Jenis-jenis Virus Pada Makhluk Hidup



Virus adalah parasit yang berukuran mikroskopik yang akan menginfeksi sel organism biologis. Selain itu, virus juga bersifat parasit obligat, hal tersebut dikarenakan virus hanya dapat berkembang di dalam material hidup dengan cara menginvasi dan memanfaatkan sel hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri.

Pada umumnya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat yang diselubungi oleh pelindung yang terbentuk atas protein, lipid, dan glikoprotein atau kombinasi dari ketiganya. Virus berasal dari bahasa latin yang berarti racun atau substansi racun lainnya.

Jenis-jenis virus yang menginfeksi makhluk hidup dibagi dalam tiga bagian, yaitu virus yang menginfeksi manusia, hewan, dan tumbuhan. Untuk lebih jelas, simaklah yang berikut ini.

1.      Virus pada manusia
 
Pada umumnya, virus yang menjangkit manusia jumlahnya cukup banyak, berikut ini adalah beberapa jenis virus pada manusia :

a.      HIV (Human Immunodeficiency Virus)
 
Virus jenis ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Virus HIV ini sangatlah berbahaya dan sampai sekarang belum ditemukan alternatif pengobatan yang efektif.

HIV adalah jenis virus yang yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia dan merusak fungsi sistemnya. Virus HIV ini akan memicu munculnya penyakit AIDS yang akan berujung pada kematian.

Virus ini dapat menular melalui hubungan seks, transfuse darah, jarum suntik yang tidak steril, serta pada bayi saat dalam kandungan jika ibunya terjangkit HIV.

Sangat dianjurkan bagi anda untuk berhati-hati, terutama pada saat melakukan transfusi darah. Sebaiknya anda pastikan bahwa jarum suntik yang digunakan itu steril.

b.      Virus Flu Burung (Avian Influenza Virus)
 
Virus yang beberapa waktu yang lalu menjadi marak, sampai-sampai pemerintah ikut turun tangan dalam pemberantasannya, yaitu dengan membantai ribuan unggas secara masal.

Virus yang nama lainnya H5N1 ini adalah virus yang menginfeksi manusia yang sumbernya berasal dari unggas yang terinfeksi influenza.

Meskipun tampaknya tidak terlalu berbahaya, sebenarnya virus ini amatlah berbahaya. Virus ini akan menyerang tubuh anda yang ditandai dengan gejala demam yang turun dan naik dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya.

c.       Virus Demam Berdarah
 
Demam berdarah sebenarnya disebabkan oleh virus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Pada umumnya, orang yang terinfeksi oleh virus ini akan mengalami gejala seperti demam tinggi yang disertai ruam pada kulit yang berwarna merah terang.

Gejala lainnya adalah mual-mual, pusing, dan berkurangnya trombosit dalam darah dengan drastic. Jika tidak segera diobati, maka akan dapat menyebabkan kematian.
 
d.      Virus Varicella Zoster
 
Virus ini adalah virus yang menyebabkan cacar air. Orang yang terkena virus ini akan menunjukkan gejala-gejala, demam tinggi, timbul gelembung-gelembung bernanah pada kulit, kaki, tangan, dan seluruh tubuh.

Penyakit ini dapat menular dengan sangat cepat melalui kontak langsung, bersin, atau batuk.

2.      Virus pada hewan
 
Selain menyerang manusia, virus juga menyerang hewan, yang diantaranya :

a.      Virus rabies
 
Virus ini menyerang hewan-hewan seperti anjing, kucing, dan kelelawar. Hewan yang terkena virus rabies hanyalah sebagai pembawa saja. Virus ini akan lebih berbahaya lagi jika menyerang manusia melalui gigitan atau jilatan hewan yang terkena rabies.

b.      Virus Paramyxo
 
Virus ini merupakan penyebab terjadinya penyakit tetelo atau Newcastle disease pada ayam. Ayam yang terjangkit virus ini akan mengalami kesulitan bernafas, sehingga kualitas telur yang dihasilkan juga akan menurun.

3.      Virus pada tumbuhan
 
Selain menyerang manusia dan hewan, virus juga menyerang tumbuhan, diantaranya :

a.      Virus TMV (Tobacco Mosaic Virus)
 
Virus ini khusus menyerang tanaman tembakau dan tanaman sejenis terong. Tanaman tembakau yang terserang virus ini akan menunjukkan adanya bercak-bercak kuning pada daun dan bercak-bercak ini akan menyebar seperti mosaic.

b.      Virus Batang Padi (Tungro)
 
Virus yang menyerang batang padi ini nama lainnya adalah tungro. Virus ini menyerang dan merusak tanaman padi, akibatnya tanaman padi menjadi rusak dan kering. Virus ini disebabkan oleh wereng hijau.

Inilah jenis-jenis virus pada makhluk hidup. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dengan baik.


Leave a Reply