Macam-macam Peralatan Salon Kecantikan



Macam-macam peralatan salon kecantikan sangatlah beragam jenisnya dan masing-masing tentunya memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Namun, kebanyakan dari kita sering ke salon tapi tidak mengetahui manfaat dari semua peralatan ini dengan baik.

Pada umumnya, tujuan dari semua macam-macam peralatan salon kecantikan itu adalah mempercantik pelanggannya. Jadi, tidak ada salahnya bila kita mengetahui segala manfaat dari macam-macam peralatan salon kecantikan untuk menambah pengetahuan kita.

Dengan mengetahui berbagai fungsi dari macam-macam peralatan salon kecantikan, kita juga bisa mnegontrol apa-apa saja yang dilakukan oleh petugas salon kecantikan itu kepada kita. Jadilah wanita yang pintar.

Jadi, untuk mengenal lebih jelas mengenai macam-macam peralatan salon kecantikan yang biasanya ada di salon, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. Alat-alat untuk rambut

Ada banyak sekali peralatan yang digunakan guna untuk mempercantik rambut anda, di antaranya adalah ;

  1. Catokan rambut

Salah satu peralatan salon yang digunakan untuk merawat rambut adalah catokan rambut. Alat ini berfungsi untuk menata dan memperindah bentuk rambut yang anda miliki. Ada dua macam catokan rambut, yaitu catokan lurus dan spiral.

Catokan lurus biasanya digunakan untuk memperlurus rambut yang anda miliki dalam beberapa menit saja dan catokan spiral berfungsi untuk membuat rambut anda menjadi bergelombang atau curly.

  1. Hair dryer

Kebanyakan dari kita tentu mengetahui alat yang satu ini dengan baik. Alat ini biasanya digunakan untuk mengeringkan rambut dengan cepat. Selain itu, alat ini juga bisa mmebantu kita dalam menata rambut kita agar semakin rapi.

  1. Misteamer

Alat ini juga digunakan untuk mempercantik rambut. Misteamer adalah sebuah mesin steam rambut yang memiliki kemampuan untuk mengeluarkan uap panas dan dingin yang mengandung hantaran ion dan ozone.

Oleh karena itu, alat ini juga mampu memperbaiki sel-sel rambut yang telah rusak serta meningkatkan efek penyerapan vitamin atau kandungan dalam masker atau krim rambut (creambath).

Biasanya ketika anda mengunjungi salon, anda akan melihat sebuah kursi dengan bulatan di atasnya, maka perlu anda ketahui bahwa itu adalah misteamer. Untuk menggunakan alat ini, biasanya kepala anda akan dimasukkan ke dalam bulatan tersebut dalam beberapa waktu.

  1. Handuk

Kita semua tentu tahu dengan benda yang satu ini. Handuk biasanya digunakan untuk mengeringkan rambut setelah menjalani proses keramas.

  1. Towel steamer

Alat ini biasanya digunakan untuk menghangatkan handuk dan membersihkan handuk yang telah digunakan. Alat ini biasanya berbentuk seperti oven.

  1. Alat-alat untuk wajah

Pada umumnya, salon kecantikan sudah banyak menyediakan alat-alat untuk menjaga kecantikan wajah pelanggannya, berikut di antaranya adalah :

  1. Vapozone

Alat yang satu ini berfungsi untuk mengeluarkan uap yang mengandung bakteri. Alat ini membutuhkan tenaga listrik untuk perawatan facial wajah. Bentuknya hampir sama dengan steamer rambut, namun tidak memiliki bulatan di atasnya.

  1. Galvanic

Merupakan salah satu alat perawatan wajah yang memerlukan arus yang disebut dengan arus galvanic yang berfungsi sebagai ionisasi. Alat ini juga termasuk alat yang multi fungsi, karena juga bisa membuang racun dalam kulit atau memberikan nutrisi pada kulit. Alat ini biasanya berbentuk seperti alat cukur kumis pada pria.

  1. Mobile skin treatment

Alat ini terdiri dari berbagai peralatan yang dijadikan menjadi satu. Pada umumnya, alat ini digunakan untuk mengurangi kerutan pada wajah, mengatasi jerawat yang sudah parah, dan lainnya.

  1. Radio frequency facelift

Alat yang satu ini biasanya digunakan untuk mengencangkan kulit, sehingga anda akan tampak lebih awet muda. Alat ini bekerja tanpa memberikan atau menaburkan apa-apa ke kulit anda, sehingga penggunaan alat ini sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek samping.

  1. Frimator

Salah satu dari macam-macam peralatan salon kecantikan untuk wajah adalah frimator. Alay ini biasanya digunakan untuk perawatan deep cleansing yang menggunakan energi listrik atau baterai yang kemudian akan menimbulkan gerakan yang bersifat mekanik berupa rotasi ringan pada kulit wajah anda.

Inilah uraian singkat mengenai macam-macam peralatan salon kecantikan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Leave a Reply