Macam-macam Penyakit Dalam


Di dunia ini terdapat banyak sekali jenis penyakit yang menyerang kesehatan manusia. Ada yang dikategorikan dalam kategori penyakit berbahaya dan sangata berbahaya. Pada umumnya, penyakit yang sangat berbahaya adalah penyakit dalam.

Penyakit dalam adalah penyakit yang tidak bisa dideteksi dengan mata telanjang dan membutuhkan bantuan mesin-mesin untuk mendeteksi apakah ada gangguan pada anggota dalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui bahwa organ di dalam tubuh kita ada begitu banyak dan beragam. Tentunya masing-masing organ memiliki fungsi yang berbeda dan bersifat saling mendukung. Apabila terjadi gangguan pada satu organ, maka organ lainnya juga bisa terpengaruh.

Macam-macam penyakit dalam begitu banyak dan beragam. Mungkin anda sudah sering kali mendengar penyakit jantung yang dapat menimbulkan kematian pada penderitanya. Penyakit jantung adalah salah satu penyakit dalam yang sangat berbahaya.

Apalagi ditambah dengan fakta bahwa belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit jantung pada seseorang secara keseluruhan. Penyakit ini juga merupakan penyakit pembunuh nomor 1 di dunia menurut sebuah survey yang dilakukan oleh WHO.

Selain itu, anda juga pasti sering mendengar penyakit kanker, entah itu kanker patu-patu, kanker usus, kanker ginjal, dan lainnya. Mendengar namanya saja kita semua sudah tahu bahwa penyakit ini adalah penyakit yang sangat berbahaya.

Kanker juga termasuk ke dalam salah satu macam-macam penyakit dalam. Apabila seseorang dinyatakan positif terkena kanker, maka sama saja dengan menerima vonis mati. Angka harapan untuk selamat dari kanker masih tergolong sangat kecil.

Hal ini karena apabila penderita telah menjalani berbagai operasi, sel kanker itu dapat tumbuh kembali dan bahkan bisa menjadi lebih ganas dari yang sebelumnya. Oleh sebab itu, penyakit dalam dikatakan sangat berbahaya karena sulit untuk dideteksi, berbeda halnya dengan luka luar yang bisa langsung diobati.

Selain itu, untuk proses penyembuhan penyakit dalam jua biasanya memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan penyakit luar. Untuk lebih jelas mengenai macam-macam penyakit dalam, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Penyakit jantung

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa organ jantung merupakan organ terpenting. Namun, sayangnya organ ini juga tidak lepas dari ancaman penyakit. Pada umumnya, penyakit jantung ini dapat dipicu oleh berbagai faktor.

Misalnya kebiasaan merokok, mengonsumsi makanan yang berkolestrol tinggi, malas berolahraga, kurang beristirahat, tekanan emosional dan stress, obesitas, diabetes, dan riwayat penyakit jantung.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda hindari kebiasaan buruk diatas dan apabila berasal dari turunan, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

 2.      Penyakit kanker

Salah satu dari macam-macam penyakit dalam adalah penyakit kanker. Kanker sebenarnya adalah suatu pertumbuhan yang tidak wajar yang bisa terjadi pada seluruh bagian tubuh manusia. Jadi, kita sering mendengar kanker hati, kanker ginjal, dan kanker lainnya sesuai dengan tempat yang dihingapinya.

Setiap benjolan yang keras, tidak sakit dan tumbuh perlahan-lahan pada salah satu bagian tubuh kita, kemungkinan besar merupakan kanker. Biasanya penderita kanker harus menjalani operasi pembedahan untuk mengangkat sel kanker.

Setidaknya di dunia ini ada 100 jenis kanker, baik dari stadium rendah yang bisa disembuhkan, hingga stadium akhir yang tidak bisa disembuhkan. Biasnaya penyakit ini disebabkan karena gaya hidup atau pola makan yang tidak sehat.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda hindari kebiasaan buruk seperti itu dan pastikan bahwa anda makan dengan memilih kualitas dibandingkan dengan kuantitasnya.

 3.      Penyakit batu ginjal

Penyakit batu ginjal merupakan terbentuknya batu-batu kecil di dalam organ ginjal dan akan bergerak turun ke dalam pipa kemih (ureter). Batu-batu ini kemudian akan menyebabkan rasa nyeri yang menusuk bagian punggung bawah, saluran seni, atau perut pada sebelah bawah.

Biasanya penderita batu ginjal juga akan mengalami kesulitan dalam mengeluarkan urine, karena batu-batu tersebut juga bisa menghambat saluran air seni. Gejala yang biasa dialami oleh penderita penyakit ini adalah sukar buang air kecil, bahkan kadang-kadang tidak akan keluar sama sekali.

Inilah macam-macam penyakit dalam yang menyerang manusia. Semoga bermanfaat



Leave a Reply