apotik online terpercaya

Kandungan Gizi Susu

| August 8, 2012 | 0 Comments

Sebagian besar masyarakat indonesia mengkonsumsi susu. Susu merupakan sebuah cairan yang terdapat pada hewan mamalia yang memiliki kelenjer susu seperti sapi, kuda dan domba. Susu yang kita konsumsi harus memiliki beberapa kriteria sebelum siap diminum agar memenuhi kandungan gizi susu yang lengkap. Kriterianya antara lain : susu yang masih berada dalam kelenjer susu haruslah steril atau tidak terkontaminasi oleh benda atau penyakit apapun, namun seteleh terkena udara di luar susu tidak bisa dijamin steril lagi maka dari itu kita harus meneliti beberapa faktor seperti rasa, bau, berat jenis, kekentalan, titik didih, titik beku dan tingkat keasaman. Susu yang berwarna putih atau kuning keemasan merupakan hasil daridispersi cahaya butiran lemak, protein dan mineral. Selain itu dikarenakan adanya laktosa dan garam mineral maka rasa susu akan terasa sedikit manis serta  asin.

Berikut kita akan membahas mengenai jenis susu dan kandungan gizi susu tersebut :

a)    Susu sapi

100 gram susu sapi memiliki kandungan panas sebesar 70,5 kilokalori,  protein sebanyak 3,4 gram, lemak 3,7 gram, kalsium 125 miligram dan tingkat penyerapan pada tubuh sebesar 98 – 100 %. Dalam susu sapi terdapat vitamin B2, vitamin A, protein serta asam amino yang dapat membantu pertumbuhan serta kesehatan manusia.

Manfaat yang kita dapat dari kandungan gizi susu sapi adalah :

1)    Anda dapat terhindar dari penyakit darah tinggi serta jantung dikarenakan zat potassium dalam susu sapi membuat  dinding pembuluh darah bergerak  stabil.

2)   Kerja otak besar akan lebih efisien dikarenakan zat yodium, leticin serta seng.

3)   tulang tidak akan mudah menyusut ataupun patah karena zat kalsium akan mempertahankan serta meningkatkan kekuatan tulang tersebut

4)   susu sapi juga dapat membuat kulit bersinar sebab di dalam susu sapi terkandung vitamin A, zat besi dan tembaga.

5)   Jika anda meminum susu sapi sebelum tidur, itu akan membantu tidur  anda  lebih nyenyak dikarenakan zat tyrosine yang terdapat dalam susu menambah hormon kegembiraan yang membuat seseorang tertidur lelap.

6)    Jika anda sering kelelahan, cobalah untuk meminum susu sapi karena pada susu sapi terdapat zat magnesium yang mempertahankan kerja jantung dan syaraf.

7)   vitamin B2 yang terdapat didalam susu sapi akan menajamkan penglihatan anda.

Jika anda adalah seseorang yang alergi terhadap susu sapi, anda dapat coba meminum susu domba/ kambing.

b)   Susu Kambing

Susu kambing memiliki kandungan gizi susu yang hampir sama dengan susu sapi,  susu kambing memiliki kandungan gizi seperti vitamin,mineral, elektrolit, unsur kimiawi,enzim, protein dan asam lemak dan waktu tubuh kita untuk mencerna susu kambing sekitar 20 menit.

Manfaat mengkonsumsi susu kambing adalah :

1)    Susu ini tidak mengandung protein komplek yang membuat seseorang alergi ketika meminumnya

2)   Sistim kekebalan tubuh kita tidak akan tertekan oleh zat susu kambing ini

3)   Alkali basa dalam susu ini tidak menghasilkan asam dalam sistim usus.

4)   PH aliran darah akan meningkat

5)   Dapat membunuh bakteri karena susu kambing merupakan antimikroba yang mengandung asam lemak seperti asam kaprilat dan kaprat

6)   Terdapat mineral dan antioksidan yang dapat menjaga kekebalan tubuh

Anda juga dapat mencoba alternatif susu lain yaitu susu kedelai.

c)    Susu Kacang Kedelai (soya milk/jus kedelai)

Susu kacang kedelai ini merupakan minuman yang terbuat dari kacang kedelai (kacang kuning) dan bukan berasal dari hewan, warnanya seperti susu yaitu putih kekuning – kuningan dan mempunyai proporsi hampir sama dengan protein serta komposisi asam amino pada susu sapi.

Dengan meminum 2 gelas susu kedelai dapat mencukupkan jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Susu kedelai tidak mengandung kolesterol sama sekali, sehingga penderita penyakit kolesterol tidak perlu takut untuk meminumnya sebagai alternatif minuman sehat.

Kandungan gizi susu yang terdapat dalam susu kedelai adalah, vitamin B2, B2 niasin,piridoksin,golongan vitamin B yang tinggi, vitamin  E dan vitamin K.

          Kita telah mengetahui kandungan gizi susu yang terdapat dalam berbagai macam jenis susu, kita bebas memilih pilihan susu yang kita sukai tentu saja susu yang kita konsumsi akan banyak menimbulkan dampak baik bagi hidup kita salah satunya berdampak pada kesehatan dan pada tubuh.

Category: Gizi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *