Kebutuhan Kalsium Perhari


Kalsium merupakan zat yang sangat penting dalam pertumbuhan manusia oleh karena itu kita jangan sampai melupakan kalsium ini. Kalsium memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tubuh jika di konsumsi secara seimbang dan sesuai takaran, oleh karena itu kita harus memenuhi kebutuhan kalsium perhari sebab kebutuhan kalsium perhari tersebut dapat mencukupi atas kebutuhan kita terhadapa zat tersebut.

Kalsium merupakan salah satu dari  jenis mineral yang paling berlimpah atau terdapat paling banyak di dalam tubuh manusia. Total rata-rata  atau jumlah kalsium yang terdapat di dalamtubuh manusia adalah kurang lebih bisa mencapai 1 kg, yang dimana 99% nya terdapat pada tulang dan gigi kita, lalu 1% sisanya ada pada cairan tubuh dan aliran darah kita. Walaupun di dalamdarah hanya terdapat 1 persen dan terkesan sangat sedikit, yang 1% ini sebenarnya berperan penting dalam suatu proses transmisi sistem saraf kita, lalu konstraksi otot, dan pengaturan tekanan darah, juga berpengaruh pada pelepasan hormon. Setiap zat yang terdapat dalam manusia walau Cuma sedikit kandungannya namun dapat berpengaruh banyak pada tubuh kita. Walau sedikit namun manfaatnya banyak.

Berikut merupakan kebutuhan kalsium perhari yang harus terpenuhi, setiap bertambahnya umur maka konsumsi akan vitamin juga akan bertambah karena semakin tu kita semakin banyak vitamin, kalsium, dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Sebab setiap bertambahnya umur semakin rentan lah seseorang terkena penyekit karena organ yang ada dalam tubuh semakin menua pula. Berikut merupakan kadar kebutuhan kalsium per hari nya sebagai berikut :

  • Bayi berumur s.d. 5 bulan kebutuhan kalsium per hari adalah 400 mg
  • Bayi 6 bulan s.d. 1 tahun kebutuhan kalsium per hari adalah 600 mg
  • Anak usia 1 s.d. 10 tahun kebutuhan kalsium per hari adalah 800 mg
  • Remaja usia 11 s.d. 24 tahun kebutuhan kalsium per hari adalah 1.200 mg
  • untuk dewasa di atas 25 tahun kebutuhan kalsium per hari adalah 800 ml
  • setelah usia 50 tahun kebutuhan kalsium per hari adalah 1.000 mg
  • Ibu hamil dan menyusui harus mengkonsumsi kebutuhan kalsium per hari adalah 1.200

Kebutuhan kalsium tidakhanyaberfungsiuntuk tulang semata namun dapat juga bagi aktivitas lainnya.

Kalsiummerupakan hal yang dibutuhkan oleh tulang untuk menyusun tulang. Kalsium diatur oleh dua macam hormon pengatur kadar kalsium dalam darah, yaitu:

  • hormon PTH (Parathyroid Hormone) dan
  • Calcitonin.

hormon PTH akan dilepaskan ketika kalsium yang terkandung dalam darah sedikit dan tidak memenuhi kebutuhan Hormon PTH ini akan memicu pelepasan kalsium dari tulang ke aliran darah karena itu hormoon PTH ini membuat pelepasan kalsium ke darah agar zat kalsium dapat tersebar dan memberikan manfaat keseluruh tubuh. namun sebaliknya, apabila tingkat kadar kalsium dalam darah terlalu tinggi atau kalsium dalam darah mempunyai kadar yang lebih dari cukup maka kerja hormon PTH akan dihentikan sebab hormon ini tidak perlu melepaskan kalsium ke darah karena kalsium sudah tercukupi atau malah lebih dan erja hormon PTH ini  digantikan dengan calcitonin. Hormon calcitonin bekerja berlawanan dengan PTH, yakni menghambat terjadinya pelepasan kalsium dari tulang ke darah agar kalsium tidak terlalu berlebihan masuk ke darah,kelebihan kalsiumtidak juga bagus buat tubuh. Yang seimbang merupakan hhalyang terbaik. Setiap yang seimbang akan mendatangkan kesehatan. 2 hormon ini sebenarnya mempunyai tujuan yang sama yaitu menyeimbangkan kadar kalsium dalam darah.

Perjalanan Kalsium di Dalam Tubuh

kalsium yang berasal dari makanan kemudian ditransfer ke lambung. Kalsium yang ada di lambung akan diserap oleh usus. Setelah itu, apabila kalsium tersedia di dalam jumlah yang banyak, kalsium akan langsung diedarkan ke pembuluh darah melalui proses difusi. Namun, apabila jumlah kalsium yang tersedia hanya sedikit maka metabolisme kalsium akan dilakukan melalui proses transport aktif. Di dalam proses transport aktif, kalsium harus dibantu oleh vitamin D, vitamin D membantu mengikat zat kalsium. kalsium akan dibawa untuk disimpan di tulang. Namun akan terjadi proses alami yaitu pelepasan kalsium yang ada pada tulang. bila yang tersusun lebih sedikit dari yang terlepas, maka tulang akan dapat mengalami kerapuhan, mudah patah, dan tingkat yang lebih parah lagi yakni osteoporosis. Oleh karena itu ketahuilah kebutuhan kalsium perhari dan seimbangkan kalsium anda.



Leave a Reply