apotik online terpercaya

Macam-macam Penyakit Pada Telinga

| November 13, 2012 | 0 Comments

Telinga merupakan salah satu dari panca indera kita yang sangat penting. Dengan adanya telinga, kita bisa mendegar berbagai suara yang indah dan dapat berkomunikasi dengan banyak orang. Tanpa adanya telinga, maka hidup kita akan menjadi sangat suram seperti hidup di dunia tanpa suara.

Namun, sebenarnya fungsi telinga tidak hanya sebatas sebagai alat pendengaran saja. Telinga juga berperan penting dalam mengatur posisi dan keseimbangan tubuh. Telinga kita terbagi dalam bagian luar, tengah, dan dalam.

Telinga bagian luar adalah daun telinga yang berfungsi sebagai pelindung dari saluran auditor. Saluran ini dilengkapi dengan rambut dan kelenjar keringat yang berfungsi untuk mengeluarkan lilin untuk menangkap partikel asing.

Untuk telinga bagian tengah, biasanya mengandung tiga tulang terkecil di tubuh kita, yaitu palu suara, sanggurdi dan anvil. Ketiga organ ini menghubungkan gendang telinga dengan telinga bagian dalam yang mempunyai cochlea, alat pendegar.

Getaran gendang telinga akan diubah menjadi impuls saraf yang bisa ditangkap oleh otak dan diubah ke dalam bentuk suara. Otak menerima informasi dari bagian telinga dalam yang disebut labyrin untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Kemudian labyrin akan mengirim informasi gerakan tubuh ke otak dan digabungkan dengan berbagai informasi dari mata, kaki, tangan, dan otot untuk menentukan posisi yang tepat agar badam tetap seimbang.

Oleh karena itu, apabila telinga mengalami gangguan, maka akan mempengaruhi sistem pendegaran kita dan keseimbangan tubuh.Nah, penting sekali bukan organ telinga itu ? Namun, ternyata organ ini juga tidak terlepas dari ancaman penyakit.

Mungkin kebanyakan dari kita masih berpikir bahwa penyakit pada telinga tentunya adalah mengalami tuli. Namun, sebenarnya ada macam-macam penyakit pada telinga itu. Untuk lebih jelas tentan macam-macam penyakit pada telinga, simaklah yang berikut ini.

1.      Sakit telinga 

Penyakit ini cukup beragam, bisa terasa berdenyut secara samar-samar sampai rasa menusuk yang sangat ngilu. Sebenarnya, sakit telinga bisa disebabkan oleh berbagai hal, yaitu :

-          Infeksi pada saluran telinga bagian luar

-          Infeksi akut pada bagian telinga tengah

-          Terjadi peradangan atau inflamasi telinga bagian dalam akibat infeksi viral

-          Bisa juga karena hilangnya keseimbangan tekanan udara bagian tengah dan luar telinga. Hal ini biasanya terjadi pada saat anda mengalami demam atau flu.

-          Penyumbatan oleh kotoran telinga

Biasanya semua keluhan terhadap sakit telinga bisa dihilangkan dengan meminum aspirin cair atau parasetamol dengan dosis yang sesuai dengan anjuran dokter. Selain itu, anda juga bisa meletakkan sebotol air hangat pada telinga untuk meredakan rasa sakit.

 2.      Telinga berdenging

Salah satu dari macam-macam penyakit pada telinga adalah telinga berdenging. Tentunya kita semua pernah merasakan telingapenyebab terjadinya telinga berdenging ini.

-          Biasanya gangguan ini terjadi karena hilangnya keseimbangan tekanan udara antara bagian tengah dan luar telinga. Hal ini terjadi pada saat demam atau flu.

-          Ada beberapa jenis obat yang dapat menyebabkan efek samping berupa bunyi-bunyian yang muncul pada telinga.

-          Bisa juga terjadi karena kemasukkan serangga atau air yang menyebabkan telinga menjadi berdenging.

 3.      Penyakit meniere

Penyakit ini terjadi karena terjadinya penyimpangan akibat meningkatnya jumlah cairan di dalam labyrin telinga. Penyakit ini biasanya dialami oleh orang setengah baya. Apabila hal ini terjadi, sebaiknya anda memeriksakan diri ke rumah sakit sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan.

 4.      Othematoma

Salah satu dari macam-macam penyakit pada telinga adalah othematoma atau yang lebih dikenal dengan sebutan telinga bunga kol. Penyakit ini adalah suatu kondisi dimana terjadi gangguan pada tulang rawan telinga yang dibarengi oleh pendarahan internal serta pertumbuhan jaringan telinga yang berlebihan.

Hal ini yang menyebabkan telinga tampak seperti bunga kol. Biasanya penyakit ini disebabkan oleh hilangnya aurikel dan kanal auditori sejak lahir, atau yang biasanya disebut dengan encharta ensiklopedi.

Oleh sebab itu, jagalah kesehatan telinga anda. Inilah uraian singkat mengenai macam-macam penyakit pada telinga. Semoga artikel ini dapat bermanfaat sebagaimana mestinya.

Category: Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *