smartdetox contact
apotik online terpercaya

KONTRAKSI OTOT POLOS (SMOOTH MUSCLE) LAMBUNG KATAK

| July 20, 2012 | 0 Comments

KONTRAKSI OTOT POLOS (SMOOTH MUSCLE)

LAMBUNG KATAK

Sel otot polos berbentuk gelendong mempunyai diameter 2-5 micron dan panjangnya 60-200 micron.

Ada dua tipe otot polos :

  1. Multi unit smooth muscle
  2. Visceral unit smooth muscle

 

  1. Otot olos Multi Unit (Multi Unit Smooth Muscle)

Masing-masing serat berdiri sendiri, diinervasi oeh single nerve ending seperti pada otot skelet (skeletal muscle fiber). Pada permukaan luar dari tiap serat otot ditutup oleh lapisan yang disebut basement membrane like substance, yang merupakan glukoprotein.

Sifat otot ini yang paling penting ialah bahwa kontraksi mereka hampir seluruhnya kaena rangsangan saraf dan sangat sedikit oleh faktor stimulasi dari local tissue. Pada otot ini tidak terjadi kontraksi yang spontan.

Contoh :

-    Otot ciliary dari mata.

-          Iris dari mata.

-          Nictating membran yang menutup mata dari beberapa binatang tingkat rendah.

-          Pilo erector muscle : meyebabkan berdirinya rambut.

-          Otot-otot polos dari pembuluh-pembuluh darah besar.

  1. Otot Polos Visceral (Visceral Smooth Muscle)

Sel-sel otot ini terletah berhimpitan satu sama lain, dimana membran antara sel-sel berdekatan saling berlekatan seluruhnya atau sebagian, oleh karenanya tipe ini disebut unitary smooth muscle.

Contoh:

-          Dinding alat pencernaan makanan

-         Saluran empedu

-         Ureter

-         Uterus

Membran potensial otot polos besarnya bervariasi, berkisar antara 55 sampai 69 milivolt. Potensial aksi dari visceral smooth muscle ada 2 macam yaitu:

  1. 1. Spike potential
  2. Action potential dengan plateau

 

Potensial aksi dapat terjadi dengan beberapa jalan:

  1. Oleh hormon pada smooth muscle.
  2. Efek hormon pada smooth muscle.
  3. Transmitter substance dari serat saraf.
  4. Terjadi secara spontan dalam muscle fiber itu sendiri.

Action potential sebagian besar terjadi pada smooth muscle itu sendiri tanda ada extrinsic stimulus. Ini biasanya dihubungkan dengan suatu basic slow wave rhythm dari membrane potential. Slow wave itu sendiri bukan suatu action potential. Tetapi apabila slow wave tersebut meningkat mencapai nilai ambang (kira-kira 35 milivolt), suatu action potential akan timbul dan meyebar ke seluruh bagian dari visceral smooth muscle, hingga kemudian terjadi kontraksi. Karena itu slow waves sering disebut pula sebagai gelombang pace maker.

Masalah

Bagaimanakah pengaruh substansi adrenergic dan cholinergic yaitu obat : asetilkolin , adrenalin, pilokarpin, sulfas atropin terhadap komponen kontraksi : frekuensi, amplitudo, maupun tonus pada otot polos lambung katak (visceral smooth muscle) in-vitro.

Tujuan

Mengukur dan mengetahui pengaruh substansi adrenergic dan cholinergic yaitu obat : asetilkolin, adrenalin, pilokarpin, sulfas atropin terhadap komponen kontraksi : frekuensi, amplitudo ataupun tonus pada otot polos lambungkatak (visceral smooth muxcle) in-vitro.

  1. II. METODE KERJA

Alat

  1. Kimograf
  2. Kertas pencatat (milli meter block)
  3. Tabung perendam lambung
  4. Benang
  5. Penulis tanda kontraksi
  6. Gunting
  7. Pisau bedah (scalpel)
  8. Pinset
  9. Penusuk otak/medulla spinalis

10.  Papan katak

Bahan

  1. Lambung katak
  2. Obat-obatan yang akan diukur efek adrenergik atau kolinergiknya

a.   adrenalin               0,01%

b.   asetilkolin              0,50%

c.   sulfas atropin         0,01%

d.   pilokarpin              0,50%

  1. Larutan thyrode

Larutan thyrod ini komposisinya (NaCl, KCl, MgCl2, NaHCO3, NaH2PO4, glukosa, dan aquadest) mendekati komposisi cair tubuh katak. Dalam praktikum ini larutan thyrode difungsikan untuk merendam lambung katak.

Tata Kerja

  1. Siapkan sediaan otot polos lambung katak.
  2. Ikatlah bagian pylorus lambung katak sedistal mungkin dan bagian cardia seproximal mungkin dengan benang, kemudian potonglah bagian pylorus di sebelah distal dari ikatan, dan potonglah bagian cardia disebelah proximal dari ikatan.
  3. Angkatlah dengan segera potonglah lambung tersebut dan masukkan ke dalam larutan thyrode dalam tabung peredam supaya lambung tersebut tidak sampai rusak.
  4. Sebelum lambug tersebut dimasukkan dalam tabung perendam, larutan thyrode tersebut dialiri dengan oksigen dengan kecepatan optimal (jangan terlalau besar atau terlalu kecil).
  5. Ikatlah ujung cardia pada kait dalam tabung peredam, sedang ujung pylorus dihubungkan dengan benang pada penulis, hingga percobaan pencatatan gerakan – gerakan lambung bisa dimulai.
  6. Catatlah gerakan lambung yang normal sebanyak kira-kira 10 kali kontraksi sambil memperhatikan frekwensi, amplitudo serta tonusnya setiap akan mengawali pengamatan terhadap pengaruh suatu obat / bahan. Setelah itu mulailah menyelidiki pengaruh beberapa macam obat-obatan terhadap kontraksi otot polos lambung.
  7. Teteskanlah 3 tetes adrenalin kedalam tabung peredam dan catatlah pada kimograf pengaruh obat tersebut terhadap kontraksi lambung. Apabila pengaruhnya kurang nyata, teteskan lagi setiap kali 3 tetes, hingga terlihat jelas efeknya.
  8. Setelah cukup mempelajari pengaruh suatu macam obat, cucilah lambung katak tersebut dengan jalan mengganti cairan didalam tabung peredam dengan cairan thyrode yang baru (dicuci sampai 2 kali).
  9. Kerjakanlah hal tersebut diatas dengan obat-obat: asetilkolin, sulfas atropin dan pilokarpin.
  1. III. Hasil
PERLAKUAN PENGAMATAN EFEK OBAT
Jenis Obat Frekuensi(kontraksi per menit) Amplitudo(millimeter) Tonus(naik/tetap/turun)
Normal (Kontrol) 2 3 Tetap
Asetilkolin 7 / 19 3 Naik
Adrenalin 0 0 Turun
Pilokarpin 3 4 Naik
Sulfas Atropin 5 / 3 2 Turun
  1. IV. PEMBAHASAN

Diskusi Hasil

Sifat-sifat otot polos pada keadaan normal adalah:

a)      Rythmicity : terjadinya kontraksi secara ritmis dari otot polos tanpa rangsangan dari luar.

b)      Tonik Kontraksi : otot polos mempunyai tonus tertentu baik dalam keadaan relaksasi maupun kontraksi. Otot polos dapat mempertahankan keadaan tetap berkontraksi dalam jangka waktu lama.

c)      Plasticity : pada otot polos visceral pada panjang yang sama bisa memiliki tonus yang berlainan.

Pada keadaan normal (kontrol) :

Dalam keadaan normal, di mana lambung katak direndam di dalam larutan thyrode, gambaran kontraksinya menunjukkan tonus yang tetap. Pada pencatatan grafik kontraksi, tampak garis lurus-lengkung-lurus-lengkung yang cukup teratur dan tetap dalam jangka waktu yang cukup lama. Tinggi tonus (amplitudo) antara satu lengkung dan lengkung yang lain rata-rata sama panjang, meski tidak benar-benar tepat sama panjang. Ini menunjukkan adanya sifat plasticity. Dan panjang amplitudo yang didapatkan sekitar 3 mm. Frekuensi normal yang diperoleh adalah 2 kontaksi per menit. Keadaan normal ini diciptakan dengan tanpa memberi rangsangan dari luar (belum diberi rangsangan dari substansi adrenergik maupun cholinergik).

Pemberian Asetilkolin :

Dari hasil percobaan didapatkan proyeksi grafik kontraksi dengan tonus yang semakin lama semakin naik. Amplitudo yang didapatkan hampir sama dengan amplitudo pada saat kondisi normal (kontrol), yakni kurang lebih 3 mm.  Frekuensi yang dihasilkan lebih cepat dibandingkan frekuensi kondisi normal.

Asetilkolin bersifat meningkatkan kontraksi karena :

-          Asetilkolin memberikan efek menurunkan potensial membran, menaikkan frekuensi spike,sehingga rythmicity meningkat.

-          Meningkatkan kontraksi ritmik dan tonik yang menaikkan tonus asetilkolin.

-          Kerja identik dengan rangsangan parasimpatik.

Pemberian asetilkolin mengakibatkan potesial membran menurun sehingga permeabilitas terhadap ion naik, maka terjadilah kontraksi akibat adanya relaksasi.

Pemberian Adrenalin :

Dengan pemberian adrenalin, proyeksi kontraksi otot polos lambung katak menunjukkan garis mendatar yang semakin lama semakin menurun meski dengan kemiringan yang tidak begitu tajam. Hal ini menunjukkan bahwa tonusnya dalah turun. Dengan diperolehnya garis mendatar ini pula, tidak dapat dilihat amplitudo nya, sehingga dapat dikatakan amplitudo sama dengan 0 (nol), demikian halnya dengan frekuensi yang diperoleh.

Adrenalin adalah salah satu golongan epinefrin sehingga menurut teori bersifat :

-          Menurunkan frekuensi potensial spike dan otot menjadi lebih rileks.

-          Meningkatkan potensial membran.

-          Bekerja identik dengan rangsangan simpatis.

-          Efek adrenalin berlawanan dengan asetilkolin.

Adrenalin bersifat simpatis yang mengakibatkan relaksasi pada otot polos visceral dimana pemberian adrenalin mengakibatkan potensial membran meningkat sehingga permeabilitas terhadap ion turun sehingga otot lebih rileks. Dalam percobaan yang telah dilakukan didapatkan hasil yang  sesuai dengan teori.

Pemberian Pilokarpin :

Pemberian pilokarpin mengakibatkan frekuensi menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan frekuensi pada keadaan normal. Tonus yang dihasilkan adalah tonus naik. Dari pengukuran panjang amplitudo garis proyeksi kontraksinya juga diperoleh panjang amplitudo yang lebih besar daripada amplitudo pada kondisi normal.

Pilokarpin menaikkan tonus otot polos karena :

-          Menurunkan potensial membran.

-          Frekuensi potensial spike meningkat.

-          Ritme kontraksi dan tonus meningkat.

-          Pilokarpin identik dengan rangsangan parasimpatis.

-          Pilokarpin memiliki fungsi sama dengan asetilkolin, tapi bekerja lebih lama daripada asetilkolin, karena tak begitu cepat dirusak oleh enzim achethylcholinnesrterase.

Obat ini dapat menimbulkan efek parasimpatik yang khusus dan bekerja langsung pada reseptor cholinergic tipe muskarinik.

Pemberian Sulfas Atropin :

Dari hasil percobaan terakhir ini, didapatkan panjang amplitudo yang lebih kecil daripada amplitudo pada kondisi normal. Frekuensinya lebih cepat dibandingkan dengan frekuensi kondisi normal. Frekuensi ini tidak sesuai dengan teori. Tonus yang dihasilkan adalah tonus turun.

Sulfas Atropin menurunkan kontraksi otot polos sebab :

-          Memperbesar potensial membran

-          Menurunkan frekuensi potensial spike.

-          Otot menjadi rileks.

-          Bersifat identik dengan rangsangan simpatik.

Sulfas atropin merupakan obat yang dapat menurunkan kontraksi otot polos. Sulfas atropin termasuk acethylcholine competitive inhibitor substance / obat anti muskarinik. Cara kerjanya menghambat kerja asetilkolin pada organ efektor cholinergic tipe muskarinik.

Diskusi Jawaban Pertanyaan

  1. Pada praktikum kontraksi otot polos lambung katak ini tidak digunakan larutan Ringer melainkan larutan thyrode karena larutan Thyrode mempunyai komposisi berupa NaCl, KCl, MgCl2, NaHCO3, NaH2PO4, glukosa dan aquadest. Sehingga larutan tersebut memiliki komposisi yang mendekati komposisi cair tubuh.
  1. Bila posisi cardia diletakkan di bagian atas (berhubungan dengan penulis otot), maka kontraksi tidak akan terjadi karena sphincter cardia akan terbuka jika diatasnya terdapat tahanan. Jadi, jika posisi lambung dibalik, maka lambung seolah-olah terbuka dan tidak ada tahanan sehingga tidak terjadi kontraksi.
  1. Pengaruh asetilkolin :

-     Asetilkolin memberikan efek menurunkan potensial membran, menaikkan frekuensi spike,sehingga rythmicity meningkat.

-     Meningkatkan kontraksi ritmik dan tonik yang menaikkan tonus asetilkolin.

Pengaruh adrenalin :

-     Menurunkan frekuensi potensial spike dan otot menjadi lebih rileks

-     Meningkatkan potensial membran.

-     Bekerja identik dengan rangsangan simpatis.

-     Efek adrenalin berlawanan dengan asetilkolin

Pengaruh pilokarpin :

-          Menurunkan potensial membran.

-          Frekuensi potensial spike meningkat

-          Ritme kontraksi dan tonus meningkat

-          Pilokarpin identik dengan rangsangan parasimpatis

Sulfas Atropin menurunkan kontraksi otot polos sebab :

-          Memperbesar potensial membran

-          Menurunkan frekuensi potensial spike

-          Otot menjadi rileks

  1. Pengklasifikasian :
    1. Obat kolinergik

-          adrenergik

-          sulfat atropin

  1. Obat adrenergik

-          asetilkolin

-          pilokarpin

  1. V. KEPUSTAKAAN

Guyton, Arthur C.1997.Buku Ajar Fisiologi Kedokteran ed 17.AGC: Jakarta

KELOMPOK IV ( SPMB )

NAMA ANGGOTA :

1. NATALIA YURI                            ( 050610145 )

2. FARAH AL FARISI                       ( 050610148 )

3. NUR PALESTIN A                                ( 050610162 )

4. RESTRY SINANSARI                  ( 050610165 )

5. GINANJAR PRABU                       ( 050610167 )

6. RIMA HARTIANI P                       ( 050610171 )

FAKULTAS FARMASI UNAIR

2006/2007

TURUN BERAT BADAN DENGAN CEPAT 5-20 KG DALAM 20 HARI

Adalah sebuah Program detoksifikasi atau pembuangan toksin dalam tubuh yang dilakukan selama 20 - 40 hari dan berefek pada turun berat badan sehingga anda mendapatkan berat badan ideal
 
KAMI TELAH MEMBUKTIKAN SENDIRI!

Mereka yang telah sukses dengan Program Ini

Turun 27 Kg dalam 20 hari, 42 Kg dalam 40 Hari, dan 57 Kg dalam waktu 120 Hari

 
 
 

Bagaimana Berat Badan Mereka Bisa Turun Seperti Itu

Jawabnya adalah detox tubuh
MARI MENGENAL PROGRAM DETOX TUBUH LEBIH LANJUT!

Apakah anda memiliki masalah seperti ini?

  • Kelebihan berat badan dan sering makan berlebihan
  • Susah BAB dan punya masalah dengan pencernaan lain
  • Mudah lelah dan kurang bugar
  • Sering sakit kepala atau sakit di bagian tubuh lain?
  • Menderita alergi makanan dan alergi lingkungan?
  • Gemar makan fast food dan makanan yang digoreng
  • Sering minum Obat-Obatan kimia
  • Memiliki gejala diabetes dan hipertensi
  • Memiliki kebiasaan Merokok
  • Jarang Olah Raga
  • Jarang Makan Sayuran dan buah-buahan
  • Sering kesemutan pada tangan dan kaki

Jika Ternyata JawabannyaYA…

Baca ARTIKEL Ini Sampai Habis Anda Tidak Hanya Akan Menurunkan Berat Badan, Tetapi Berat Badan Anda Tidak Akan Naik Lagi.
Mari Kita Pelajari DETOXSIFIKASI Tubuh
DETOXSIFIKASI adalah suatu metode alternatif untuk membersihkan racun di seluruh organ tubuh dengan cara menyeimbangkan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Dengan Nutrisi yang cukup, tubuh akan memiliki kemampuan untuk melakukan metabolisme dan membersihkan racun didalam tubuh.
DETOXSIFIKASI juga akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat sejenak dan mengurangi kerja ekstra mencerna makanan. Setelah tubuh menerima proses detox, tubuh akan kembali normal dan mengeluarkan racun dari makanan dan lingkungan kita.
TUBUH KITA PERLU DI DETOX, karena seiring usia, sel-sel tubuh mulai rusak dan metabolisme tubuh tidak bekerja secara optimal diperlukan detoxsifikasi untuk memperbaiki sel-sel rusak tersebut.

Apabila Racun Menumpuk Ditubuh Kita Maka Akan Menimbulkan Penyakit Seperti Ini:

Berbagai Macam Penyakit Karena Penumpukan Toksin

Kondisi Paru-Paru karena penumpukan toksin baik sebagai perokok aktif maupun perokok pasif

Fakta Yang Sangat Mengejutkan!!

Serangan jantung (Pembunuh No. 1 di Indonesia)
- Bagaimana ini bisa terjadi? Ketika dinding pembuluh darah yang menuju ke jantung tersumbat oleh plak-plak dan darah beku
- Apa gejalanya ? – Terasa tertekan pada daerah dada – Berkeringat & Napas pendek – Sakit pada daerah dada sebelah kiri – dll Celakanya! banyak kasus sakit jantung bahkan tidak memiliki gejala apapun! (Masih ingat Artis Ricky Jo & Adjie Massaid?)

Agar tubuh Anda selalu sehat, Organ-organ yang harus di detox:

8 Organ Penting Yang di Detox Oleh Program Ini :

1. Jantung

2. Paru-Paru
3. Darah (Pembuluh Darah)
4. Hati
5. Ginjal
6.Usus besar
7. Tulang
8. Otot

SOLUSI DARI SEMUA ITU,SMART DETOX

Apa Itu Smart Detox? Program dahsyat ini adalah program untuk membuang habis racun/toksin yang ada dalam tubuh kita dan dijalankan selama 20-40 hari. Program ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan tentunya bisa dilakukan untuk berbagai kalangan umur (Program ini bisa dijalanjan oleh ibu menyusui).
Hasil detox yang dikeluarkan oleh tubuh ini berupa lemak, cairan, minyak. Eits, dan ngga ketinggalan, Program Smart Detox ini 100% aman bagi kita dan halal pastinya.

Apa yang dihasilkan dari detoksifikasi dengan Smartdetox?

1. Tubuh terbebas dari toksin yang menumpuk
Toksin yang menumpuk dalam tubuh sangatlah berbahaya, Jika dibiarkan akan menimbulkan berbagai penyakit seperti dabetes, serangan jantung, Kolesterol, Hipertensi, dan masih banyak lagi yang lain.
2. Jalan Keluar untuk para PEROKOK
Semua orang tahu bahwa rokok adalah racun, namun masih saja sulit untuk berhenti. Apakah Anda atau ada keluarga anda yang merokok?? Smart Detox adalah Solusinya, jantung dan paru-paru akan didetox/dibersihkan hingga mengurangi dampak dari rokok.
3. Jalan Keluar untuk yang tidak suka sayur dan buah
Sayur dan buah sangat diperlukan untuk memenuhi nutrisi didalam tubuh Smart Detox memenuhi semua kebutuhan nutrisi tubuh sehingga membuat tubuh anda tetap sehat
4. Jalan keluar bagi kesuburan dan Meningkatkan gairah seksual
Smart detox dapat meningkatkan ketersediaan testosteron untuk meningkatkan aliran darah ke daerah genital pada pria maupun wanita, peningkatan jumlah sperma dan motalitas, sehingga dapat meningkatkan gairah seksual dan meningkatkan sensitifitas pada laki-laki dan perempuan.
5. Anti Kanker
Salah satu akibat dari penumpukan toksin didalam organ tubuh menjadi penyakit kanker, dengan Smartdetox akan membuant toksin sekaligus mencegah dan membunuh sel-sel kanker yang akan timbul di dalam tubuh.
6. Mendapatkan berat badan Ideal
Dengan detoksifikasi bukan sekedar langsing saja yang didapat tetapi tubuh menjadi proporsional, jadi proses pembuangan toksin dari dalam tubuh Smartdetox bukan hanya membuat yang gemuk menjadi lebih langsing tetapi juga membuat yang kurus menjadi lebih berisi atau lebih ideal. Smart Detox Membuang lemak jahat, cairan miyak, dan membuang racun racun yang menjadi sumber penyakit dan obesitas.
7. Meningkatkan Vitalitas
Energi dan vitalitas dalam tubuh akan selalu terjaga dari pagi hingga malam, karena dengan Smart Detox memperbaiki sel yang rusak, memperlancar peredaran darah, dan memeperbaiki proses metabolisme energi di dalam tubuh.
8. Regenerasi Sel dan Anti Aging
Proses Penuaan dini diakibatkan karena banyak sel-sel yang mati, banyak faktor yang mempengaruhi seperti makanan yang kita makan, gaya hidup, maupun kondisi lingkungan Smartdetox membantu regenerasi sel-sel yang rusak menjadi normal kembali Sehingga wajah anda semakin Cerah, bebas bau mulut, dan bebas bau badan. Smart Detox juga m emperbaiki sel-sel pembakar lemak, sehingga setelah program detoks, pembakaran lemak dalam tubuh akan maksimal dan cepat.
9. Mencegah Penyakit Stroke dan Jantung Koroner
Penyebab penyakit stroke dan jantung koroner terjadi tumpukan toksin di pembuluh darah, dengan Smart Detox Pembuluh darah yang bebas dari gumpalan toksin, akan membatu darah mengalir dengan maksimal ke seluruh tubuh, maka dari itu efek positif detoksifikasi akan dirasakan seumur hidup.
10. BAB (Buang Air Besar) Lancar
Toksin dalam Usus Besar akan dikeluarkan, makanan yang mengandung minyak dan berlemak yang mengendap di Usus besar akan otomatis keluar setelah kamu menjalani proses detok selain itu kandungan Fiber dalam Produk Smartdetox akan memperlancar metabolisme tubuh.

"Bayangkah Hal Diatas Bisa Anda Dapatkan Hanya 1 kali Program Tanpa Lapar dan Tanpa Olahraga"

Info dan konsultasi add

Call/SMS/WA ke 081337684337

Pin BB 2A8CA5F9

BUKTI NYATA MANFAAT SMART DETOX Beberapa Testimony Dari Ribuan Orang Yang Telah Menggunakan Produk SMART DETOX

Bapak Rasyid dan Ibu Cita Telah Merasakan Manfaat Smart Detox Mendapatkan Anak Pertama Setelah Penantian 15 Tahun

Oki & Farisa Impian mendapatkan keturunan 5 tahun penantian terwujud dengan Smart Detox

Bapak Aditya RK Gangguan Liver Menahun, Kolesterol Normal, dan Berhasil berhenti Merokok

Dr. Wenan tidak pernah nyeri dada lagi, nafas lebih lega, dan badan lebih bugar

Bapak Romano Turun 33 Kg, kolesterol normal, masalah persendian dan otot teratasi, tidak pernah lagi vertigo dan sesak napas.

Pak Makmur 47 Tahun Kolesterol, tensi, dan Gula darah Normal. Vitalitas dan kebugaran meningkat

Kompol Norman Pasaribu Sehat, tampak lebih muda, asam urat, dan kolesterol normal.

Ibu Dina, Semua Keluhan Penyakit Hilang, lebih percaya diri dan tampil lebih cantik dan tampak lebih muda.

SEJAK PERTAMA KALI PELUNCURANNYA PRODUK SMART DETOX DITERIMA BERBAGAI KALANGAN MASAYARAKAT SECARA LUAS, DARI PEJABAT, ARTIS, DOKTER, DAN BERBAGAI LAPISAN MASYARAKAT SUDAH MENGKONSUMSI PRODUK SMART DETOK, BERIKUT INI FOTO-FOTONYA:

Smart Detox dipakai dikalangan para Dokter

Smart Detox digunakan dilingkungan para artis untuk menjaga keindahan tubuh mereka

SMART DETOX TELAH DIKONSUMSI BERBAGAI KALANGAN

Info dan Konsultasi add

Call/SMS/WA ke 081337684337

Pin BB 2A8CA5F9

Terus Bagaimana Cara Menjalankan Metode DETOX ini? Bagaimana Caranya Agar Berhasil Seperti Yang Lain?

Caranya adalah menjalankan Program Smart Detox menggunakan Formula 232

Program Smart Detox bukan diet ketat, dengan adanya Formula 232.. Dimana Formula 2-nya kita bisa makan nasi dan lauk, disinilah detox ini disukai banyak orang. Yaitu kita bisa membersihkan racun dengan enjoy karena masih bisa makan di pola 2.

Apa yang dimaksud Formula 232?

Pola-2-3-2-program-smart-detox

 

Pola Yang Harus Saya Lakukan Selama 20 hari:

Hari 1 – 2 ( Pre Fasting – Masa Persiapan Puasa ) : Adalah masa persiapan . Kita mulai mengubah pola makan . Semua pola makan yang biasa kita makan harus dikurangi setengah. Misal biasa makan 1 nasi dan 1 paha ayam besar. Maka kita harus kurangi dengan hanya makan setengah nasi dan setengah ayam paha. Hari ke 3 – 4 – 5 ( Puasa Penuh ) : Kita mulai berPuasa . Berpuasa yang dimaksud di sini adalah tidak makan nasi dan lauk .Semua diganti dengan buah-buahan dan sayuran + Produk Food Suplemen Synergy sebagai pengganti makanan. ** Notes untuk yang sakit maag dilarang puasa nasi dan lauk .. tetap makan dengan porsi setengah Hari 6- 7 ( Post Fasting – Masa Penyesuaian setelah Puasa ) : Kembali ke pola makan hari 1-2 . Yaitu mulai boleh makan nasi dan lauk pauk yang setengah . Ulangi Formula 2-3-2 selama 20 Hari minimal Maksimal 40 Hari. Catatan : Selama melakukan Program Smart Detox Wajib minum air putih 8 gelas sehari.. untuk mempercepat food suplemen synergy bekerja dengan baik .
HASIL FORMULA SMART DETOX 2-3-2 adalah:– BAB anda akan mengambang . Itu yang disebut racun/toxic. Jika belum mengambang maka racun belum keluar – Ketika anda sudah biasa melakukan formula 2-3-2 maka .. ketika anda makan gorengan, santan, soto-sotoan, jeroan rasanya menjadi tidak enak. Tubuh anda akan menolak .. Karena tubuh anda sudah bersih dari racun – Tubuh anda akan ideal, kulit lebih cerah.
Efek Samping dari SMART DETOX?:Tidak ada efek samping sama sekali karena menggunakan Smart Detox.
Bagaimana Setelah Saya Selesai Menjalankan Program Smart Detox 20 hari ? Apa yang harus saya lakukan ? Ya setelah melewati 20 atau 40 hari tubuh anda sudah bersih dari racun maka cara merawatnya mudah saja Cukup dengan menjaga pola makan saja, tubuh anda akan langsing permanen.

Program Smart Detox Di Support Oleh Perusahaan Synergy Worlwide anak perusahaan Dari Nature Sunshine .

Perusahaan Herbal Terbaik yang telah berdiri lebih dari 40 tahun

synergy dan nature sunshine

Pilihlah Produk Yang Telah Memiliki Sertifikat FDA, TGA.GMP Program Smart Detox telah memiliki ke-3 nya

LOGO FDA GMP TGA

BPOM Smart Detox
BPOM SMART DETOX
PAKET SMART DETOX YANG BISA ANDA PILIH 1.PAKET ULTIMATE PACK
Harga 7,5 Juta Untuk program 20 Hari
Turun 10 – 20 Kg

 
2. PAKET FULL PACK Harga 3,8Juta Untuk program 20 Hari
Turun 5-10 Kgharga Rp 3.800.000,-

3. Paket Lite Pack

Harga Rp 2.700.000,- Program 10 Hari Turun 3 – 5 Kg

Info dan konsultasi add

Call/SMS/WA ke 081337684337

Pin BB 2A8CA5F9

27 Negara Sudah Membuktikan Dahsyatnya Detox! Smart Detox ini sudah bersertifikat FDA, TGA, GMP dari USA & BPOM dari Indonesia. Dan tidak mudah lho untuk produk-produk yang bisa mendapatkan sertifikat ini.
Kalau dibandingkan dengan alternative lain, misalnya dengan Operai Sedot Lemak memakan biaya minimal 10 juta tetapi dengan proses yang panjang, hasil belum tentu maksimal. Smart Detox tidak menimbulkan ketergantungan.
Synergy adalah perusahaan nutrisi yang masuk di Forbes 2013 America, Sebagai Most Trustworthy Companies.
Konsultan Smart Detox Online No. 1 Program smart detox 100% AMAN! Tanpa Efek Samping! Karena terbuat dari bahan-bahan herbal dan Quality Control yang sangat baik. *Note : Tidak ada biaya tambahan, karena kami memberikan harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
Smart Detox Synergy tersedia di beberapa negara di dunia! Asia : Indonesia, Australia, HongKong, Japan, Korea, Malaysia, Taiwan, Thailand, Philipines, Singapore, Vietnam. Europe : Austria, Czech Republic, Denmark, Finland, Germany, Iceland, Ireland, Netherlands, Norway, Slovenia, Poland, Spain, Sweden, United Kingdom North America : United States, Canada
Detoksifikasi Telah Mejadi Trend Warga Dunia dan paling aman serta menyehatkan..!!

Category: Farmasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *