Kumpulan Virus/Parasit yang Ada di Tubuh Manusia


Susunan tubuh kita, terdiri dari berbagai organ dari  yang paling kecil hingga yang terbesar. Setiap organ di dalam tubuh kita ini, mempunyai fungsinya masing-masing dalam menjaga kestabilan tubuh.

Di dalam dunia kedokteran dan kesehatan, kumpulan virus/parasit yang ada ditubuh manusia merupakan hal yang dapat mengganggu kestabilan tersebut. Seperti halnya ssebuah organisasi, virus dapat dibedakan berdasarkan struktur, kandungan, dan anatominya.

Ada dua jenis rumpun virus, yaitu DNA dan RNA. Namun keduanya sama-sama merupakan organisme parasit yang menginvasi sel hidup agar tetap dapat hidup dan bahkan berkembang biak.

Virus adalah mikroorganisme yang sangat kecil, jauh lebih kecil dari pada bakteri, yakni berkisar 20 mµ hingga 300 mµ (1 mikron = 1000 milimikron). Untuk mengamatinya dibutuhkan mikroskop elektron yang pembesarannya dapat mencapai 50.000 kali.

Virus dikatakan sebagai makhluk parasit karena virus dapat menurunkan produktivitas makhluk hidup yang ditempelinya. Virus dapat menyerang manusia,  hewan, dan tumbuhan, selama mereka memiliki sel yang hidup.

Ada lagi parasitoid yaitu parasit yang menggunakan jaringan organisme lainnya untuk memenuhuhi kebutuhan nutrisinya sampai makhluk hidup yang ia tumpangi meninggal karena kehilangan jaringan atau nutrisi yang diperlukan.

Untuk lebih jelas mengenai kumpulan virus/parasit yang ada di dalam tubuh manusia, simaklah yang berikut ini.

1.      Jenis-jenis virus
 
Seperti yang sudah disebutkan tadi, bahwa virus terbagi ke dalam 2 rumpun besar, yaitu DNA dan RNA.

a.      Virus RNA
 
Virus RNA terbagi ke dalam dua jenis, yaitu ganda dan tunggal. Contoh dari RNA tunggal adalah virus pikornavirus, yaitu virus yang membawa penyakit polio dan influenza pada manusia.

Sedangkan untuk virus RNA ganda, virus yang termasuk kategori ini adalah virus revirus, yaitu virus yang membawa penyakit diare kronik. Selain itu, virus jenis RNA ini mempunyai 3 jenis virus utama, yaitu RNA positif, RNA negatif, dan RNA minus.

Virus jenis RNA ini dapat menggerogoti sistem kekebalan tubuh yang ada pada manusia, sehingga virus RNA dapat membawa penyakit HIV pada tubuh manusia.
Salah satu contoh dari virus RNA yang paling terkenal dan sudah dikenal masyarakat lluas, bahkan merupakan virus pembunuh nomor satu yang belum ditemukan cara pengobatannya yang efisien adalah virus HIV.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa virus ini akan menyerang sistem kekebalan tubuh manusia dengan menyerang sel darah putih manusia. Bila seseorang sudah dinyatakan positif mengidap penyakit ini, maka sama saja dengan menerima vonis mati.

b.      Virus DNA
 
Virus DNA ini tidak berbeda jauh dengan virus RNA, virus DNA juga memiliki jenis tunggal dan ganda. Masing-masing jenis virus ini juga dapat membawa gangguan pada tubuh manusia. Contoh virus yang termasuk ke dalam katergori ini adalah adenovirus, herpesvirus, parvovirus, dan pokvirus.

2.      Virus atau parasit yang berbahaya
 
Ada beberapa contoh kumpulan virus/parasit yang ada di dalam tubuh manusia dan bersifat berbahaya, diantaranya :

-          Toxoplasma Gondii, jenis virus ini pada umumnya menginfeksi tikus dan memanipulasi otak mereka agar tertarik pada kotoran kucing. Namun, virus ini juga bisa melakukan kontak dengan manusia, sehingga terjadi kerusakan janin, dan bahkan menurut sebuah penelitian virus ini juga mampu memicu terjadinya skizofernia pada manusia.

-          Loa loa, pada umumnya disebut dengan cacing mata yang hidup dalam tubuh manusia, khususnya di bagian mata. Penyebaran virus ini dilakukan dari jenis lalat tertentu. Gejala seseorang yang terkena virus ini adalah anda benar-benar bisa merasakan adanya gerakan di mata pada pagi hari.

-          Dermatobia Hominis, virus ini ditimbulkan oleh lalat bot yang hinggap pada manusia, yang paling wajib diwaspadai adalah larvanya. Telur dari lalat bot ini akan diletakkan di kulit manusia, kemudian setelah telur itu menetas karena panas tubuh kita, larva itu akan menggerogoti bagian dalam tubuh kita dan akan meninggalkan bekas luka yang besar.

Inilah beberapa contoh kumpulan virus/parasit yang ada di dalam tubuh manusia, jadi sangat dianjurkan bagi anda untuk menjaga kesehatan anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.



Leave a Reply