Macam-macam Penyakit Pada Lidah


Lidah merupakan salah satu panca indera yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk merasakan rasa dari sebuah makanan atau minuman, organ lidah sangat berperan penting dalam hal ini. Tanpa adanya lidah, maka semua makanan atau minuman yang masuk ke dalam tubuh kita akan terasa hambar dan tidak berasa.

Apalagi sekarang ini sudah banyak jenis lapangan pekerjaan yang mementingkan organ lidah ini, misalnya sebagai juru masak, atau kritikus makanan, bahkan di Negara maju seperti Prancis, ada sebuah lapangan pekerjaan yang sangat mementingkan organ perasa ini, yaitu pencicip anggur atau yang biasanya disebut sebagai sommelier.

Selain itu, bagi kita orang awan tentu lidah juga sangat penting. Jika muncul benjolan kecil saja pada lidah, maka kita akan sangat terganggu dalam menyantap makanan kita. Makanan seenak apapun yang masuk akan terasa tidak enak karena gangguan ini.

Mungkin penyakit pada lidah ini belum banyak ditanggapi oleh orang-orang secara benar dan serius, karena biasanya sakit pada lidah ini akan hilang dalam beberapa hari dan tidak membutuhkan pengobatan yang intensif.

Namun, bukan berarti anda boleh menyepelekan macam-macam penyakit pada lidah ini. Penyakit pada lidah tentunya akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan dan anda akan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi, apalagi bila pekerjaan anda kesehariannya menuntut anda untuk bicara.

Selain itu, pada umumnya bila terjadi penyakit pada lidah, maka bau nafas kita akan menjadi tidak sedap, sehingga orang-orang akan merasa tidak nyaman dalam berkomunikasi dengan kita, baik secara anda sadari maupun tidak anda sadari.

Lidah biasanya kita gunakan sebagai alat untuk mengecap makanan dan apabila terjadi gangguan tentunya selera makan kita juga akan menurun. Untuk mencegah penyakit yang menimpa lidah, sebenarnya anda hanya perlu menjaga kebersihannya setiap saat.

Untuk lebih jelas dalam mengenal macam-macam penyakit pada lidah ini, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Kanker lidah

Salah satu macam-macam penyakit pada lidah adalah kankre lidah. Mendengar istilah kanker saja tentunya anda tahu bahwa penyakit ini sangat berbahaya. Kanker lidah merupakan suatu neoplasma (pertumbuhan jaringan baru yang tidak normal) malignat yang muncul dari jaringan epitel mukosa lidah.

Pada umumnya, penyakit ini sering terjadi pada perokok aktif, karena adanya kandungan tembakau dan alcohol dalam rokok. Namun, ada juga beberapa hal yang bisa memicu penyakit ini, misalnya jarang menjaga kebersihan lidah, pemakaian gigi palsu yang tidak sesuai, serta radang kronis.

 2.      Sariawan

Sariawan memang biasanya timbul pada bagian gusi, namun pada beberapa kasus ada juga sariawan yang muncul pada permukaan lidah. Sariawan biasanya terjadi karena adanya infeksi jamur candida albicans pada membran berlendir mulut.

Sariawan biasanya muncul dan ditandai dengan adanya luka yang berupa kumpulan lapisan berwarna putih pada dinding mulut dan kemudian disertai radang berwarna merah yang akan membesar dan menimbulkan rasa perih pada mulut.

Meskipun merupakan penyakit yang sederhana, namun sebenarnya timbulnya sariawan pada mulut ini bisa sangat mengganggu aktivitas anda.

3.      Geographic tongur 

Penyakit ini terjadi karena adanya peradangan atau inflamasi pada lidah yang bersifat kronis dan terjadi apabila terdapat gangguan pada saluran pencernaan. Penyakit ini dinamakan sebagai geographic tongue karena akan muncul bercak pada lidah yang tampak seperti peta.

Bagian petah tersebut biasanya berwarna kemerahan dan lebih licin. Pada kondisi yang lebih parah, daerah yang berbentuk peta akan dikelilingi oleh sebuah lapisan tebal yang berwarna putih.

 4.      Peradangan lidah

Salah satu macam-macam penyakit pada lidah adalah peradangan lidah atau atrophic glossitis yang merupakan sebuah kondisi dimana lidah ehilangan rasa karena degenerasi ujung papil (bagian yang menonjol pada selaput yang berlendir di bagian atas lidah).

Pada umumnya lidah penderita akan tampak licin dan mengkilat, baik pada sebagian lidah atau keseluruhannya. Penyakit ini biasanya timbul dan menyerang orang yang kekurangan zat besi. Oleh karena itu, penyakit lidah jenis ini biasa dijumpai pada penderita anemia.

Inilah uraian singkat mengenai macam-macam penyakit pada lidah. Semoga bermanfaat.

 



Leave a Reply