apotik online terpercaya

Macam Macam Peralatan Dapur Tradisional

| December 17, 2012 | 0 Comments

            Seiring majunya teknologi segala macambarang elektronik diperjual belikan dipasaran. Tujuan diciptakan segala macam peralatan elektronikadalah membantu manusia untuk berkerja lebih mudah atau lebih cepat. Dimana sekarang banyak ditemukan peralatan elektronik disegala bidang seperti di dapur, banyak sekali peralatan dapur yang diciptakan guna menciptakan keefisiensian dalam memasak namun tahukah anda bahwa tak sedikit orang yang tidak mau memakai peralatan elektronik, masih ada juga para orang orang yang tetap suka dengan macam macam peralatan dapur tradisional sebab berbagai macam alasan seperti,  tidak mau atau tidak bisa untuk menggunakan, ada rasa berbeda jika menggunakan peralatan elektronik, dan berbagai alas an lainnya. Perlu kita ketahui mengenai macam macam peralatan dapur tradisional.

            Seperti hal nya tadi berkembangnya zaman membuat semua hal juga ikut berkembang, termasuk dalam hal hal rumah tanngga seperti peralatan dapur yang biasa  digunakan oleh para wanita dan ibu – ibu. Hal ini menyebabkan peralatan dapur tradisional yang biasa digunakan akan mulai ditinggalkan oleh penggunanya, yakni para wanita dan ibu-ibu. Peralatan rumah tangga yang modern lebih banyak dipilih oleh ibu – ibu rumah tangga karena lebih memudahkan dimana cara pemakaiannya sangat praktis dimana jika sang ibu memakai peralatan dapurcanggih maka selain dapur maka ibu juga memiliki charisma  yang hebat pula sebab peralatan tradisional  tersebut mempunyai bentuk yang lebih elegant dan terlihat lebih mewah. Namun di sisi lainnya penggunaan peralatan dapur tradisional masih memiliki kelebihan yang lain lain yang lebih baik dari peralatan modern yaitu yang paling dapat kita rasakan adalah macam macam peralatan dapur tradisional dapat memberikan cita rasa atau rasa tersendiri yang sangat khas dalam segi masakan yaitu penambah kelezatan makanan yang kita buat. Dimana cita rasa khusus ini tidak bisa kita temui pada peralatan dapur yang modern. Selain itu, macam macam peralatan dapur tradisional tidak terkontaminasi atau tercemar oleh bahan zat kimia yang berbahaya seperti plastik dan berbagai macam bahan lainnya seperti peralatan modern dimana pada dasarnya peralatan dapur modern terbuat dari campuran bahan kimia. Diman bahan pembuat macam macam peralatan dapur tradisional al inilah yang membuat citarasa masakan menjadi lebih sedap dan enak di lidah.

Banyak yang tidak mengetahui mengenai peralatan tradisional, namun ada baiknya jika kita mengetahui tentang macam macam peralatan dapur tradisional agar kita bisa juga untuk menggunakannya jika anda ingin tahu ciitarasa yang akan didapatkan:

  • Anglo

Anglo adalah semacam tungku yang dimana tungku ini terbuat dari tanah liat. Anglo ini termasuk macam macam peralatan dapur tradisional sebab anglo ini biasanya digunakan dalam memasak dengan menggunakan bahan bakar arang atau batu bara. Selain itu memaasak dengan anglo ini dapat juga menggunakan blothonk (ampas tebu) yang sudah dikeringkan.

  • Kendil

Kendil ini semacam panci dimana salah satu dari macam macam peralatan dapur tradisional ini digunakan untuk memasak dan menanak nasi. Kendil ini terbuat dari campuran besi dan aluminium, memiliki ketebalan antara dua hingga empat milimeter. Dimana panci memiliki dasarnya datar dimana kendil ini memilliki bentuk dasar yang berbentuk bulat. Cara memasak nasi menggunakan kendil sama seperti cara memasak nasi dengan menggunakan rice cooker  pada umumnya, namun agar tidak gosong dan berkarak  maka  jika air sudah mulai berkurang, maka nasi harus diaduk hingga matang.

  • Tampah

Tampah merupakan suatu peralatan dapur tradisional yang membentuk lingkaran besar dengan pembatas di bagian pinggir. Tampah ini terbuat dari bambu yang dibelah tipis dan dianyam sedemikian rupa macam macam peralatan dapur tradisional yang melalui teknik pengayaman. Peralatan ini digunakan untuk membersihkan beras atau kacang – kacangan dari kulit, kotoran atau apapun yang terdapat pada benda atau bahan makanan tersebut.

  • Wajan cekung

Wajan ini terbuat dari tanah liat yang dibakar, akan tampak seperti parabola yang memiliki  ukuran diameter antara 16 hingga 30 sentimeter tergantung pada kebutuhannya masing masing. Alat ini biasa digunakan untuk menggoreng sesuatu fungsinya seperti wajan pada umumnya, namun penggunaan wajan ini tidak menggunakan minyak diimana dilakukan dalam  penggorengan secara sangrai

Category: Artikel Umum

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *