami perjalanan yang panjang dalam mengasuh anak anda, akhirnya anak anda menginjak usia 1 tahun. Sebenarnya, mengurus bayi pada usia 0-10 bulan tidaklah sulit. Justru sebagian besar ibu-ibu berpendapat bahwa anak pada usia 1 tahun cenderung lebih sulit diatur.

Pada umur ini, biasanya anak anda akan menjadi sangat pemilih dan susah untuk makan. Karena itu, penting bagi anda untuk mengetahui makanan favorit anak usia 1 tahun ini, selain itu pelajari juga cara mengolahnya.

Mungkin anda berpikir bahwa jika anda menuruti kemauan anak anda, anda akan terkesan seperti memanjakannya. Sebenarnya, pemikiran seperti itu tidak sepenuhnya benar. Pada usia ini, anak anda memerlukan asupan gizi yang cukup besar yang memungkinkan dirinya untuk tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika anda mencoba menuruti kemauan buah hati anda. Tetapi, bukan berarti anda harus memberikan makanan apa saja yang ia minta. Anda juga perlu memperhatikan jenis makanannya. Sebaiknya, anda pilih makanan yang sehat dan berguna bagi tubuhnya.

Nah, ingin tahu apa saja makanan favorit anak usia 1 tahun itu ? simaklah beberapa contohnya di bawah ini.

1. Kentang

Pada umumnya, anak usia 1 tahun ini senang makan kentang, tetapi dengan cara yang dihaluskan. Ada juga anak yang sudah mempunyai gigi, maka tak ada salahnya jika anda memberikannya kentang utuh.

Agar tidak membuat si anak jenuh, anda dapat mengukus kentang dengan parutan keju diatasnya hingga meleleh atau setelah dikukus, and adapt menghaluskan kentang sampai lembut dan menyiramnya dengan kuah opor ayam yang dagingnya telah disuwir-suwir dan telah ditambahkan buncis dan wortel. Selain bervitamin dan kaya akan karbohidrat, makanan ini juga bisa dijadikan cemilan sorenya. Anda juga bisa menggorengnya untuk dijadikan perkedel kentang.

2. Bakso

Makanan olahan yang satu ini adalah makanan favorit semua anak. Anda boleh saja menyajikan bakso, tetapi pastikan bakso tersebut mengandung protein dan vitamin didalamnya.

Untuk memastikan hal itu, anda dapat mencampurkan bakso yang sudah dihaluskan dengan wortel.

3. Telur

Siapa sih yang tidak tahu telur itu ? Makanan yang satu ini amatlah populer di berbagai lapisan usia. Dari yang muda sampai yang tua, pasti pernah makan telur. Maka, tidak heran jika telur termasuk makanan favorit anak usia 1 tahun.

Tetapi, jika dikonsumsi secara terus menerus, lama kelamaan akan menimbulkan rasa jenuh bahkan muak pada produk ayam yang satu ini. Oleh karena itu, ada baiknya anda menambahkan telur dengan resep-resep lain.

Anda dapat mencoba mencapurkan telur dengan mayonnaise atau mentega. Selain itu, anda bisa membuat telur orak arik yang dicampur dengan wortel atau seledri. Banyak sekali resep yang bisa dikombinasikan dengan telur ini.

Telur juga sangat baik bagi anak usia 1 tahun. Karena pada masa ini ia membutuhkan banyak zat protein agar dapat bertumbuh besar dan sehat. Oleh karena itu, sebaiknya anda mengolah telur ini sekreatif mungkin agar anak anda tidak bosan.

4. Mie

Makanan yang satu ini memang enak rasanya, maka tak heran jika anak usia 1 tahun menyebutkan mie sebagai makanan favoritnya. Akan tetapi, jika dilihat dari segi kesehatan, mie termasuk salah satu makanan yang harus diwaspadai.

Menurut para ahli dan pakar gizi, mie mengandung banyak bahan kimia tambahan yang cukup berbahaya bagi tubuh. Tapi, jangan khawatir, anda tetap bisa menyajikan mie kepada buah hati anda.

Anda cukup membuat sendiri dan menghilangkan unsur berbahaya dalam mie. Caranya, ganti larutan air untuk membuat tepung dengan larutan jus sayur, misalnya sawi, wortel atau sayuran lain yang memiliki kandungan gizi yang tinggi. Setelah itu, campurkan pada tepung olahan dan anda tinggal mencetaknya menjadi bentuk mie.

5. Sosis

Sosis merupakan makanan berpengawet yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tetapi, sosis merupakan makanan favorit anak usia 1 tahun. Untuk itu, anda dapat mengakalinya dengan membuat sendiri sosis tersebut.

Anda dapat menggunakan daging ikan atau daging ayam yang dihaluskan dan dikombinasikan dengan berbagai macam sayur. Seletah itu, bentuklah seperti sosis dan dikukus.

Sebenarnya, anda tidak perlu khawatir dengan menu makanan favorit anak anda. Asalkan anda pandai mengolahnya, maka dapat dipastikan anak anda tidak akan kekurangan gizi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.



Leave a Reply